Jumat, September 17

Mailbird Email Client

 Oleh : Debi kurniawan( @S07-DEBI ) 

   Bagi sebagian orang, aplikasi mailbird mungkin kurang familiar ditelinga, atau bahkan tidak tahu apa itu mailbird. Tapi siapa yang akan menyangka bahwa aplikasi ini masuk jajaran teratas startup terpopuler saat ini. Mailbird berada di peringkat ke-7  top startup yang ada di Indonesia saat ini  dengan nilai skor 82.150.

    Melihat dari jumlah skor tersebut, bukan tidak mungkin bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat baik dan menjadi salah satu alternatif aplikasi yang direkomendasikan untuk penggunaaanya. Akan tetapi sebelum kita menggunakannya,  sebagai seorang pengguna tentu harus melihat dan memastikan, sampai sejauh mana aplikasi tersebut dapat bermanfaat terhadap aktifitas ataupun pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari.

Apa itu Mailbird..?

    Mailbird adalah sebuah aplikasi email desktop untuk Windows yang dirancang untuk memudahkan Anda mengelola semua akun dan kotak masuk dari satu interface. Dari opsi aplikasi, Anda juga dapat menyesuaikan penampilan aplikasi dengan beragam tema.

    Mailbird merupakan aplikasi email desktop yang dikembangkan secara khusus untuk program Windows. Hal ini dapat menjadi alternatif yang bagus dalam penggunaan aplikasi email selain Thunderbird ataupun aplikasi populer lainnya. Fitur-fitur pada aplikasi ini dirancang sedemikian rupa seperti; pintasan keyboard, integrasi dengan program lain, dukungan multibahasa, dan banyak lagi. Semua itu ditampilkan dari interface yang elegan dan mudah digunakan. sehingga bagi kamu yang belum familiar dengan aplikasi ini, dapat dengan mudah menggunakannya.

    Didirikan pertama kali Oleh Andrea Loubier dan dua orang rekannya, Michael Olsen dan Michael Bodekaer yang berasal dari Denmark, di Bali. Pada Januari 2012 versi pertama perangkat lunak email tersebut dibuat, pembuatan perangkat lunak ini terinspirasi dari email client ringan Sparrow untuk OS X yang sudah lebih dulu menjadi alternatif email client lain yang sudah ada sebelumnya.

    Mailbird merupakan email client yang dibuat dan dikembangkan di Indonesia. Namun dalam fungsionalitas fitur dan kemudahan penggunaannya, aplikasi ini berada di atas rata-rata. Mulai dari Proses memasukkan akun email ke MailBird yang sangat mudah, apalagi jika kamu menggunakan layanan email populer seperti Gmail, Yahoo, dan Outlook. 



    Beberapa hal yang perlu menjadi salah satu pertimbangan untuk menggunakan Mailbird oleh pengguna adalah, proses pencarian email yang cepat dan wysiwyg editornya yang rapi.Sehingga kamu tidak membutuhkan waktu dan memperbaiki tampilan interface email client yang kamu miliki.

    Selain itu, terdapat versi gratis dari Mailbird yang bisa anda gunakan yaitu; Mailbird Lite (gratis) dengan ketentuan  maksimal akun email yang bisa digunakan hingga 3 akun secara bersamaan dalam satu interface.

Fitur-fitur Dari Mailbird

Terdapat beberapa fitur yang menjadi unggulan aplikasi ini diantaranya:

  • Multiple Account Support, yang mendukung semua akun berbasi IMAP dan POP3 dari penyedia email berbeda, seperti  Gmail, Yahoo mail, Outlook, Hotmail, Exchange dll.

  • Email Snooze, yaitu opsi yang diberikan kepad pengguna untuk menghapus email dalam kotak masuk dalam jangka waktu tertentu, Email yang ditunda akan Kembali ke kotak masuk teratas setelah waktu yang ditentukan habis.

  • Speed Reader yaitu fitur pembaca cepat yang menampilkan teks emailuntuk setiap kata pada layer kosong dengan kecepata yang dapat diatur.

  • Native Calendar merupakan tampilan khas dari kalender yang dapat dilihat di semua akun email secara bersamaan.

  • Advance Search merupakan fitur yang memungkinkan pengguna dalam mencari email yang ada dengan menggunakan operator, filter, berat file atau memilki lampiran.

  • Move between account merupakan penyediaan dukungan fungsionalitas untuk menyalin email dari satu akun ke akun lainnya.

  • LinkedIn Look up sebagai sarana pencarian dan koneksi  terhadap langganan bisnis.

  • Email Tracker, yaitu lengguna dapat melacak email tertentu dan melihat penerima mana saja yang sudah membuka email tersebut.

  • Localization, yaitu penggunaan bahasa dan terjemahan dalam 21 bahasa.

  • Support Standard. Protokol email standar yang didukung  yaitu:

  • POP3. Yaitu dukungan penggunaan email secara offline.
  • IMAP Memungkinkan penggunaan akum webmail  didalam Mailbird

  • SMTP merupakan protocol untuk transmisi email


Aplikasi Terintegrasi

    Aplikasi ini bukan hanya menawarkan kepada pengguna hanya sebatas fitur email client saja, akan tetapi Mailbird juga memiliki browser bawaan yang dapat terintegrasi untuk membuka aplikasi web didalam antarmukanya. Sehingga pengguna tidak perlu harus bersusah payah untuk membuka aplikasi browser lain yang tentunya akan memakan lebih banyak penggunaan ruang pada desktop. Langkah-langkah nya pun sangat mudah, karena Mailbird sudah dirancang seperti google store dan pengguna hanya perlu memberikan centang (✓ ) pada kotak add-on yang disediakan oleh Mailbird.


    Beberapa aplikasi yang terintegrasi dengan aplikasi Mailbird diantaranya : Chrome mengaktifkan penjelajahan dalam aplikasi, Degoo  penyimpanan cloud dengan teknologi AI, Dropbox dengan penyimpanan berbasis cloud, Layanan Google  seperti Aplikasi Drive, Kalender, Hangouts, dan Keep, Messenger dengan sosial media WhatsApp, Facebook Messenger, WeChat, Twitter Dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi yang yang dapat ditambahkan untuk menunjang aktifitas pengguna sehari-hari.

       Kekurangan yang dapat saya simpulkan dalam penggunaan aplikasi ini adalah Mailbird masih hany berfokus pada penggunaan email client berbasis windows pada desktop dengan  demikian untuk pengguna IOS dan Android masih belum dapat menggunakannya.

Keimpulan

    Aplikasi Mailbird banyak menawarkan kemudahan dalam penggunaan email client, terinspirasi oleh email client ringan milik Sparrow untuk OS X yang sudah ada sebelumnya. Mailbird yang dikembangkan di Bali. Startup yang saat ini memilki 9 orang dalam tim yang berasal dari Denmark, India dan juga Indonesia. Dalam hal tujuan untuk melokalisasi Mailbird, pengembang mencoba fokus pada penggunaan fitur bahasa Indonesia, hal ini sangat penting dalam menarik minat pasar indonesia dalam penggunaan aplikasi email client tersebut.

    Banyak fitur-fitur unggul yang ditawarkan oleh Mailbird akan tetapi tentu kita juga tidak dapat melupakan kekurangannya, semua kembali lagi kepada minat pengguna dalam hal kebutuhan penggunaan aplikasi tersebut. So.. pilihlah yang terbaik dan dirasa perlu, penting dan aman untuk anda pergunakan dalam menunjang aktifitas anda sehari-hari.

Referensi

 https://en.wikipedia.org/wiki/Mailbird

https://teknojurnal.com/mailbird-aplikasi-email-client-di-windows-yang-minimalis-dan-menarik/

https://mailbird.id.uptodown.com/windows

https://www.startupranking.com/top/indonesia

https://id.techinasia.com/fitur-baru-contacts-manager-dari-mailbird

https://support.getmailbird.com/hc/en-us/articles/220107887-Mailbird-Apps-in-Mailbird-Business

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.