Senin, Oktober 25

INOVASI BUSINESS MODEL CANVAS PADA TOKO KUE MOCHO CAKE

 

OLEH : ANNISA SUCI K.

(@S08-ANNISA)


ABSTRAK

Pada era globalisasi dewasa ini,salah satu Industri yang berkambang sangat pesat adalah bisnis olahan makanan dan minuman atau kuliner. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya tempat pariwisata yang terkenal akan wisata kuliner. Usaha kuliner seperti restoran ini  merupakan salah satu aspek yang berperan dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi tingkat pengangguran serta menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Ditambah lagi sejak beberapa dekade terakhir semenjak pemerintah menetapkan kasus pandemic COVID 19 tinggi dan semua pekerjaan dilakukan dirumah.orang-orang mulai berlomba menciptakan jenis kreasi makanan baru untuk menambah kebutuhan ekonomi. Dengan adanya restoran baru, maka terbitlah olahan menu makanan baru, sesuai dengan kapasitasnya. Ada yang bersifat wajib, demi menunjang kebutuhannya,ada pula makanan yang dimakan untuk menemani di kala santai.

Inovasi segala macam jenis makanan seolah menjadi trend masa kini. Bahkan semenjak pandemi semua kalangan melakukan kegiatan masak dan menginovasi berbagai jenis makanan. Namun dengan demikian untuk menjalankan usaha toko kue yang sedang berkembang maka, toko kue mocho cake harus mampu menginovasikan setiap produk yang ada sehingga memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.

Kata kunci : Business Model Canvas, Inovasi dan Pengembangan produk,olahan makanan

PENDAHULUAN

Pada era globalisasi dewasa ini,salah satu Industri yang berkambang sangat pesat adalah bisnis olahan makanan dan minuman atau kuliner. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya tempat pariwisata yang terkenal akan wisata kuliner. Usaha kuliner seperti restoran ini  merupakan salah satu aspek yang berperan dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi tingkat pengangguran serta menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Ditambah lagi sejak beberapa dekade terakhir semenjak pemerintah menetapkan kasus pandemic COVID 19 tinggi dan semua pekerjaan dilakukan dirumah.orang-orang mulai berlomba menciptakan jenis kreasi makanan baru untuk menambah kebutuhan ekonomi. Dengan adanya restoran baru, maka terbitlah olahan menu makanan baru, sesuai dengan kapasitasnya. Ada yang bersifat wajib, demi menunjang kebutuhannya,ada pula makanan yang dimakan untuk menemani di kala santai.

Mocho cake merupakan salah satu usaha home industry yang menjual dan menginovasikan sebuah produk olahan makanan. Usaha rumahan yang terletak di kedoya kebon Jeruk,Jakarta barat ini menawarkan salah satu makanan atau cemilan yang digemari oleh banyak kalangan adalah  kuliner olahan pastry  and bakery. Yaitu cake Menurut  Syarbini (2014) cake merupakan  bagian  dari  produk bakery yang  memiliki  karakteristik berbeda dengan produk bakery lainnya. Secara definisi, cake termasuk dalam produk baked confectionery, artinya cake merupakan  produk  makanan  manis  yang  banyak mengandung  gula  yang  terbuat  dari  4  bahan  utama  yaitu  tepung  terigu,  gula,  telur, dan  margarin.  Pembuatannya  pun  melalui  proses pemanggangan,  tetapi  dalam perkembangannya  di  Indonesia, cake tidak  hanya  melalui  proses  pemanggangan, tetapi juga melalui proses pengukusan. Maka cake atau kue bolu dikenal luas dengan produk  bolu  kukus  dan  brownies  kukus maupun panggang  yang  saat  ini menjadi  salah  satu  produk terlaris di pasar kue Indonesia. Menurut  Syarbini  (2014)  brownies adalah  makanan  manis  yang  terbuat  dari campuran  tepung  terigu, butter,  gula,  telur  dan  cokelat  dengan  bentuk  padat  dan datar.  Tekstur  brownies  merupakan  perpaduan  antara tekstur cake dan cookies, sehingga terkesan agak padat namun tetap empuk dan moist.

Salah satu yang tercipta adalah fuddgy brownies cemilan coklat yang sedang memenuhi kebutuhan trend makanan saat ini merupakan salah satu bentuk evolusi dari brownies kukus, perbedaanya hanya pada segi pengovenan dan segi tata hias dimana kue dengan bahan dasar coklat dan tepung ini memiliki tekstur lebih cruncy.

            Mocho cake akan mencoba elayani segmen pasar dan menawarkan inovasi produk kue terbaru yang akan diminati dan menjadi peluang dipasaran. Pelanggan dari mocho cake sendiri banyak yang memilih untuk memesan berulang kali. Dengan demikian pengembangan usaha perlu dilakukan. Sebelumnya pada usaha home industry dengan inovasi olahan makanan ini belum mengetahu pendekatan businesss model canvas, untuk itu perlu dipelajari dan dituangkan kedalam usahnya secara sederhana.

PEMBAHASAN

A.      Pengertian Business Model canvas

Business Model Canvas adalah suatu strategi manajemen yang digunakan untuk merancang perencanaan bisnis perusahaan berdasarkan proposisi nilai perusahaan, produk, infrastruktur, pelanggan, dan keuangan. Pertama kali diciptakan oleh Alexander Osterwalder pada tahun 2005.

Business Model ini menjadi salah satu strategi manajemen yang populer di kalangan bisnis dan sering dipelajari di Universitas.  Kepopuleran tersebut dikarenakan tampilan Business Model Canvas (BMC) yang sederhana dan mudah dipahami. Business Model Canvas terdiri 9 blok yang dapat diisi sesuai masing-masing poin penting dalam suatu perencanaan bisnis perusahaan. 9 blok tersebut antara lain 

1. Value Proposition

Value proposition merupakan nilai yang diposisikan perusahaan untuk calon customer. Nilai tersebut mencakup produk atau jasa serta bagaimana perusahaan ingin dilihat oleh calon customer. 

2. Customer Segments

Dalam suatu bisnis, customer menjadi salah satu komponen penting. Dari customer suatu perusahaan akan mendapatkan income. Perusahaan dapat mengisi blok ini dengan segmentasi customer seperti apa yang mereka incar sesuai dengan value proposition. 

3. Channels

Setiap perusahaan memerlukan sarana atau cara untuk menyampaikan jasa atau produk mereka kepada customer. Channels merupakan sarana atau cara untuk menyampaikan jasa atau produk kepada customer sesuai segmen yang ditentukan sebelumnya. 

4. Customer Relationship

Di dalam lingkup ini yang dinilai adalah bagaimana menjalin hubungan dengan pelanggan. Agar customer tidak mudah berpaling ke bisnis lain, maka sangat penting untuk menjalin hubungan yang baik dengan customer. Selain itu, diperlukan juga pengawasan yang ketat dan intensif dalam customer relationship.

5. Key activities

Ada banyak aktivitas yang harus dilakukan perusahaan dalam menghasilkan produk atau jasa serta bertahan di tengah kompetisi. Perusahaan dapat mengisi berbagai macam kegiatan yang akan mereka lakukan untuk menghasilkan produk dan jasa dalam blok key activities. Key activities juga menunjukkan kegiatan utama yang harus diberi perhatian lebih oleh perusahaan. 

 

6. Key Resources

Sumber daya merupakan kunci mewujudkan value proposition melalui key activities yang akan dijalankan. Dalam key resources, perusahaan dapat mengisi dengan sumber daya apa saja yang mereka miliki, baik tenaga kerja maupun benda mati seperti perlengkapan dan peralatan. 

 

7. Key Partnership

Tidak mungkin perusahaan akan mampu berdiri sendiri tanpa bantuan relasi dari pihak lain, baik customer maupun pemasok bahan utama. Untuk memperlancar relasi yang terjaga dengan baik, perencanaan bagaimana relasi akan berjalan ketika eksekusi bisnis.  Key resources dapat diisi dengan pihak-pihak mana saja yang harus diajak bekerja sama untuk mencapai tujuan. 

8. Revenue Stream

Selain kegiatan penting yang telah dijabarkan dalam key activities, perusahaan harus menentukan bagaimana mereka akan mendapatkan profit atau keuntungan dari key activities yang akan berjalan berdasarkan value proposition. Revenue stream menjelaskan bagaimana perusahaan mendapatkan keuntungan ketika bisnis telah dieksekusi.

9. Cost Structure

Tidak hanya mendapatkan keuntungan, perusahaan harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk menjalankan bisnis dan mendapatkan keuntungan. Cost structure meliputi jenis biaya yang sekiranya akan dikeluarkan ketika bisnis telah berjalan. Contoh biaya tersebut antara lain; biaya sewa tempat, internet, listrik, dan sebagainya. Dengan pengelolaan pengeluaran yang akurat, bisnis akan lebih efisien dan terhindar dari risiko kerugian.

Tujuan Pembuatan Business Model Canvas

Pembuatan Business Model ini bertujuan untuk membantu perusahaan merancang perencanaan proses bisnis dan menetapkan serta memvalidasi poin penting dalam bisnis seperti; sumber daya, aktivitas, hubungan yang akan dijalin dengan pihak terkait, pendapatan, hingga pengeluaran yang harus dikeluarkan. 

Manfaat Business Model Canvas

Terdapat beberapa manfaat Business Model Canvas (BMC) bagi perusahan. Manfaat tersebut antara lain ; 

1.Mempersingkat penulisan perencanaan bisnis

2. Dengan metode konvensional,  pelaku usaha akan diharuskan menulis panjang lebar mengenai perencanaan bisnis yang akan dibuat.

Sementara dengan business model ini, perusahaan hanya perlu mengisi poin-poin perencanaan bisnis sesuai blok yang ditetapkan tanpa perlu menulis panjang lebar.  Penentuan poin penting pun semakin terarah dengan blok yang telah disediakan. 

 3. Meningkatkan fokus perusahaan terhadap poin penting perencanaan bisnis

BMC memfokuskan bisnis pada elemen strategis yang paling penting dan akan memiliki dampak terbesar pada mendorong pertumbuhan. Sifat visualnya membantu pemahaman dengan dapat melihat gambaran keseluruhan bisnis dan dengan demikian melihat area kekuatan dan kelemahan tergantung pada input. Itu membangun model bisnis sedemikian rupa sehingga keseluruhan terdiri dari dan lebih besar dari jumlah bagian.

4.Mengurangi resiko kekeliruan dalam eksekusi bisnis 

Secara tidak langsung, business model ini dapat dijadikan dokumen blueprint perencanaan bisnis untuk perusahaan.

Ketika pelaku bisnis melakukan eksekusi bisnis, mereka dapat menjadikan Business Model Canvas akan menjadi panduan perusahaan untuk menjalani eksekusi bisnis berdasarkan poin yang telah dirancang sebelumnya. Dengan demikian, perusahaan pun dapat mengurangi resiko kekeliruan dalam eksekusi bisnis. 

B.      Business Model Canvas pada Mocho Cake

 


KESIMPULAN

            Dengan mempelajari business model canvas diharapkan mocho cake mampu terus berinovasi dan memperbaiki pola-pola yang ada dengan mengikuti target pasar, dan tetap mempertahakan keunikan dan keunggulan dari produk tersebut

SUMBER REFERENSI

https://www.linovhr.com/business-model-canvas/

MODUL 8 KWU 2

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.