Senin, Oktober 11

KEPEMIMPINAN DALAM LINGKUNGAN MASYARAKAT

 KEPEMIMPINAN DALAM LINGKUNGAN MASYARAKAT

 

Oleh : Mia Lestari (@S01-Mia)

 

Pendahuluan

Manusia adalah mahluk social yang tidak dapat hidup sendiri. Dalam hidup, manusia selalu berinteraksi dengan sesama serta lingkungan. Manusia hidup berkelompok baik dalam kelompok besar maupun berkelompok kecil.

Tidak hanya lingkungan yang perlu dikelola dengan baik, kehidupan social manusiapun perlu dikelola dengan baik. Untuk itulah dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya yang berjiwa pemimpin, paling tidak untuk memimpin untuk dirinya sendiri. Dengan berjiwa pemimpin manusia akan dapat mengelola diri, kelompok dan lingkungan dengan baik. Khususnya dalam penanggulangan maslah yang relative pelik dan sulit. Disinilah dituntut kerifan seseorang pemimpin dalam mengambil keputusan agar masalah dapat terselesaikan dengan baik.

Pemimpin dapat mempengaruhi moral, kepuasan kerja, keamanan, kualitas kehidupan kerja dan terutama tingkat prestasi suatu organisasi. Kemampuan dan ketrampilan kepemimpinan dan motovasi  dalam pengarahan adalah factor penting efektivitas manajer. Bila organisasi dapat mengidentifikasikan kualitaskualitas yang berhubungan dengan kepemimpinan, kemampuan untuk menyeleksi pemimpin-pemimpin yang efektif akan meningkat, bila organisasi dapat mengidentifikasikan perilaku dan teknik-teknik kepemimpinan efektif organisasi, berbagai perilaku dan teknik tersebut akan dapat dipelajari.

Pembahasan

Kepemimpinan adalah kemampuan sesorang mempengaruhi atau memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya.

 

 

 

Kebanyakan orang masih cenderung mengatakan bahwa pemimipin yang efektif mempunyai sifat atau ciri-ciri tertentu yang sangat penting misalnya, kharisma, pandangan ke depan, daya persuasi, dan intensitas. Dan memang, apabila kita berpikir tentang pemimpin yang heroik seperti Napoleon, Washington, Lincoln, Churcill, Sukarno, Jenderal Sudirman, dan sebagainya kita harus mengakui bahwa sifat-sifat seperti itu melekat pada diri mereka dan telah mereka manfaatkan untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan.

            Dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat, kepemimpinan sangat berperan penting dan hal ini muncul karena kepempinan ini muncul sebagai suatu sifat tertentu dari seseorang yang membedakan mereka dari kebanyakan orang dan dipandang sebagai kemampuan khusus yang tidak dimiliki orang biasa dan berdasarkan hal ini seseorang dianggap sebagai seorang pemimpin.

            Pada kehidupan bermasyarakat biasanya hal yang sering dilakukan sebagai seseorang yang berjiwa kepemimpinan ialah mampu memberikan pendapat yang berdampak baik atayu manjadi solusi pada bermasalahan di lingkungan masyarakat tersebut dan masyarakat merasa terbantu dengan solusi tersebut, maka dari itu keputusan seorang pemimpin sangat berpengaruh penting bagi kelangsungan hidup bermasyarakat.

Kesimpulan

            Kepemimpinan membicarakan mengenai bagaimana seseorang menjadi pemimpin, atau bagaimana timbulnya seorang pemimpin, dan teori tentang kepemimpinan itu diantaranya adalah teori  kelebihan, teori sifat, teori keturunan, teori kharismatis, teori bakat dan teori sosial Tipe kepemimpinan adalah gaya atau corak kepemimpinan yang dibawakan oleh seorang pemimpin dalam mempengaruhi para pengikutnya. Gaya seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinan dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain faktor pendidikan, pengalaman, usia, karakter tabiat atau sifat yang ada pada diri pemimpin tersebut.

Referensi

http://semuamakalahpembelajaran.blogspot.com/2017/06/makalah-kepemimpinan-dan-motivasi.html

http://tugaskuliahku09.blogspot.com/2014/02/makalah-kepemimpinan.html

http://kepemimpinan-fisipuh.blogspot.com/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.