Sabtu, Oktober 2

“Membangun Kreativitas & Inovasi Bisnis Di Masa Pandemi Covid-19 ”

 

Oleh :

Debi kurniawan ( @S07-DEBI )

Abstrak: Dalam artikel ini, penulis akan mencoba mengembangkan sebuah pemikiran dimana kita dituntut untuk dapat mengetahui dan mengimplementasikan pemikiran individu terkait kreativitas dan inovasi dalam menjalani usaha yang dapat dilakukan. Pemanfaatan perangkat teknologi yang ada saat ini dapat mendorong setiap orang dalam menciptakan kreatifitas  dan inovas bagi setiap individu. Oleh karena itu pentingnya kreatifitas dan inovasi menjadi factor penting dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Kata Kunci : Membangun Kreatifitas dan Inovasi, Pemanfaatan Teknologi, Pandemi.

PENDAHULUAN.

Pandemi Covid-19 menjadi sebuah situasi dimana para pelaku usaha dituntut untuk lebih bisa menunjukkan kreativitas yang mereka miliki dalam membangun sebuah inovasi dalam bidang usaha yang mereka jalani untuk lebih dapat mengembangkan bisnisnya, atau hanya sekedar bertahan dari lesu nya perekonomian yang terjadi.

Kreatifitas menjadi hal yang sangat penting dimasa pandemic Covid-19 seperti sekarang ini, dimana pelaku usaha dapat lebih banyak memanfaatkan teknologi-teknologi yang ada dalam pengembangan bisnis mereka.

Pemanfaatan teknologi tentu dapat menjadi salah satu alternatif pengembangan inovasi dalam bisnis, dimana saat pendemi Covid-19 seperti sekarang ini, pemanfaatan tersebut dapat juga menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Dalam membangun dan mengembangkan kreatifitas dan inovasi bisnis, dibutuhkan peran aktif dari berbagai pihak dalam mendukung pembangunan dan pengembangan tersebut. Hal ini juga tentu dapat didorong dengan semangat berwirausaha, didukung dengan pemahaman dan kemampuan dalam menciptakan ide-ide bisnis yang menjadi tujuan inovasi dalam bisnis setiap individu pelaku usaha. Hal ini menjadi sangat penting dalam penerapannya, dimana sinergi antar lini sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam memaksimalkan kemampuan bisnis yang dijalankan.

PEMBAHASAN

1.      Pengertian Kreativitas

Kreatifitas adalah sebuah bentuk pengalaman dalam mengekspresikan dan aktualisasi terhadapa identitas individu dalam bentuk terpadu antara hubungan diri sendiri, alam, dan orang lain. Dalam definisi umum, kreatifitas seperti yang diungkapkan oleh Rhodes sebagai istilah pribadi  yang saling berkaitan, dengan menyebut “ four P’s of creativity : Person, Process, Press, and Product” yang juga diartikan sebagai pribadi kreatif yang melibatkan diri dalam prosesdengan dukungan atau dorongan (Press) dan lingkungan, sehingga akan menghasilkan produk yang kreatif.

Adapun menurut Semiwan (1997) kreatifitas merupakan kemampuan  untuk memberikan gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.

Ø  Hal-hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kreatifitas diantaranya :

a.       Memiliki semangat dalam menambah pengetahuan atau ilmu yang baru

Penting bagi seorang pelaku usaha untuk menambah dan mempelajari hal-hal baru, sebagai bentuk penambahan wawasan dan pengetahuan dalam bisnis yang dijalani. Hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan membaca, bertukar pengalaman dengan orang lain, atau mengikuti pelatihan dan sejenisnya.

Dengan meningkatkan kemampuan terhadap bidang  usaha yang sedang dijalankan dalam kondisi sekarang,  pelatihan secara online atau virtual, menjadi salah  satu pilihan yang tepat bagi para pelaku usaha sehingga kreatifitas dalam membangun dapat tercipta dan berjalan dengan baik.

b.      Jangan takut  untuk bereksperimen.

Inovasi dan ide-ide baru yang cemerlang tidak akan dapat menghasilkan jika kita takut akan sebuah kegagalan, penting bagi pelaku usaha untuk mencoba eksperimen-eksperiman kecil sebagai bentuk usaha membangun kreatifitas yang mampu membuka peluang kita belajar dari kesalahan yang terjadi dan memacu semangat untuk terus berekplorasi Kembali.

c.       Jalin relasi dengan orang-orang kreatif.

Bargaul dan menjalin relasi dengan orang-orang kreatif , memiliki latar belakang yang sama, tentu dapat menjadi sarana yang tepat dalam meningkatkan kreatifitas, yang tentu tetap dengan memeperhatikan kondisi yang terjadi seperti saat ini, dengan memanfaatkan jejaring sosial yang anda miliki tentu anda masih dapat menjalin komunikasi dalam menggali dan menuangkan ide-ide, bertukar pikiran, atau mendapatkan kritik dan saran, sehingga gagasan baru dapat tercipta.

d.      Peka terhadap Lingkunga sekitar.

Dengan terbiasa peka dan memperhatikan secara detail lingkungan sekitar, anda dapat menjadikan hal-hal yang anda lihat, dengan dan rasakan sebagai proses mengembangkan kreatifitas pada diri anda.

e.       Siapkan Catatan kecil.

Mempersiapkan catatan kecil sebagai media untuk menampung ide-ide atau gagasan yang secara spontan anda dapatkan, sehingga ketika anda lupa terkait ide tersebut anda dapat kembali melihat dan mulai mengembangkan gagasan tersebut.

2.      Pengertian Inovasi

Menurut UU No. 19 Tahun 2002, Inovasi adalah penelitian, pengembangan, dan atau perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, ataupun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada kedalam produk atau proses produksinya.

Menurut Stephen Robbins, Inovasi adalah sebuah gagasan baru yang diterapkan untuk  memprakarsai atau memperbarui suatu pproduk atau proses dan jasa.

Menurut Sa’ud (2004), Inovasi adalah pilihan kreati, pengaturan dan seperangkat manusia dan sumber-sumber material baru atau menggunakan cara unik yang akan menghasilkan peningkatan pencapaian tujuan yang diharapkan.

Ø  Ciri-ciri inovasi  diantaranya :

a.     Merupakan ide Baru, yang artinya gagasan yang diuraikan memang benar-benar baru dan belum pernah digunakan oleh siapapun, atau pernah digunakan orang lain tapi akan diadopsikan terhadap produk yang akan kita buat karena dianggap sebagai solusi yang cocok terhadapa produk yang kita buat.

b.   Memiliki ciri Khas, yang berarti produk yang kita buat nantinya akan memiliki ciri khas tersendiri sehingga nilai khas itu dapat menjadi pembeda produk yang kita buat.

c.       Dilakukan secara Terencana, artinya inovasi dilakukan melalui proses yang sudah dipersiapkan dengan matang, jelas dan tidak tergesa-gesa.

d. Memiliki tujuan yang jelas, yaitu pasti mengacu pada ilmu pengetahuan yang jelas dalam menitikberatkan pada objek dan subjek dalam pengembangan produk tersebut.

Ø  Manfaat yang diperoleh  dalam melakukan Inovasi diantaranya :

1.      Memecahkan masalah, yaitu ide baru tersebut menjadi sebuah solusi dalam penyelesaian masalah yang terjadi.

2.      Menciptakan Kualitas yang unik,  artinya setiap produk yang dibuat memiliki kualitas keunikan tersendiri, sehingga perbedaan dapat terlihat secara jelas.

3.      Meningkatkan produktivitas, dengan melakukan inovasi terhadap proses produksi yang berjalan, diharapkan dampak yang terjadi, akan menjadi lebih baik sehingga peningkatan produktivitas dapat berjalan dengan baik pula.

4.      Tangguh, Penyesuaian diri dengan masalah baru tentu akan membuat seorang innovator dapat menjadi lebih Tangguh dalam menghadapi berbagai masalah yang timbul.

3.      Pentingnya Membangun Kreativitas Dan Inovasi  Bagi Aktivitas Bisnis.

Kreativitas dan inovasi merupakan  dua hal yang perlu dimiliki dan dikembangkan bagi para pelaku usaha untuk mencapai kemajuan dan kesuksesan aktivitas bisnis yang mereka miliki. Hal ini memiliki keterkaitan antara satu dan lainnya, dimana inovasi merupakan bentuk dari kreatifitas itu sendiri. Kreativitas merupakan kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan menemukan cara baru dalam melihat masalah serta peluang. Sedangkan inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan hasil pemikiran atau solusi  dari pemikiran kreatif untuk meningkatkan atau perbaikan terhadap sesuatu.

Pola pikir seseorang yang  memiliki kepribadian kreatif adalah terbuka dan luas (out of the box), tidaklah muncul secara instan, akan tetapi muncul melalui suatu proses yang berkesinambungan.

Graham Wallas, dalam bukaunya  “ The Art of Thought’, menyatakan bahwa proses kreatif meliputi 4 tahapan, diantaranya:

a.  Tahap Persiapan.

Mengumpulkan data / informasi, mempelajari pola berpikir dari orang lain dan bertanya pada orang lain, dapat menjadi persiapan pelaku usaha dalam memcahkan masalah.

b. Tahap Inkubasi.

Yaitu Individu melepaskan diri untuk sementara dari masalah tersebut, ia tidak memikirkan msalah tersebut secara sadar, tapi “mengeramkannya” pada alam pra sadar .

c.  Tahap Iluminasi.

Merupakan tahap timbulnya “Insight” atau “ aha erlebnis” yaitu saat munculnya inspirasi atau gagasan baru.

d. Tahap verifikasi.

Merupakan tahap pengujian trhadap ide atau kreasi baru yang sedang dikembangkan terhadap realitas sesungguhnya. Hal ini memerlukan pemikiran kritis dan konvergen. Proses divergensi (pemikiran kreatif) harus selalu diikuti oleh proses konvergensi (pemikiran kritis).

Kreativitas dan inovasi memiliki peranan penting dalam aktivitas bisnis . Persaingan yang ketat didalamnya, mendorong pelaku usaha untuk memiliki jiwa kreativitas yang tinggi dengan dilandasi dengan cara berfikir yang maju, gagasan atau ide baru dan berbeda dari produk-produk yang sudah ada sebelumnya. Apalagi disaat pandemi Covid-19  seperti sekarang ini, diperlukan tindakan ekstra dalam mengimplementasikan nilai kreativitas dan inovasi dari bisnis yang sedang dijalani, Sehingga apa yang menjadi tujuan bisnis tersebut dapat tercapai secara maksimal.

KESIMPULAN

Kreatifitas sangatlah dibutuhkan dalam berwiarusaha, dimana seorang pelaku usaha tanpa didukung dengan kemampuan tersebut, tentu akan menghasilkan kriteria produk yang belum dapat memuaskan konsumen. Hal yang paling penting dalam aktivitas bisnis adalah bagaimana membagun kreativitas dalam bisnis mereka sehingga memunculkan inovasi-inovasi  secara  terbuka dan luas (“out of the box”).

Pandemi Covid-19 dapat dilihat sebagai momentum hadirnya kreativitas dan inovasi dalam setiap aktivitas bisnis saat ini. Akan tetapi juga harus didasari pada kuatnya dorongan dan semangat masing-masing indivdu wirausaha dalam melakukan berbagai terobosan inovasi sebagai bentuk kreativitas pada aktivitas bisnis di saat pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini.

Inovasi dalam aktivitas bisnis diharapkan mampu menjawab tantangan perubahan yang terjadi saat ini, dimana banyak terjadi perubahan daik didalam perilaku konsumen, atau perilaku industry atau bisnis itu sendiri. Sehingga industry dapat tetap bersaing dan meciptakan lapangan kerja yang lebih banyak lagi.

REFERENSI

Modul 5, Kewirausahaan 2, Teori dan Konsep kebaruan yang relevan,Literasi dan Update, Kreatifitas dan Inovasi, Menggali Potensi tersembunyi dan Proteksi gagasan,  Oleh Amalia Dessy N,.

https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pengembangan-diri/5-cara-meningkatkan-kreativitas-wirausaha-di-masa-pandemi

https://www.merdeka.com/trending/pengertian-inovasi-menurut-para-ahli-ketahui-ciri-ciri-beserta-manfaatnya-kln.html?page=1

https://www.akun.biz/tips-bisnis/pentingnya-kreativitas-dan-inovasi-dalam-berbisnis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.