Senin, Oktober 4

Menerapkan Sikap Kreatifitas Dan Inovasi Dalam Dunia Bisnis

 Oleh: Muhammad Angga Rizki Ade Pratama (@S24-PRATAMA)


Di dalam dunia bisnis ataupun didalam pekerjaan tentunya kita dituntut harus bisa membuat sebuah produk yang beda dengan produk yang sudah ada dan banyak di jual di pasaran. Kita harus membuat sebuah produk baru jika kita ingin dikenal oleh konsumen kita, apalagi jika kita pembisnis baru. tentunya kita ingin konsumen tertarik dengan produk yang telah kita buat, dan tentunya juga kita tidak hanya membuat sebuah produk yang hanya ikut-ikutan saja dan sama dengan yang ada di pasaran. Kita juga pastinya ingin produk kita bisa mempunyai pembeda atau mempunyai ciri khasnya sendiri dan membuat produk tersebut berbeda dengan produk perusahaan lain, dan tentunya pembeda ini atau ciri khas ini harus yang bersifat positif seperti contohnya produk handphone samsung dengan produk handphone apple walaupun mereka mempunyai produk yang sama berbentu handphone tetapi produk apple lebih memiliki kualitas yang bagus dari segi kamera (sebuah contoh).

Tentunya jika kita membahas tentang sebuah pembeda di dalam dunia bisnis, pasti tidak jauh dari kata-kata Inovasi. Sebuah inovasi ini adalah salah satu element penting di dalam dunia bisnis, dalama dunia bisnis jika kita ingin perusahaan atau bisnis kita terus berkembang tentunya kita harus melakukan inovasi terus menerus dan membuat pembeda dalam produk yang ingin kita buat supaya produk kita tidak sama dengan produk lain serta pembeda ini juga tujuannya bisa supaya produk yang nantinya kita buat bisa unggul dibandingkan produk lainnya. Inovasi ini juga tujuannya banyak dalam dunia bisnis, dalam inovasi ini kita bisa memikirkan langkah apa yang harus kita ambil untuk membuat produk baru dan inovasi baru yang belum ada sebelumnya, tidak hanya itu inovasi ini juga membuat kita mencari tahu tentang pasar sudah sampai mana melakukan inovasi dan sudah sampai mana pesaing kita melakukan inovasi, dengan adanya pemikiran itu maka kita didorong supaya kita bisa lebih baik lagi serta bisa lebih unggul dibandingkan pesaing kita.

Memiliki sikap ingin tahu lebih merupakan salah satu alasan terjadinya inovasi. Dengan adanya sikap keingin tahuan ini kita menjadi merasa ingin selalu belajar dan nantinya dengan ini maka sebuah inovasi akan terjadi atau ada. Inovasi ini juga di zaman sekarang merupakan sebuah kegiatan yang sangat sekali ada secara terus menerus, seperti yang bisa kita lihat inovasi didalam industri handphone setiap tahun tipe dan model handphone selalu berubah, dan tidak hanya tipe dan modelnya saja yang berubah inovasinya juga selalu berkembang untuk bisa memadai atau mengakomodasi para penggunanya. Inovasi ini juga tujuannya untuk mempermudah kita umat manusia untuk melakukan segala sesuatu dengan lebih mudah dan lebih efisien dari pada sebelumnya.

Jika kita membahas inovasi tentunya tidak jauh dengan kreatif, kreatif ini juga salah satu kegiatan yang tujuannya bisa membuat kita menghasilkan produk yang memiliki value, kualita, atau keunikan sendiri dibandingkan dengan produk lain. Kreatif ini juga sebuah element penting yang harus ada didalam dunia bisnis khusus nya jika bisnis yang kita jalani memerlukan inovasi baru setiap tahunnya maka kretif ini juga menjadi salah satu pelengkap kita dalam melakukan inovasi. Tentunya kreatif ini diperlukan jika bisnis kita contonya seperti hanphone produk apple yang setiap tahunnya melakukan inovasi, maka kreatif ini akan berguna untuk membuat produk handphone ini berbeda dan mempunyai keunikan tersendiri yang berbeda dengan produk yang sudah ada. Kreatif ini juga kurang diperlukan jika bisnis yang kita jalankan seperti contohnya produk indomie, karena produk indomie walaupun mereka tidak melakukan inovasipun konsumen tetap menyukai dan terus membeli produk indomie tersebut.


Sikap kreatif ini sangat diperlukan untuk kita bisa membuat produk yang memiliki keunikan dan perbedaan dengan produk pada umumnya, sikap kreatif ini juga membuat produk kita memiliki ciri khasnya sendiri. Sikap kreatif ini juga mendorong kita supaya memiliki ide yang sangat berbeda dengan yang dipikirkan orang lain, semakin ide tersebut mempunyai keunikan dan sangat berbeda maka semakin baik, karena dalam pikiran kreatif ini kita diharapkan mempunyai pemikiran yang liar supaya produk yang nantinya akan kita buat menjadi produk yang sangat memiliki perbedaaan yang signifikan, dan tentunya pembeda ini harus bersifat positif supaya calon konsumen memiliki rasa ingin tahu dengan produk yang telah kita buat yang berbeda dengan produk lainnya. contoh pembeda dan kreatifitas dalam dunia bisnis adalah seperti produk-produk yang dikeluarkan oleh apple yang sangat berbeda dari android dan windows, produk yang di buat apple dari segi sistem yang dipakai saja sudah beda, mereka membuat sistemnya sendiri, memang tadinya produk apple dianggap aneh ketika melakuakn inovasi pertamanya, tetapi sekarang produk apple ini menjadi trendsetter di dunia teknologi sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.