Senin, November 15

Idea !

 

Nama                  : Alfian Adhar

Kode Pebisnis    : 41919110001

 

Idea

                   Sesuai dengan namanya, produk development merupakan proses untuk mengembangkan produk dalam bisnis dengan tujuan mempertahankan produk dalam pasar. Seperti diketahui bahwa seiring perkembangan zaman, teknologi juga terus berkembang, begitu juga dengan minat pasar terhadap produk yang dibutuhkan-nya. Oleh karena itu, produk harus mengalami perkembangan untuk mengikuti selera pasar dan untuk mempertahankan eksistensi di pasar bisnis.

                   Dalam proses pengembangan produk, sebuah bisnis harus memiliki ide dan kreativitas dalam mengembangkan sebuah produk untuk bisa terus disukai pelanggan. Proses Pengembangan produk ada beberapa tahap, yaitu;

1.       Ide

Ini merupakan tahap dasar dalam pengembangan produk, yaitu dengan mengumpulkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk diterapkan dalam produk. Tahapan pengumpulan ide ini bisa dilakukan dengan beberapa metode, dan ideal-nya dilakukan dalam bentuk tim untuk memperbanyak masukkan ide dan kreativitas.

2.       Evaluasi

Ide-ide yang telah dikumpulkan selanjutnya harus melalui tahap evaluasi untuk mendapatkan ide yang paling ideal. Tahapan ini juga baiknya dilakukan dalam bentuk tim untuk kemudian mendapatkan masukkan dan pendapat terhadap masing-masing ide.

3.       Copyright

Ide-ide kreatif yang sudah matang harus dijaga baik-baik agar tidak sampai di pihak competitor dan ide tidak di plagiat, untuk itu pemilik bisnis perlu menerapkan confidential system dalam semua projek pengembangan produknya.

4.       R&D

Pada tahap ini, perlu dilakukan pengujian fungsi dan perubahan yang dilakukan pada produk yang mengalami pengembangan, membuat produk prototype dan melakukan trial.

5.       Marketing

Jika sudah melalui semua tahapan dan sudah mendapatkan judgment OK, maka tahap terakhir yaitu melakukan promosi dan sosialisasi tentang inovasi yang dilakukan pada produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.