Senin, November 1

MANFAAT PEMASARAN DIGITAL BAGI UMKM

 Direview Oleh :

Rohmah Fitriani @S14-ROHMAH


BAB I

PENDAHULUAN

    1.1  Latar Belakang

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini sangat berkembang pesat walaupun diera pandemi yang serba susah. UMKM tetap betahan dengan segala inovasi dan kreativitas yang dimiliki agar tetap memiliki konsumen dan produk yang dijual tetap memiliki peminat. Sebagai penyumbang PDP terbesar, UMKM memiliki peranan sangat penting bagi negara.

Salah satu strategi yang dimiliki oleh UMKM di era pandemi agar dapat menjangkau khalayak ramai diberbagai penjuru kota adalah salah satunya dengan melakukan pemasaran secara digital. Pemasaran digital ini biasanya melewati website atau sejumlah platform belanja seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll. Dengan adanya pemasaran digital diharapkan pembeli dapat membeli dengan mudah tanpa perlu pergi berbelanja secara langsung.

1.2  Rumusan Masalah

a.         Apa yang dimaksud dengan pemasaran digital?

b.        Mengapa harus menggunakan pemasaran digital?

c.         Apa saja pilar pemasaran digital?

1.3  Tujuan

a.         Mengetahui apa yang dimaksud dengan pemasaran digital.

b.        Mengetahui mengapa harus menggunakan pemasaran digital untuk UMKM.

c.         Mengetahui apa saja pilar dalam pemasaran digital

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1  Pemasaran Digital

Pemasaran digital adalah pemasaran produk atau layanan dengan menggunakan teknologi digital melalui internet, media sosial, telepon seluler, atau media digital lainnya. Ini juga merupakan istilah umum yang mencakup berbagai strategi pemasaran seperti Pemasaran Media Sosial, Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO), dan Pemasaran Email. Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti media cetak, papan reklame, dan TV, pemasaran digital pada dasarnya didorong oleh data.

Banyak platform periklanan digital populer saat ini menyediakan akses ke laporan kampanye untuk analisis data yang komprehensif. Dengan kekuatan gabungan dari internet dan teknologi, Pemasar Digital saat ini dapat mengumpulkan dan menganalisis data dari perilaku pelanggan yang berbeda atau keterlibatan pengguna, memungkinkan mereka untuk memfasilitasi konten dan iklan yang lebih dipersonalisasi ke arah audiens yang ditentukan dengan jelas untuk keterlibatan dan hasil yang lebih baik.

2.2  Manfaat Menggunakan Pemasaran Digital

Pemasaran digital menawarkan banyak sekali keunggulan yang berfungsi memudahkan pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan. Berikut manfaat pemasaran digital yang dapat dirasakan

  • Dapat dipantau dan terukur. Dengan kemajuan teknologi untuk mengukur keefektifan pemasaran dapat dilakukan melalui Google analytic, Google Data Studio, atau Adobe Analytics. Melalui penerapan analitik digital, data yang dikumpulkan selama periode waktu tertentu bisa diakses kapanpun dan dimanapun.
  • Efisiensi dalam optimasi. Munculnya platform media online telah memungkinkan pemasar untuk membeli ruang iklan di berbagai situs web dan aplikasi seluler dan meninjau laporan langsung dalam beberapa jam.
  • Jangkauan luas dan tertarget. Dengan banyaknya jumlah pemakai media sosial di dunia saat ini, banyak dari platform media sosial ini juga memungkinkan untuk menargetkan iklan ke audiens tertentu, misalnya menurut demografi, dan minat, dan pola perilaku.

2.3  3 Pilar Pemasaran Digital

a.      User Journey

User journey adalah pertemuan dan interaksi pelanggan dengan merek Anda di semua saluran digital dan non-digital yang membentuk emosi dan persepsinya tentang merek Anda. Ini biasanya dimulai dari tahap kesadaran dan berakhir pada tahap pembelian atau advokasi (loyalitas):

  • Kesadaran: Pelanggan pertama kali menyadari merek.
  • Pertimbangan (minat / evaluasi): Pelanggan perlu mengevaluasi keputusannya dan mempertimbangkan merek lain.
  • Pembelian (Keinginan / tindakan): Pelanggan siap untuk melakukan pembelian.
  • Advocacy (Loyalty): Pelanggan menyebarkan dari mulut ke mulut dan merekomendasikan merek tersebut kepada teman-temannya.

Pelanggan biasanya berinteraksi dengan materi iklan atau konten Anda di berbagai saluran digital (media sosial, pencarian, iklan bergambar) dan masuk ke situs web Anda.

b.      Saluran Pemasaran Digital

Saluran pemasaran adalah media yang digunakan organisasi atau bisnis untuk mengkomunikasikan atau menyampaikan pesan kepada konsumen. Dalam digital marketing, saluran digital adalah jalan di mana pelanggan Anda mengetahui tentang bisnis Anda dan apa yang ditawarkannya. Dari sinilah lalu lintas (pengguna) Anda berasal. Contoh saluran pemasaran digital meliputi:

  • Pencarian Organik (misalnya Google)
  • Penelusuran Berbayar
  • Display ads
  • Email
  • Media sosial
  • Refferal (mis. Lalu Lintas melalui situs web lain)

c.       Materi Konten Yang Kreatif

Ini adalah konten dalam bentuk grafik visual, teks, dan video yang dibuat dan dipasarkan oleh merek Anda yang berinteraksi dan dicerna oleh pelanggan Anda, juga disebut sebagai content marketing. Dibuat dengan se kreatif mungkin agar target pasar dapat tercapai dengan hasil yang maksimal.

2.4  Kelebihan Pemasaran Digital

Digital marketing dapat menargetkan pasar secara global karena pengguna dari sosial media itu sendiri sangat banyak. Dengan kemudahan yang ada saat ini, berikut kelebihan pemasaran digital yaitu:

a.       Biaya jauh lebih rendah untuk jangkauan yang sama

b.      Mempermudah komunikasi berkala

c.       Mudah dalam memilih target spesifik

d.      Mudah diukur efektivitasnya

e.       Mudah disesuaikan



Affinity Category (reach)

 

 

 

 

2.5  Cara Memulai Pemasaran Digital Bagi UMKM

Dalam memulai menggunakan pemasaran digital pihak UMKM harus menyiapkan hal-hal berikut yaitu:

a.       Siapkan alat yang digunakan untuk melakukan pemasaran. Alat bantu yang digunakan seperti: website, akun media sosial, brand dan produk, unggahan blog dan jejak online (review, feedback dari pelanggan, dll).

b.      Siapkan konten yang menarik perhatian, konten dapat berupa foto, video, tulisan,dll

c.       Mulai mengunggah dan selanjutnya evaluasi untuk memberikan feedback

d.      Bergabung dengan forum marketplace public. Usahakan memiliki profil bisnis yang bagus karena akan berpengaruh terhadap citra brand.

 


Mindmapping



BAB III

KESIMPULAN

 

3.1  Kesimpulan
Bisnis model canvas merupakan teknik yang efektif untuk diterapkan di dalam perusahaan karena dapat membantu memetakan bisnis secara terstruktur. Pelaku usaha dapat menggunakan bisnis model ini untuk mewujudkan ide-ide bisnis menjadi hal yang konkret. Dengan menggunakan model bisnis canva dapat memberikan manfaat berupa mempersingkat penulisan perencanaan bisnis, meningkatkan fokus perusahaan terhadap poin penting perencanaan bisnis, mengurangi resiko kekeliruan dalam eksekusi bisnis. Tujuan pembuatan BMC adalah membantu perusahaan merancang perencanaan proses bisnis dan menetapkan serta memvalidasi poin penting dalam bisnis seperti: umber daya, aktivitas, hubungan yang akan dijalin dengan pihak terkait, pendapatan, hingga pengeluaran yang harus dikeluarkan.

 

 

 

DAFTAR PUSAKA

Gie. 2020. Pengertian Pemasaran Digital dan Bermacam Strateginya. Dalam: https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-pemasaran-digital-dan-strateginya/ (Diakses 1 November 2021)

Digital, Sasana. 2021. Apa Itu Digital Marketing. Dalam: https://sasanadigital.com/apa-yang-dimaksud-dengan-digital-marketing/ (Diakses 1 November 2021)

Entrepreneur, Jurnal. 2021. Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing. Dalam: https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/ (Diakses 1 November 2021)

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.