Senin, November 1

Teknik Pemasaran Bootstrap untuk Pemilik Usaha Kecil

Oleh : Hamid Afifudin (@S10-HAMID)


Bootstrapping adalah jalur atau strategi pengembangan usaha dimana pendiri (founder) atau pemilik (owner) usaha memilih untuk mengandalkan kekuatan internal. Bagaimana maksudnya? Jadi, pelaku usaha yang memilih untuk bootstrapping adalah yang umumnya memulai bisnis baru dengan modal seadanya dari kantong atau simpanan sendiri dan kemudian mengandalkan perputaran pendapatan dalam mengembangkan usahanya. Kalau dalam konteks Indonesia, bisa dibilang bootstrapping ini adalah strategi memulai usaha dengan modal dengkul. Pelaku usaha yang memulai dengan strategi bootstrapping ini umumnya memulai usaha dengan modal kecil, bahkan bisa dengan tanpa modal uang sama sekali. Ide untuk memulai dan menjalankan bisnis dengan anggaran rendah dan bootstrap adalah topik yang sangat hangat, dan bukan hanya untuk pemilik bisnis yang sangat hemat. Kabar baiknya adalah  tidak perlu membayar utang satu dekade untuk memulai bisnis , jika bersedia meluangkan sedikit waktu dan minyak siku. Faktanya, sangat mungkin untuk tidak hanya memulai bisnis dengan anggaran terbatas tetapi juga mengembangkan bisnis  dengan investasi minimal.

Pemasaran adalah salah satu area paling fleksibel dan berpotensi tinggi di mana dapat memaksimalkan anggaran bootstrap. Ada begitu banyak cara untuk menyebarkan berita tentang bisnis tersebut , tanpa menghabiskan banyak uang. Berikut adalah lima teknik pemasaran bootstrap yang dapat  diintegrasikan ke dalam rencana pemasaran.


Buat Daftar Email

Pemasaran email adalah cara ekonomis untuk tetap berhubungan dengan pelanggan, mempromosikan produk, dan meningkatkan pengenalan merek. Ini adalah aktivitas jangka panjang yang mungkin tidak akan menghasilkan penjualan instan, tetapi membangun daftar email adalah salah satu tujuan bisnis yang harus dimiliki setiap pemilik bisnis kecil.

Langkah pertama adalah mendaftar ke layanan pemasaran email yang memungkinkan untuk  mengumpulkan alamat email dengan mudah, mengirim pesan yang ditargetkan, dan melacak responsnya. 

Setelah memiliki sistem, dorong pelanggan dan calon pelanggan untuk mendaftar dengan:

·         Menawarkan unduhan gratis sebagai imbalan untuk mendaftar

·         Menjanjikan penawaran khusus dan diskon untuk pelanggan

·         Meluncurkan buletin email bulanan

·         Memberikan tips, saran, dan informasi eksklusif lainnya kepada pelanggan

Hal terpenting untuk diingat dengan kampanye pemasaran email apa pun adalah harus menjelaskan dengan jelas untuk apa orang mendaftar, berjanji untuk tidak menjual atau membagikan alamat email mereka, dan memberi pelanggan cara mudah untuk berhenti berlangganan jika mereka memutuskan tidak mau untuk menerima pesan  di lain waktu.


Kenali Pelanggan

Bagian utama dari rencana pemasaran yang efektif adalah pemahaman menyeluruh tentang target pasar. Semakin mengenal dan memahami pelanggan , semakin mudah untuk menjual apa yang mereka butuhkan dan inginkan.

Dan semakin bisa memenuhi kebutuhan pelanggan, semakin mereka akan membeli dari kita dan merujuk  ke orang lain. Inilah sebabnya mengapa meluangkan waktu untuk mengenal pelanggan adalah teknik pemasaran bootstrap yang kuat. Ada banyak cara untuk mengenal pelanggan dan menunjukkan kepada mereka betapa berartinya mereka bagi usaha kita:

·         Mintalah testimonial klien dan gunakan dalam materi pemasaran

·         Kirim sampel gratis kepada pelanggan sebelumnya dan insentif lainnya untuk mendapatkan kembali bisnis mereka

·         Buat survei kepuasan pelanggan dan lacak hasilnya sehingga Anda dapat terus meningkatkan bisnis

·         Kirim hadiah liburan ke klien terpenting

·         Kumpulkan ulang tahun pelanggan dan kirim kupon atau penawaran khusus setiap tahun

·         Buat program hadiah "pembeli yang sering"

Meskipun kita mungkin memasarkan ke grup besar, jika ingin memikirkan setiap pelanggan secara individual. Pertimbangkan kebutuhan individunya, dan personalisasikan pesan dan pendekatan pemasaran Anda untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan membuat pelanggan merasa dihargai, kita sedang menyiapkan panggung untuk hubungan jangka panjang.


Gunakan Media Sosial

Jika belum mulai menggunakan media sosial untuk bisnis ,kita berpotensi kehilangan cara yang sangat mudah dan hemat biaya untuk menjangkau audiens target pasar atau konsumen. Tidak hanya media sosial menjadi bentuk pemasaran online yang paling umum digunakan, tetapi pelanggan kita sekarang mengharapkannya. Jika perusahaan tidak memiliki halaman Facebook bisnis , misalnya, kemungkinan bisa  kehilangan banyak bisnis karena pesaing yang melakukannya.

Kita mungkin sangat menyadari situs sosial seperti Twitter dan Facebook dan telah melihat bisnis menggunakan situs ini untuk menyebarkan berita tentang produk dan layanan mereka. Tetapi media sosial lebih dari sekadar Twitter atau Facebook. Ada ratusan cara  dapat menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis  termasuk:

·         Mulai blog untuk bisnis

·         Berlangganan ke blog lain yang terkait dengan topik Anda dan komentari posting blog secara konsisten

·         Rekam video untuk bisnis Anda dan unggah ke saluran YouTube bermerek

·         Daftarkan bisnis Anda di Google Places

·         Mulai bookmark sosial konten online

·         Buat akun Pinterest untuk bisnis  yang menyoroti produk, layanan, atau sumber daya lainnya

Dengan aktivitas pemasaran media sosial apa pun, pastikan kita meluangkan waktu untuk menguraikan tujuan dan membuat rencana sebelum terjun ke dalamnya. Ini mungkin media yang cepat dan mudah, tetapi tidak ingin mengambil jalan pintas dalam hal pemasaran yang baik. terorganisir, pendekatan strategis.


Berikan Sesuatu

Semua orang suka mendapatkan sesuatu secara gratis, jadi menawarkan sampel atau barang gratis bisa menjadi cara yang bagus untuk menarik pelanggan baru . Ada beberapa cara yang bisa  dilakukan, antara lain:

·         Memberikan kupon atau sampel sebagai ucapan terima kasih saat pelanggan mendaftar ke daftar email

·         Menjalankan kontes yang memberikan produk kepada pemenang

·         Merancang telekonferensi, webinar, atau lokakarya lokal gratis untuk target pasar

Satu hal yang perlu diingat adalah nilai barang atau sampel yang  berikan. Jika ingin memberikan representasi yang baik dari bisnis sehingga anda ingin item gratis berkualitas tinggi, relevan dan berguna, tidak murah. Tnetu juga harus memastikan bahwa anda tidak memberikan terlalu banyak; bertujuan untuk "rasa" yang membuat pelanggan/customer menginginkan lebih.

Jika gratisan tidak tepat untuk bisnis , bisa juga dapat memberikan waktu  dengan cara yang mempromosikan merek. Pertimbangkan untuk menyelenggarakan acara amal, menyumbangkan waktu dan keahlian Anda secara pro bono ke lembaga nonprofit, atau bahkan mensponsori tim olahraga lokal.


Pergi ke akar

Terkadang, tidak ada cara yang lebih baik untuk mempromosikan bisnis  dengan anggaran terbatas selain cara kuno -- turun ke jalan dan berbicara dengan orang-orang. Bahkan jika bisnis anda terutama online, anda masih memiliki komunitas lokal dengan bisnis lokal lainnya, dan memperluas aktivitas pemasaran anda untuk memasukkan bisnis tersebut dapat menjadi cara yang bagus untuk membangun dukungan.

Beberapa cara yang paling jelas untuk memaksimalkan komunitas lokal anda adalah dengan bergabung dengan Kamar Dagang atau organisasi profesional lokal lainnya. Kemudian, setelah anda melakukannya, Anda ingin bersiap dengan elevator pitch dan kartu nama yang efektif sebelum Anda memulai jaringan.

Berikut adalah beberapa ide pemasaran bootstrap akar rumput lainnya untuk dijelajahi:

·         Luncurkan kemitraan strategis dengan bisnis pelengkap

·         Co-sponsor sebuah acara dengan bisnis lokal lainnya

·         Gunakan pemasaran yang dapat dikenakan (kemeja, topi, tas) untuk promosi pasif "on-the-street"

·         Gunakan tanda trotoar untuk mempromosikan produk dan layanan Anda

Seperti halnya teknik pemasaran lainnya, meluangkan waktu untuk membuat rencana pemasaran dan mengembangkan strategi  akan meningkatkan peluang keberhasilan. Dan ini sangat penting ketika bekerja dengan anggaran kecil karena setiap tindakan yang diambil harus diperhitungkan. Gunakan tutorial rencana pemasaran langkah demi langkah ini untuk memasukkan salah satu atau semua teknik pemasaran bootstrap ini ke dalam bisnis yang dijalankan.

 

Daftar Pustaka

https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/68

https://www.investopedia.com/terms/b/bootstrapping.asp#:~:text=Bootstrapping%20describes%20a%20situation%20in,revenues%20of%20the%20new%20company.

https://accurate.id/bisnis-ukm/bootstrapping-adalah/

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.