Senin, Desember 20

Apa itu market demand

 

Apa itu market demand

Disusun

Radius bagas yoga siswantoro(@S12-RADIUS)

Abstrak

Market demand atau yang lebih kita kenal dengan permintaan pasar , market demand memiliki arti yaitu  penjumlahan permintaan individu di pasar pada harga yang diberikan. ekonom mendefinisikan permintaan sebagai kesediaan dan kemampuan kita sebagai konsumen untuk membeli barang atau jasa untuk setiap kombinasi harga yang diberikan, didalam permintaan ada yang dinamakan dengan permintaan pasar dan permintaan individu , tentunya dua istilah diatas memiliki perbedaan arti didalam nyan , dalam permintaan individu menjabarkan pemintaan yang datang dari 1 konsumen saja , sedangakan permintaan pasar suatu permintaan yang datang dari seluruh konsumen

Factor-faktor yang mempengaruhi market demand


1.       Kualitas Produk

Faktor yang menimbukan tingginya tingkat permintaan yang pertama adalah kualitas produk atau jasa. Semakin bagus produk atau jasa yang disiapkan pihak penjual, akan berbanding lurus dengan harga dari produk itu sendiri. Pemilik usaha pastinya tidak akan ragu untuk meningkatkan harga jual setelah melihat antusiasme pasarnya.

2.       Peningkatan Harga Lainnya

Selain kualitas produk, peningkatan permintaan juga bisa terjadi lantaran naiknya harga di kategori yang berbeda namun memiliki fungsi yang sama. Dalam ekonomi, peningkatan harga yang dimaksud terjadi kepada barang substitusi.

3.       Daya Beli Konsumen


Meningkatnya permintaan yang terakhir juga bisa terjadi sebab dari daya beli konsumen. Semakin besar pendapatan yang seseorang dapatkan akan mempengaruhi cara ia mempergunakan uang mereka. Hal ini lazim terjadi dan terlihat di dalam kehidupan sehari-hari.

Tentunya selain kita mengtahui factor – factor yang memepengaruhi market demand , kita juga perlu mengetahui juga mengenai Analisa pasar agar kita mengetahui strategi mana yang tepat agar kaingin permintaan dari konsumen menjadi meningkat, seperti dibawah ini Langkah – Langkah Analisa yang sesuai

1. Menentukan pasar yang relevan

Dalam melakukan analisa pasar, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami pasarnya terlebih dahulu.

Umumnya terdapat banyak jenis produk yang diminati oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

2.  Menganalisa permintaan selektif

Dalam hal ini, Anda harus bisa melakukan analisa terhadap konsumen yang loyal terhadap salah satu merek, apa yang menjadi dasarnya.

3. Menganalisa persaingan

Anda bisa membandingkan tingkat persaingan terhadap produk yang Anda miliki, agar nantinya produk Anda tidak kalah bersaing saat berada di pasaran.

Cari semua kelebihan dan kelemahan dari produk pesaing, kemudian implementasikan kepada produk yang Anda miliki sehingga Anda memiliki produk yang lebih baik daripada pesaing.

Demikian penjelasan mengenai apa itu market demand, factor- factor yang mengepengaruhi dalam market demand serta Analisa pasar yang perlu kita lakukan dalam mencari strategi tentang bagaimana meningkatkan keinginan konsumen dalam membeli suatu yang kita tawarkan

Refrensi

1.       Modul 11 kewirausahaan

2.       https://www.invesnesia.com/permintaan

3.     https://www.jurnal.id/id/blog/pentingnya-analisa-pasar-yang-tepat-untuk-kesuksesan-bisnis/

 

 

 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.