Maret 24, 2022

Imajinasi dan Intuisi dalam Kewirausahaan

 Oleh : Effendi (@U06-Effendi) 




Rasa bawah sadar atau lebih dikenal sebagai alam bawah sadar adalah bagian dari pikiran yang memproses imajinasi, intuisi, gudang kreativitas, serta mengetahui penyebab dan solusi untuk suatu masalah tertentu. Proses mental bawah sadar memiliki peran besar dalam membangun dan melaksanakan tugas sehari-hari. Banyak ide berasal dari mental bawah sadar, namun tidak semua orang menyadari serta memanfaatkannya.

Imajinasi adalah gambar angan, khayalan atau daya membayangkan. Secara umum, imajinasi adalah kekuatan atau proses untuk menghasilkan citra mental dan ide. Imajinasi bukan gambaran atau angan-angan tanpa makna. Sejarah telah membuktikan banyak tokoh yang menjadi besar berkat imajinasinya yang tinggi. 

Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Untuk memahaminya, tidak cukup hanya menggunakan akal logika saja. Intuisi sering kali muncul saat seseorang menemukan dirinya sendiri atau dirinya sendiri, dalam keadaan sulit di mana dia perlu membuat keputusan.

Hubungan imajinasi dan intuisi dalam keriwausahaan

Seorang wirausahawan mempunyai daya imajinasi dan intuisi yang membentuk daya kreavitas yang tinggi, pertanyaanya adalah apakah hal tersebut merupakan suatu bakat bawaan atau dapat dibentuk dan dikembangkan?, menurut beberapa ahli bahwa hal tersebut dapat dibentuk dan dikembang. 

Intuisi dalam kewirausahaaan

Intuisi adalah peringatan yang datang dari alam bawah sadar seseorang. Datangnya tidak tentu, terkadang muncul pada saat-saat kritis. Intuisi dapat dimanfaatkan oleh seorang worausaha untuk dijadikan variabel untuk mengambil keputusan dengan tetap memperhatikan pertimbangan-pertimbangan lain. Misalnya, pada saat memutuskan untuk memilih jenis usaha yang akan ditekuni.

Imajinasi dalam kewirausahaan

Kemampuan imajinasi memberikan gagasan kepada seorang wirausaha untuk membayangkan tentang suatu hal seperti hal yang tidak pernah ada sebelumnya atau belum pernah dilihatnya. Contohnya, gagasan membuat pesawat terbang, kapal selam, dan mendarat di bulan diawali oleh imajinasi manusia. Gagasan untuk menciptakan alat sederhana seperti pemipil jagung. Hal ini juga hasil karya imajinasi yang menginginkan sebuah alat untuk merontokkan yang murah, dapat dengan mudah dibuat, mudah digunakan, mudah dan praktis disimpan, dan tidak memerlukan perawatan.

Baik intuisi dan imajinasi membantu memperoleh pengetahuan. Imajinasi memungkinkan memperoleh pengetahuan melalui pembentukan konsep, citra dan sensasi dalam pikiran kita. Intuisi memperoleh pengetahuan tentang situasi tertentu tanpa harus memiliki dasar untuk mendasarkan akuisisi ini


Daftar Pustaka

Amalia, Dessy Nur. Variasi Produk/jasa dan Permintaan Pasar, Kreatifitas, Exploitasi Imaginasi dan Intuisi, Kreativitas dan Inovasi, Potensi diri dan Maximize Inner Ability, Mengembangkan Keunggulan. Pusat Bahan Ajar dan eLearning.

Esdifferent. Perbedaan Antara Imajinasi dan Intuisi Perbedaan Antara 2022. EsDifferent. ht""ltps://id.esdifferent.com/difference-between-imagination-and-intuition

KHAYKUIY. (25 Juni 2013). IMAJINASI DAN INTUISI DALAM KEWIRAUSAHAAN. kabaronli.blog"spot.com. https://kabaronli.blogspot.com/2013/06/imajinasi-dan-intuisi-dalam.html

Unknown. (5 juli 2017). Peranan Imajinasi dan Intuisi dalam Entrepreneur. muhamadizetmutaqien.blogspot.com. https://muhamadizetmutaqien.blogspot.com/2017/07/peranan-imajinasi-dan-intuisi-dalam.html

Zainab, Nurul. (16 Oktober 2010). IMAJINASI DAN INTUISI DALAM KEWIRAUSAHAAN. Berbagi pengetahuan. https://nurulzainab.blogspot.com/2010/10/imajinasi-dan-intuisi-dalam.html"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.