Maret 24, 2022

Pengembangan Produk Ramah Linkungan Untuk Memenuhi Permintaan Pasar Global

Pengembangan Produk Ramah Linkungan Untuk Memenuhi Permintaan Pasar Global 

Oleh 

Thathit Gumilar T. Mochtar(@U16-THATHIT) 

41419310038 

Pendahuluan 

Pada perkembangan zaman yang dimana dituntut dengan kecepatan dalam segala aspek  terutama dalam bidang produksi suatu usaha. Para pengusaha berlomba – lomba untuk  merancang dan menemukan cara bagaimana memproduksi suatu produk dengan cepat, efisien,  bagus, dan dengan harga yang murah, sehingga pabrik atau tempat produksi diminta untuk  selalu untuk beroperasi selama mungkin bahkan mungkin bisa 24 jam sehari dalam seminggu  demi mencapai target dan kebutuhan dari pasar global saat ini, serta membuat produk yang  hanya sekali pakai saja dalam penggunaanya. Sehingga mereka lupa dengan dampak negatif  apa yang terjadi terhadap lingkungan sekitar dan dunia. 

          Dimana banyak sekali limbah dan sampah yang berserakan dimana – mana, yang  mengakibatkan memberikan dampak buruk bagi ekosistem dan keseimbangan alam. Hal ini mengakibatkan tercemarnya tempat tinggal para hewan, termasuk hewan – hewan langka yang  dilindungi oleh pemerintah dunia. 

Sehingga beberapa pengusaha dan pengiat lingkungan bekerja sama untuk membuat  suatu produk yang ramah lingkungan untuk kesejahteraan dan keberlangsungan alam. 

Pembahasan 

Kita harus mengetahui pengertian dari apa itu produk ramah lingkungan. Berikut ini  pengertian dari produk ramah lingkungan menurut para ahli, adalah sebagai berikut: 

Menurut Chan dan Chai (2010) dalam Lily Suhaily, dkk (2018:57), “Produk ramah  lingkungan menggunakan bahan yang lebih aman bagi lingkungan, dan membutuhkan  lebih sedikit kemasan.” 

Menurut Handayani (2012) dalam Aisyah dan Dominica (2018:18), “Green product atau produk ramah lingkungan merupakan suatu produk yang dirancang dan diproses dengan suatu cara untuk mengurangi efek-efek yang dapat mencemari lingkungan, baik dalam produksi, pendistribusian, dan pengkonsumsiannya.” 

Menurut Susilo (2012) dalam Novia Astri Leonora (2018:26), “Green Produk adalah gambaran usaha suatu organisasi didalam mendesain, mempromosikan, menawarkan dan mendistribusikan produk yang ramah lingkungan.”

Berdasarkan pendapat para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa green produk atau produk  ramah lingkungan merupakan produk yang aman dan tidak berbahaya bagi manusia dan  lingkungan sehingga dapat mengurangi kerusakan lingkungan. 

Kontribusi Tempat Usaha dalam Menjaga Lingkungan 

Sebagai salah satu penggiat roda ekonomi global para penggusaha juga harus  berkontribusi perusahaannya untuk menjaga lingkunga, berikut hal – hal yang mampu  dilakukan oleh pelaku usaha untuk menjaga lingkungan: 

1. Memperhatikan bahan baku dari pemasok bahan 

Untuk mengukur aman tidaknya produk usaha terhadap lingkungan, pengusaha  harus mengetahui tentang rantai bahan baku yang digunakan. Yang dimana  pengusaha dan pemasok harus mematuhi aturan yang berlaku untuk menjaga  lingkungan. Dengan cara temukan pemasok yang maou dipercaya dan taat aturan. 

2. Meminimalisir dan Memanfaatkan Limbah 

Dimana setiap pelaku usaha harus sebisa mungkin mengurangi limbah yang  dihasilkan, dengan memilah limbah sesuai dengan kategorinya, seperti limbah  organic, anorganik, dan beracun. Dimana limbah organic dan anorganik mampu di  reproduksi ulang menjadi barang yang memiliki nilai jual di pasar. Serta  membuang limbah beracun yang tidak dapat diolah Kembali. 

3. Optimalkan Energi Terbarukan. 

Energi terbarukan dikenal sebagai energi yang diperoleh dari sumber daya yang  tidak akan pernah habis karena adanya proses alam yang berkelanjutan. Contoh  energi terbarukan adalah angin, sinar matahari, air, dan gelombang laut. Tak perlu  melakukan penyesuaian drastis yang merogoh kocek besar seperti misalnya  memasang panel surya untuk memanfaatkan energi ini, cukup dimulai dari  mengubah kebiasaan aktivitas produksi dengan mesin menjadi lebih ramah  lingkungan. Misalnya mengeringkan produk dengan menjemurnya di bawah sinar  matahari.


Memproduksi Produk Ramah Lingkungan 


                Melihat kondisi lingkungan yang saat ini sudah semakin rusak dan tercemar seperti yang telah dijelaskan pada bagian awal artikel. Sebagai pengusaha harus segera untuk mulai  mencari dan menggunakan produk yang ramah terhadap lingkungan. Serta terbuat dari bahan  baku yang mudah dicari dan ditemukan. Berikut ini produk ramah lingkungan yang mempu di  produksi oleh penggusaha untuk memnuhi kebutuhan pasar tanpa menghancurkan lingkungan: 

 

            1. Sedotan Re – useble 

Saat ini jangan meremehkan sampah sedotan yang berserakan dimana – mana, hal  ini merupakan peluang bagi para pengusaha untuk membuat sedotan yang dapat  digunakan berkali – kali. Sedotan ini terbuat dari bahan stainless steel, bambu,  ataupun silicon.


2. Wadah tempat makan  

Wadah makan yang hanya sekali saja dalam penggunaanya dapat menghasilakn  timban sampah dan tidak terjamin aman untuk menyimpan makanan yang masih  panas. Sehingga para penggusaha dapat memproduksi wadah makan yang terbuat plastik, stainless steel, keramik, ataupun kaca. Hal ini mampu menjaga lingkungan  dan dapat digunakan berkali. 

3. Tumbler atau tempat minum 

Banyak orang yang membali air kemasan plastic yang hanya sekali pakai, dan  akhirnya menyebabkan sampah pada akhirnya dan juga boros bagi konsumen. Sehingga para pengusaha juga mampu memproduksi tumbler atau tepat minum  yang lebih terjamin dan telah memenuhi food safe grade. Serta juga mampu  membuat botol yang tahan panas. Dan bahan untuk membuat ini dapat  menggunakan plastic, kaca, dan stainless steel.


4. Tas belanja 

Sampah plastik sekali pakai termasuk ke dalam sumber pencemaran terbesar bagi  air dan juga tanah. Pasalnya, plastik sekali pakai memiliki kandungan kimia yang  tidak dapat dengan mudah terurai di tanah. Maka ;pengusaha harus melihat peluang  ini dengan memproduksi tas belanja yang mampu digunakan berkali – kali, dan  bahan yang mampu digunakan adalah bahan kanvas, kertas, kain, dan bahan lainnya  yang ramah lingkungan. 

Kesimpulan 

Para pengusaha dan konsumen hendaklah menjaga lingkungan dengan menggunakan  produk yang ramah lingkungan dan para pengusaha juga hendaklah mencari bahan alternatif  untuk memproduksi produk yang ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan pasar global  yang permintaan produk meningkat dan hendaknya selalu berinovasi dan mengikuti  perkembangan zaman yang serba cepat ini.


DAFTAR PUSTAKA 

https://zilingotrade.id/id/blog/BLGSUSTAINABLEBUSINESS 

https://www.ruparupa.com/blog/9-produk-rumah-tangga-ramah-lingkungan-yang-aman/ https://homeguides.sfgate.com/ecofriendly-mean-78718.html 

https://www.rumah.com/panduan-properti/produk-ramah-lingkungan-29637


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.