Maret 23, 2022

KREATIVITAS DAN INOVASI USAHA MELENIAL DUKUNG PEREKONOMIAN NEGARA DITENGAH PANDEMI COVID –19

 

Oleh : Rianza Agiftian @U20-RIANZA


I.      PENDAHULUAN

Kemudahan informasi yang ada saat ini menjadi kesempatan emas bagi milenial untuk mulai mencari ide-ide menarik. Ide-ide tersebut direalisasikan dengan produk yang mampu menyelesaikan persoalan sosial di tengah pandemi. Buktinya, kini banyak milenial yang bisa memanfaatkan pandemi menjadi peluang bisnis yang unik dan menarik, seperti bisnis masker, bisnis kuliner rumahan, dan sederet bisnis yang ternyata menarik banyak orang. Tentunya, kondisi ini bisa menjadi bukti bahwa milenial punya peran dalam membantu sektor perekonomian Indonesia lewat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang mereka lakukan. Apalagi UMKM sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Ditambah dengan kemajuan teknologi, UMKM di Indonesia terus melakukan diversifikasi produk untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat di berbagai daerah. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mencapai 64 juta. Angka tersebut mencapai 99,9 persen dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia.dalam melakukan diverifikasi produk untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat di berbagai daerah. Menurut badan pusat statistik (BPS ) Jumlah Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mencapai 64 juta, angka tersebut mencapai 9,99 persen dari keseluruhan usaha yang berpotensi di Indonesia.

Model usaha dan perdagangan dalam era digital sekarang ini sudah tidak bias lagi dibendung dengan kegiatan serupa yang masih manual. Masyarakat pada umumnya sudah “melek”aplikasi, dimana denganaplikasi tersebut yang menjadi jembatan bagi “awam” dalam menggunakan teknologi informasi, pada khususnya yang berbasis perdagangan commerce.

Kemajuan teknologi selalu memiliki dua mata pisau, dimana satu sisinya meningkatkan keuntungan sementara sisilainnya memakan korban kerugian bahkan sampaimengalami kebangkrutan. Sudah sering kali kita dengar sekarang ini banyak gerai toko on line yang terpaksa harus menutup gerainya karena pengunjung yang kian sepi, akan tetapi menurut Bank Indonesia peredaran uang bahkan bisa menunjukkan peningkatan. Kemana larinya Transaksi, tentunya yang kian meningkat terjadi pada toko-toko one line sekali gus juga adanya usaha usaha distribusi barang- barang dengan layanan one line.

Kewirausaha one line sekarang tidak dituntut untuk bisa membuat aplikasi sendiri , dengan menumpang aplikasi yang sudah ada, kita sudah bisa berusaha (menjadi wirausahawan) one line sangatlah mudah dan cepat.

Kewirausahaan dan inovasi adalah munculnya disiplin untuk merespon secara aktif perubahan dalam dunia E- Commerce.

Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak awal 2020 cukup memberikan dampak yang sangat signifikan pada perekonomian di Indonesia termasuk Kalimantan.. Tidak hanya dialami oleh pelaku usaha skala besar. Hal serupa juga ikut dialami para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).


II.     PEMBAHASAN

A.     Hadirkan Program dan Fitur untuk UMKM

Blibli secara aktif turut mendorong digitalisasi UMKM serta melakukan pemberdayaan para mitra seller lainnya melalui semangat #Ayo Bersama. Dengan semangat ini, Blibli menghadirkan berbagai macam program dan fitur yang menguntungkan seller (UMKM) untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Apa saja?

1.       Blibli memberikan berbagai insentif agar UMKM ingin go online

Pemberian Insentif termasuk meniadakan deposit dan komisi adalah langkah Blibli untuk mengurangi cost UMKM untuk go online. Selain itu, Blibli juga memberi dana untuk melakukan digital marketing untuk meningkatkan awareness terhadap brand dan produk UMKM tersebut.

   2.       Fitur Blibli dongkrak penjualan produk UMKM

Blibli menyediakan berbagai fitur untuk mempercepat proses jual beli, salah satunya Fulfillment by Blibli (FBB) untuk para seller yang menjual produk kebutuhan sehari-hari. Melalui FBB, para seller dapat memiliki fasilitas gratis titip barang di gudang, sehingga seluruh proses penjualan akan ditangani dengan baik oleh tim Blibli. FBB menggunakan jaringan 20 warehouse dan 32 hub yang tersebar di 15 kota besar.

  3.       Mengadakan workshop dan training

Sampai saat ini, Blibli tak henti-hentinya menggelar ntrepreneurship workshops and trainings yang digelar secara virtual, baik webinar dan IG Live. Blibli juga menyediakan e-newsletter untuk seller. E-newsletter tersebut berisi tips dan trik sukses berjualan di Blibli. Tercatat, Blibli sudah menggelar 470 pelatihan dalam 3 tahun terakhir.


A.     Hubungan konsepsional antara Kewirausahaan dan Inovasi

Inovasi ekonomi khususnya telah menarik perhatian yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir (18), (19), (20).Sudho (2) merangkum teori dasar ekonomi inovasi dan mengindentifikasi tiga paradigma yang bersaing,dalam diskusi teoritis inovasi saat ini :

Ø  Paradigma pengusaha

Ø  Paradigma teknologi - ekonomi

Ø  Paradigma strategis.

Paradigma pengusaha dapat dilacak pada tahun 1990an, ketika Schumpeter pertama mencoba menjalin antara usaha dan inovasi dalam teori, dan memandang pengusaha sebagai inovator, berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Konsep wirausaha sebagai inovator mendasari paradigma pengusaha dimana peran pengusaha disorot dalam proses inovasi.

Kewirausahaan adalah tentang menciptakan sesuatuyang sebelumnya tidak ada, penciptaan menambah nilai bagi seseorang, individu dan masyarakan dan didasarkan pada persepsi dan kesempatan menangkap (5) Inovasi adalah alat kewirausahaan khusus dimana para pengusaha memanfaatkan perubahan sebagai peluang untuk kegiatan bisnis, atau layanan yang berbeda. Ada banyak tumpang tindih antara kewiraswastaan berprestasi dalam wawancara tersebut.


III.          Kesimpulan

1.  Untuk mengatasi situasi tersebut, pemerintah gencar menyusun strategi pemulihan bisnis UMKM di masa adaptasi kebiasaan baru. Salah satunya melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan dikeluarkannya Bantuan Presiden Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM).

2.  Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil, Dinas Koperasi dan UKM Kalbar, Anselmus mengatakan, selama masa pandemi COVD-19 terjadi peningkatan jumlah pelaku usaha mikro yakni sekitar 42.000 UMKM.

3.  "Khusus untuk usaha mikro memang terjadi lonjakan yang luar biasa selama masa pandemi ini," kata Anselmus, saat mewakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalbar Ansfridus J Andjioe saat menjadi pemateri kegiatan webinar dengan tema 'Manfaat Program PEN bagi UMKM' di Pontianak, Kamis, 3 Desemer 2020.

4.  Anselmus menyatakan, program bantuan bagi UMKM yang digelontorkan pemerintah ini membuat jumlah pelaku usaha mikro bertambah. Berdasarkan tahun 2019 jumlah pelaku usaha mikro sebanyak 54 ribu. Namun, dengan bantuan dari pemerintah pusat, tercatat 96 ribu pelaku usaha mikro yang mengajukan bantuan dan akan terus bertambah.

5.  "Melalui kebijakan ini juga diharapkan UMKM bisa berkontribusi meningkatkan perekonomian Indonesia yang semakin kokoh di tahun- tahun mendatang. Terlebih, mempunyai komoditi atau produk unggulan yang bernilai ekspor dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten atau kota hingga provinsi yang diyakini mampu bersaing di pasar global," jelasnya.

6.  Anselmus mengatakan, agar UMKM bisa tumbuh di masa serba sulit seperti sekarang ini, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM telah memberikan tiga stimulus. Bantuan stimulus tersebut terdiri dari kelonggaran pembayaran pinjaman, keringanan pajak UMKM selama 6 bulan serta transfer tunai untuk bisnis skala mikro.


IV.          REFERENSI

Modul 3 Kewirahusaan

Kasmir, SE.,MM - Studi Kelayakan Bisnis. Goegle Book, 1 April 2016 halaman 276

Mulyadi Nasution Bandung, - Manajemen Usaha Kecil

Sopee Indonesia, poltekkes - Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil

m. singh,. Waddell,E. Business Inovation and change Management, IRM Press London A,Arora, A, Fosturi, A, Gambardella, Markets, for teknology, the Eonomies of Inovation,Mit Press, 2002.

Widyaiswara ahli Muda di PPSDM- migas.

 



 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.