Maret 22, 2022

Mengembangkan Keunggulan Dalam Berwirausaha.

 

Mengembangkan Keunggulan Dalam Berwirausaha.

Oleh  : Muhamad Ripano (@U35-RIPANO)

 

ABSTRAK

Kewirausahaan merupakan cara untuk berpikir kreatif, bertindak inovatif, mampu mengambil risiko yaitu merupakan dasar tindakan dalam strategi untuk menghasilkan produk baru, metode baru dan perkembangan sesuatu yang baru dihasilkan. Konsep kewirausahaan merupakan keterikatan pada sifat, ciri orang yang berkehendak. Hal ini tidak semua orang mampu untuk membawa ide-ide inovatif ke dalam dunia bisnis dalam mencapai keunggulan. Maka dari itu agar mampu untuk menciptakan keunggulan maka seorang wirausaha harus memiliki pengetahuan, keterampilan dan kualitas pribadi dalam melakukan pekerjaan. Sebagai wirausaha harus mampu bersaing dalam keunggulan maka dari itu seorang wirausaha harus mampu untuk mengambil resiko yang ada hal ini untuk dijadikan tantangan yang dilakukan untuk memulai sesuatu yang tidak pasti, dengan adanya resiko tersebut membuat diri seorang wirausaha akan memiliki pengalaman yang dijadikan sebagai pelajaran dalam melakukan usaha. Selanjutnya,  mampu untuk bertahan karena sebagai wirausaha harus memiliki pemikiran yang luas dan tidak mudah putus asa agar mampu untuk bangkit dari kegagalan. Bukan hanya itu saja sebagai wirausaha harus memiliki visi dan misi agar memiliki target dalam kurun waktu yang sudah ditentukan sesuai tujuan yang sudah dibuat. sebagai wirausaha harus mampu berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen agar para konsumen merasa nyaman dan senang. Jika seorang wirausaha merasa dirinya kurang dalam membuat suatu usaha maka akan mengeluarkan potensi yang dimilikinya menjadi sesuatu yang kreatif.

 

 

 

 

 

 

PEMBAHASAN



Apa itu keunggulan wirausaha ?

Keunggulan wirausaha yaitu seorang wirausaha yang memiliki potensi dan mengembangkan kreativitas dalam berwirausaha untuk menghasilkan kualitas yang baik untuk produk yang ingin dipasarkan. Dengan adanya keunggulan dapat dikatakan bahwa suatu usaha yang dijalankan mampu bersaing dan berkembang dari nilai-nilai yang sudah diciptakan sebelumnya oleh wirausaha. Hal ini untuk membuat para konsumen memiliki minat kepada produk yang dipasarkan dan membeli produk dengan harga yang sudah ditentukan. Keunggulan juga dilihat dalam bentuk produk, manfaat produk, keunikan produk dan pemasaran produk agar membuat hati para konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut. Agar dapat memiliki produk atau usaha yang lebih unggul harus mampu untuk mengembangkan kualitas produk yang lebih baik kualitasnya dari pada yang dipasaran dengan melakukan pengembangan secara variatif. Bukan hanya itu saja dalam memasarkan produk harus mampu dan memahami permintaan yang sedang dibutuhkan oleh konsumen maka dari itu harus mampu meningkatkan pengembangan pelayanan hal ini karena sikap dan karakter para konsumen berbeda-beda. Didalam keunggulan juga terdapat loyalitas pelanggan yang perlu untuk dikembangkan agar lebih baik.

Didalam kewirausahaan jika ingin mengalami keunggulan maka sebagai wirausaha harus mampu memperluas jaringan karena semakin tinggi jaringan dalam kewirausahaan maka akan semakin tinggi dalam keunggulan yang dihasilkan. Karena hubungan antara jejaring kewirausahaan dengan adanya keunggulan membawa hubungan yang positif karena mampu untuk membangun relasi sosial dan kekeluargaan, membuka relasi dalam berbisnis, membuka hubungan kekeluargaan dengan para pemasok serta lembaga keuangan dan lingkungan pemerintah setempat.

Dalam berwirausaha juga sangat diperlukan kemampuan kewirausahaan yang baik, dengan adanya kemampuan tersebut banyak inovasi – inovasi dan kreativitas yang ingin dikembangkan dalam menciptakan suatu produk yang sangat unggul dan sangat menguntungkan untuk konsumen tersebut.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam berwirausaha :

Kelebihan Menjadi Wirausahawan

  • Membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.
  • Keleluasaan dalam mengatur pekerjaan.
  • Mengasah potensi diri, kreativitas, inovasi dan sebagainya.
  • Menghasilkan keuntungan.
  • Memiliki kualitas kepemimpinan dalam diri.

Kekurangan Menjadi Wirausahawan

  • Ketidakpastian waktu dalam menghasilkan pendapatan bahkan setelah mendirikan dan menjalankan usaha tersebut dan tanggung jawab terhadap karyawan yang dipimpin.
  • Risiko kehilangan berbagai macam investasi.
  • Beban kerja yang lebih berat, tidak bergantung dengan waktu yang ditentukan.
  • Kesulitan dalam membuat keputusan penting karena sangat berdampak pada usaha yang dibangun tersebut.
  • Banyaknya kemampuan diri yang harus diasah.

 

 

 

 

 

MANFAAT KEUNGGULAN DALAM BERWIRAUSAHA



Ada beberapa manfaat yang harus didalami dalam berwirausaha :

1.      Membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Manfaat positif wirausaha yaitu dapat memberikan lapangan kerja bagi orang lain. Dalam menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia hal ini membantu para pengangguran yang tidak memiliki pekerjaan. Dengan adanya lapangan pekerjaan yang baru dan bermanfaat untuk semua orang untuk dapat membantu perekonomian dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya lapangan kerja yang baru juga mencegah adanya tindakan kriminalitas, Maka semakin besar bisnis yang berkembang, maka akan semakin banyak juga tenaga manusia yang dibutuhkan. Sehingga manfaat wirausaha tidak hanya seorang wirausaha saja yang merasakan, melainkan juga orang lain.

 

2.      Memaksimalkan bakat dan Potensi diri.

Manfaat dari bakat dan potensi diri yaitu seorang wirausaha yang mengelola usaha nya dari awal hingga berkembang pesat dengan pengetahuan yang luas dan kemampuan yang dimiliki. Seorang wirausaha harus memaksimalkan potensi diri saat mengelola usaha, sebab hal ini karena didalam diri seorang wirausaha memiliki potensi dan kemampuan yang dimiliki maka dari itu harus mampu untuk mengembangkan kemampuan agar menciptakan keunggulan.

 

3.      Memperluas Relasi.

Memperluas relasi dalam wirausaha itu sangat penting untuk kemajuan usaha karena dapat membantu mengembangkan usaha menjadi lebih besar dan lebih baik untuk kedepanya. Hubungan yang telah dibangun harus benar-benar dijaga dengan baik supaya bermanfaat bagi bisnis yang dikembangkan untuk kedepannya.

 

4.      Memahami perkembangan teknologi.

Perkembangan teknologi yang pesat dapat menjadi tantangan maupun peluang bagi wirausaha saat ini. Seorang wirausaha juga harus mempunyai pemikiran yang positif dalam perkembangan teknologi, karena pada perkembangan teknologi saat ini menjadi peluang besar untuk mengembangkan usaha. Teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk modal usaha, media teknologi untuk mempromosikan produk yang diciptakan, dan berbisnis secara online.

 

5.      Belajar dari kegagalan.

Kegagalan dalam berbisnis bukanlah suatu akhir untuk berwirausaha. Karena dari kegagalan ini kita belajar untuk menjadi lebih baik lagi dengan sungguh – sungguh. Seorang wirausaha usaha yang bijak maka akan belajar dari pengalaman yang terjadi. Dengan adanya kegagalan tersebut membuat wirausaha semakin memiliki tantangan untuk dapat meningkatkan keunggulan dan mempertahankan suatu usaha yang dijalani. Tidak semua kegagalan merupakan salah satu bencana, melainkan kegagalan juga ada yang membawa pengaruh positif. Hal ini dapat terjadi tergantung dari wiraudaha masing-masing yang menyikapi kegagalan tersebut.

 

KESIMPULAN

Maka kesimpulan yang dapat ditarik dalam keunggulan berwirausaha ialah jika ingin mendapatkan keunggulan dalam berwirausaha maka sebagai wirausaha harus mampu memperluas jaringan, inovasi serta kreativias yang tinggi karena semakin luas jaringan dalam berwirausaha maka akan semakin dekat dalam mendapatkan keunggulan yang dihasilkan. Karena hubungan antara jejaring kewirausahaan dengan adanya keunggulan membawa hubungan yang positif karena mampu mengembangkan suatu usaha untuk membangun relasi sosial dan kekeluargaan dalam berwirausaha.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Wahyuningsih, S. (2017). MEMBANGUN JEJARING KEWIRAUSAHAAN MELALUI KEUNGGULAN USAHA KONVEKSI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN. Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 20.

Sriasih, A. A. K., & Adi, I. K. Y. (2016). MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING UKM BERBASIS KEWIRAUSAHAAN, 10. Retrieved August 29, 2016.

https://www.bola.com/ragam/read/4616934/pengertian-wirausaha-tujuan-kelebihan-kekurangan-ciri-ciri-dan-contohnya-yang-perlu-diketahui#:~:text=Kelebihan%20Menjadi%20Wirausahawan,Menghasilkan%20keuntungan.

https://blog.investree.id/bisnis/ketahuilah-7-manfaat-wirausaha-untuk-setiap-generasi/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.