Maret 07, 2022

Orientasi Dalam Perekrutan Karyawan Baru

 Oleh : Fionalita Rahmi 

(@T12-Fionalita) 

Orientasi sangat diperlukan bagi karyawan baru untuk menyesuaikan diri. Terutama berkaitan dengan pekerjaan yang akan dihadapi dan penyelesaian yang harus dilakukan. Sederhananya, orientasi bagian dari proses perusahaan menyediakan informasi untuk karyawan baru untuk penyesuaian diri dengan lingkungan.





Pendahuluan

Pada saat sekarang ini banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja, serta banyak karyawan baru pada beberapa perusahaan, ada yang sudah berpengalaman dan ada yang baru lulus. Untuk beberapa perusahaan ada yang menggunakan sistem orientasi agar karyawan baru dapat cepat mengenal lingkungan kerja.  Orientasi ini suatu cara menyesuaikan sikap dan tingkah laku karyawan. Hal ini merupakan suatu konsep yang dapat menciptakan harmoni dalam bekerja. Orientasi ini juga suatu program yang dibuat dalam perusahaan untuk memperkenalkan karyawan baru pada tempatnya bekerja, peran karyawan, kehidupan sosial budaya dan lingkungan tempat kerja.

Rumusan Masalah

1.       Apa itu Orientasi?

2.       Apa saja tujuan dari orientasi?

3.       Apa saja manfaat orientasi yang didapatkan oleh karyawan baru?


Pembahasan

1.      Orientasi

Orientasi adalah proses seseorang untuk memahami keadaan sekitarnya dan ia dapat melokalisir dirinya dalam hubungan dengan lingkungannya. Atau yang sering kita dengar yaitu perkenalan, dimana seorang karyawan baru dituntut untuk dapat cepat dalam hal perkenalan dan memahami lingkungan kerja dengan baik.

 

2.      Tujuan Orientasi

Tujuan orientasi adalah untuk membantu seseorang memahami sekitarnya dengan baik. Tujuan orientasi dalam lingkup perusahaan adalah untuk membantu karyawan baru dapat bekerja dengan baik, sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerjanya yang pada akhirnya akan mendukung pencapaian tujuan perusahaan. Tujuan utamanya agar peningkatan kinerja karyawan secara individu dalam sebuah perusahaan bisa tercapai.

Tujuan lainnya yaitu :

a.      Karyawan bisa beradaptasi dan berinteraksi dengan kondisi lingkungan baru yang dimasuki.

b.      Karyawan mampu memahami organisasi dan budaya perusahaan seperti visi, misi, nilai inti, hingga kegiatan operasional perusahaan.

c.       Bekal karyawan sebelum ditempatkan ditempat kerja masing – masing.

d.      Membuat karyawan baru merasa diterima dan menjadi bagian dalam tim perusahaan.

e.      Menghindari masalah yang mungkin terjadi saat karyawan baru menerima tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaannya.

 



3.      Manfaat Orientasi

Berikut merupakan beberapa manfaat dari orientasi bagi karyawan baru :

a.      Mengurangi perasaan diasingkan, dan kebimbangan karyawan baru.

b.      Dalam waktu yang relative singkat pegawai baru bisa merasa menjadi bagian dari organisasi.

c.       Hasil lain untuk pegawai baru yang diorientasikan adalah cukup baik, tingkat ketergantungan kecil, kecendrungan untuk keluar dari perusahaan juga kecil, dan program orientasi juga akan mempercepat sosialisasi.

d.      Orientasi merupakan bagian dari perkenalan yang ditujukan untuk membuat karyawan menjadi lebih berkompeten.

e.      Manfaat dari orientasi untuk karyawan baru juga bisa membuatnya lebih percaya diri dan optimis. 


 


Kesimpulan

            Bagi karyawan baru, adanya orientasi atau perkenalan serta bimbingan merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk mereka agar dapat lebih cepat paham dan masuk kedalam budaya serta lingkungan tempat mereka bekerja. Berdasarkan pengalaman saya yang bekerja disalah satu perusahaan farmasi, saya mendapat orientasi dan diperkenalkan kepada seluruh staf dari setiap bagian dimana saya dapat menghabiskan waktu satu hari untuk mengenal karyawan yang bekerja minimal yang akan sering berinteraksi dengan saya pada saat sudah bekerja kedepannya, saya juga di perkenalkan dengan beberapa tempat bersamaan dengan aturan dan larangan yang boleh dan tidak boleh dilakukan di area tersebut. Orientasi ini sangat bermanfaat bagi karyawan baru karena akan mempercepat proses interaksi satu sama lain dan dapat dengan cepat membentuk kepercayaan diri, sehingga melakukan pekerjaan jadi lebih mneyenangkan dan kompeten dalam melakukan pekerjaan kedepannya.

 

Daftar Pustaka

      Amalia, Dessy Nur. Kewirausahaan 2. Universitas Mercu Buana

      https://hot.liputan6.com/read/4323135/orientasi-adalah-perkenalan-berikut-tujuan-dan-manfaatnya-bagi-karyawan-baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar