Maret 10, 2022

PENGEMBANGAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DI KALANGAN MAHASISWA DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI DIGITAL

 

Oleh : Rianza Agiftian @U20-RIANZA



A.   PENDAHULUAN

Wirausaha adalah menciptakan pekerjaan baru dengan ide atau inovasi baru yang kreatif guna memenuhi kebutuhan hidup dalam jangka panjang. Saat ini jumlah wirausaha di Indonesia baru mencapai 3,3% populasi dan masih tertinggal dengan Thailand, Malaysia, dan Singapura. Pemerintah menargetkan Indonesia harus bisa mengejar ketertinggalan dengan menciptakan pengusaha yang lebih banyak dibanding pekerja khususnya di kalangan mahasiswa.

Banyak dari lulusan perguruan tinggi negeri menargetkan setelah lulus harus mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan dengan berbekal pengetahuan yang bersifat teoritis yang sudah di dapatkannya melalui mata kuliah. Faktanya, meski seorang lulusan perguruan tinggi, tidak mudah seseorang diterima di suatu pekerjaan sehingga mudah menambah jumlah pengangguran. Hal ini diharapkan mahasiswa mampu membangun jiwa kewirausahaan dengan menciptakan berbagai ide dan inovasi yang kreatif, kemudian mampu memafaatkan dan mengikuti perkembangan digital technology yang makin pesat sehingga akan menciptakan lapangan pekerjaan baru dan jumlah pengangguran menurun. Pemerintah dan beberapa instansi juga mendukung jika semangat kewirausahaan dapat ditanamkan oleh mahasiswa. Diharapkan seorang startup mampu memperbaiki perekonomian Indonesia yang mengalami krisis dan mengejar ketertinggalan. Sehingga Indonesia mampu atau setidaknya mengimbangi beberapa negara yang mempunyai populasi wirausaha lebih banyak.


Penulisan ini bertujuan untuk :

1.      Memotivasi mahasiswa dalam membangun jiwa kewirausahaandengan ide dan inovasi baru yang kreatif.

2.      Peran digital techology yang semakin berkembang cepat dan bagaimana cara memanfaatkannya.

3.      Menunjukkan bagaimana pemerintah dan instansi lainnya mendukung mahasiswa dalam menciptakan sebuah wirausaha.


A.   PEMBAHASAN

Kebutuhan hidup yang semakin hari semakin banyak membuat banyak orang sibuk mencari pekerjaan. Pekerjaan merupakan suatu hal yang menjadi prioritas utama setelah lulus kuliah. Akan sangat mudah sekali jika pekerjaan tersebut sesuai dengan jurusan yang diambil saat kuliah. Namun, tidak sedikit beberapa lulusan perguruan tinggi yang masih belum mendapatkan pekerjaan, sehingga banyak juga yang menganggur.Ide dan Inovasi baru merupakan hal yang sangat mudah diciptakan oleh kalangan muda khususnya mahasiswa. Bersamaan dengan perkembangan digital technology yang semakin pesat serta ide dan inovasi baru yang sudah mereka ciptakan, diharapkan mahasiswa mampu membangun jiwa kewirausahaan. Apalagi, dengan adanya perkembangan digital technology yang semakin pesat, seharusnya potensi untuk menjadi seorang wirausahawan semakin mudah dan besar. Sehingga lulusan perguruan tinggi tidak hanya berkonsentrasi untuk mencari pekerjaan, namun juga menciptakan pekerjaan.

Berbicara tentang digital, masyarakat Indonesia merupakan negara dengan penggunaan internet terbesar di dunia yaitu 51%. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia mempunyai potensi untuk menjadi seorang wirausahawan yang go digital. Dengan jumlah populasi wirausaha di Indonesia yang masih tertinggal, sebenarnya dengan digital technology ini memungkinkan sekali untuk membuat wirausaha berbasis digital.

Ada beberapa contoh yang berhasil mengembangkan idenya menjadi bisnis yang sangat luar biasa yaitu Tirta Mandira Hudhi, founder Shoes and Care yang berawal dari hobi membersihkan sepatu, kemudian ada Nadiem Makarim seorang CEO PT. Gojek Indonesia yang berawal dari ia yang melihat permasalahan utama pengendara ojek yang menghabiskan banyak waktu untuk menunggu pelanggan, selanjutnya ada Iman Usman dan Adamas Syah Belva Devara sebagai CEO dan CO Founder Ruang Guru, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada beberapa mahasiswa yang berwirausaha, contohnya Ayu Kampez, Bobo Taichan, Swiwings, Byainilislach, dan masih banyak lagi. Dari beberapa contoh ini, beberapa kalangan muda seharusnya juga mampu melakukan startup. Meski tidak langsung besar, mengembangkan ide menjadi sebuah bisnis kecil-kecilan juga merupakan permulaan yang bagus.

Sebenarnya banyak dari kalangan mahasiswa yang memiliki niat untuk melakukan wirausaha, tetapi banyak juga mahasiswa yang mewurungkan niat nya karena keterbatasan dana, padahal ide mereka bisa saja menjadi inovasi baru dalam dunia bisnis. Kendala yang seperti ini sering kita jumpai, minim nya modal atau dana untuk menyewa atau membeli tanah sebagai lokasi berdirinya usaha. Ada beberapa cara untuk menepis kehawatiran tersebut, salah satunya yaitu dengan mamanfaatkan digital sebagai tempat berwirausaha, tak perlu memikirkan biaya sewa cukup gencar dalam berpromosi dengan menggunakan media online.

Sebuah bisnis online merupakan salah satu wadah yang dapat meringankan beban para usahawan mengenai biaya sewa-menyewa lokasi berdirinya usaha, dengan menerapkan bisnis online usahawan tentunya dapat menghemat pengeluaran dana, bisnis seperti ini yang sedang menjadi favorit para mahasiswa masa kini yaitu dengan membuka sebuah online shop. Membuka sebuah online shop merupakan sebuah permulaan yang bagus untuk menjadi seorang wirausaha. Meski beberapa orang haya menjadi reseller atau pihak ke 3, tetapi dengan memulai membuka bisnis seperti inilah mereka bisa belajar. Ketika seseorang membuka bisnis online seperti ini, maka secara tidak langsung ia akan belajar untuk merencanakan bagaimana agar bisnis online mereka mampu digandrungi di masyarakat maupun belajar untuk menghitung laba/rugi yang mereka terima.

Setelah mendapat ilmu bagaimana cara memgendalikan bisnis online dengan menerapkan sistem reseller, selanjutnya mahasiswa bisa menggunakan modalnya untuk menciptakan karya sendiri yang lebih kreatif seperti membuka e-clothingline, bisnis ini mudah di terapkan tentunya dengan strategi promosi yang lebih dikuatkan. Di awali dengan membeli bahan baku usaha seperti kain dan lainnya, dilanjut dengan proses setengah jadi sampai menjadi pakaian yang siap edar, kemudian pakaian yang siap edar tersebut di publikasikan di akun bisnis mereka.

Pemerintah sangat mendukung sekali jika jiwa kewirausahaan dapat diterapkan dalam diri mahasiswa. Hal ini juga mengacu pada mahasiswa yang sudah lulus perguruan tinggi untuk tidak terlalu berkonsentrasi mencari pekerjaan dan mulai menciptakan pekerjaan. Tidak hanya pemerintah, namun beberapa instansi seperti Kemenpora turut mendukung. Kemenpora telah melakukan Pelatihan Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda untuk mengenalkan bisnis, kemudian membuat ide kreatif dan mengubah mindset kalangan pemuda untuk bisa menciptakan suatu usaha. Dalam menciptakan suatu usaha tentu diperlukan beberapa strategi untuk menghasil usaha yang maju. Beberapa usulan strategi untuk seorang startup itu terdiri dari menentukan ide bisnis, mengetahui kebutuhan masyarakat, dan mengetahui kondisi pasar. 

1.      Tentukan ide bisnis yang akan anda lakukan sesuai dengan passion anda. Hal ini akan mudah bagi seorang startup untuk memulai usaha karena sudah mampu menguasai bidangnya.

2.      Mempelajari dan mengetahui keinginan pasar dan segmentasi pasar anda agar produk anda tidak salah sasaran.

3.      Menentukan strategi pencarian modal. Bisa dilakukan dengan mengikuti Pelatihan, Seminar, atau Mengikuti lomba.

4.      Setelah modal didapatkan, tentukan keberlanjutan bisnis yang akan anda lakukan. Dengan mempertahankan pelaksanaan bisnis agara dapat mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. Dengan memanfaatkan sumber daya serta digital technology, maka usaha yang dijalankan bisa diperkirakan akan semakin maju.

5.      Meningkatkan rasa percaya diri dan  optimis terhadap usahanya.

Seorang wirausahawan harus selalu mempunyai harapan bahwa  usahanya akan berkemban. Berbagai tantangan akan dihadapi dapat dengan mudah membuat  seorang startup akan cepat menyerah di tengah usahanya. Maka dari itu, seorang wirausahawan harus siap mengalami kegagalan dan tidak takut untuk mencoba lagi. Menjadi wirausahawan merupakan jalan bagi seseorang yang memang mempunyai ide kreatif dan memang mempunyai niat untuk mencukupi kebutuhan. Diharapkan dengan adanya jiwa kewirausahaan yang tertanam, kalangan muda bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri dan orang lain. Selain itu, juga dengan kewirausahaan kesejahteraan akan semakin bertambah, perekonomian Indonesia juga semakin maju, dan mampu mengejar ketertinggalan.


A.   KESIMPULAN

Tidak mudah seseorang dalam mencari pekerjaan. Meski seseorang tersebut merupakan lulusan perguruan tinggi dan mempunyai gelar sarjana, tidak bisa dengan mudah seseorang mencari pekerjaan hanya berbekal pengetahuan teoritis yang telah diterima pada saat kuliah. Banyak mahasiswa berkonsentrasi untuk menjadi seorang pekerja atau karyawan guna untuk memenuhi kebutuhan hidup selanjutnya. Faktanya, masih banyak lulusan perguruan tinggi yang belum dan susah mencari pekerjaan sehingga banyak juga yang masih menganggur.
Wirausaha merupakan jalan bagaimana seorang lulusan tidak hanya fokus mencari pekerjaan dan menjadi pekerja. Dengan mencari ide dan inovasi yang kreatif seseorang mampu membuat suatu usaha. Maka dari itu, jiwa kewirausahaan harus bisa ditanamkan di kalangan pemuda. Sehingga kalangan pemuda khususnya lulusan perguruan tinggi bisa tidak hanya mengembangkan ide serta inovasi baru, namun juga membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan. Sehingga dengan adanya ini, pereknomian Indonesia juga bisa berkembang dan juga bisa mengejar ketertinggalan.



REFERENSI

MODUL 1 KEWIRAHUSAAN

 Muchson, M. Buku Ajar Entrepreneurship (Kewirausahaan).

 Cibubur:Guepedia. Menkominfo. 2018. Strategi Kewirausahaan Digital.Jakarta:Seri Literasi Digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar