Maret 10, 2022

KARYA ILMIAH MEMANFAATKAN PELUANG BISNIS ONLINE


Disusun Oleh :

Nama                  :        ALDIANSYAH

NIM                    :        41420010027

Jurusan                :       Teknik Elektro

Universitas          :        Mercubuana Jakarta Barat 

Kode pembisnis  :        @U32-ALDIANSYAH

 

BAB 1

Pendahuluan 

Latar Belakang

       Masyarakat informasi diasoasikan dengan penggunaan internet. Sejak kemunculan internet hingga saat ini para pengguna internet selalu bertambah dari waktu ke waktu. Meledaknya jumlah pengguna internet telah merambah dalam berbagai sektor, salah satunya sektor ekonomi dan bisnis. Penggunaan internet sebagai sarana bisnis sangat berkembang cepat di era informasi. Hal ini terlihat dengan maraknya kemunculan berbagai bisnis online yang menawarkan aneka produk dan jasa yang tak terbatas baik untuk memenuhi segela kebutuhan seseorang. Peluang memasarkan produk dan jasa melalui media online untuk kedepannya akan semakin diminati masyarakat. Hasil survei Payment Solution terhadap negara-negara di seluruh dunia menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara dengan transaksi online paling tinggi se-asia pasifik, ungkap Iim Fahima Jachja, CEO Virtual Consulting (dalam female.kompas.com, 2012). Disamping itu pada tahun 2010, nilai pembelanjaan online masyarakat Indonesia saat ini hanya sekitar 0,1 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) atau sekitar Rp 2 triliun (230 juta dollar AS). Sehingga masih banyak peluang bisnis yang dapat diambil keuntungannya dari bisnis online (dalam female.kompas.com, 2011)

Rumusan Masalah

Ada 3 rumusan masalah dalam karya tulis ilmiah ini :

1.                  Apa pengertian bisnis online?

2.                  Bagaimana menjalankan bisnis online?

3.                  Apa kelebihan dan kekurangan bisnis online?

 

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian dalam karya tulis ilmiah ini adalah :

1.                  Menjelaskan pengertian bisnis online

2.                  Menjelaskan proses pelaksanaan bisnis online

3.                  Menjelaskan kelebihan dan kekurangan bisnis online

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

Pengertian Bisnis Online

       Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online dengan menggunakan jaringan internet, sedangkan informasi yang akan disampaikan atau dijual biasanya menggunakan media website atau aplikasi. Bisnis online memiliki prospek yang cukup besar di masa mendatang, karena kini hampir semua orang menginginkan kepraktisan dan kemudahan dalam hal memenuhi kebutuhan sehari-hari. (Majda, 2015)

Adapun bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online biasanya menggunakan jaringan internet sedangkan informasi yang akan disampaikan atau dijual biasanya menggunakan  media transpotasi online,website, jejaring sosial dan forum jual beli.

 

 

 

Pelaksanaan Bisnis Online

1.Bisnis Transportasi Online di Indonesia 

        Transportasi online merupakan transportasi yang berbasis suatu aplikasi tertentu, dimana konsumen memesan suatu sarana transportasi melalui sistem aplikasi di dalam smartphone. Saat konsumen melakukan pemesanan dengan menggunakan aplikasi, detail pemesanan seperti jarak tempuh, harga, identitas pengemudi, lama waktu pengemudi tiba ke lokasi konsumen, serta data perusahaan pengelolanya sudah langsung tersaji pada layar smartphone konsumen. Seluruh identitas pengemudi sudah diketahui secara pasti karena perusahaan pengelola telah melakukan proses verifikasi terlebih dahulu sebelum melakukan kerja sama kemitraan dengan pengemudi. 

       Dengan adanya transportasi online, para penumpang kini tak perlu lagi menghampiri pangkalan ojek ataupun tak perlu lagi menunggu di pinggir jalan 8 untuk mendapatkan taksi. Selain itu, para penumpang juga tidak harus terlibat dalam proses tawar-menawar karena tarif yang sudah ditentukan berdasarkan jarak tempuh. Ketika terjebak kemacetan di jalan, penumpang tidak perlu khawatir mengenai tarif yang membengkak seperti pada saat menaiki transportasi berargometer, karena tarif yang sudah ditentukan di awal perjalanan dengan berdasarkan jarak tempuh.

 

 


Tampilan Tarif Go-Jek Berdasarkan Jarak Tempuh

 

       Tidak bisa dipungkiri, masyarakat di kota-kota besar kini sedang menggandrungi transportasi online dengan menggunakan aplikasi smartphone. Selain bisa menghemat waktu, transportasi online juga bisa menghemat uang karena banyaknya promo yang ditawarkan. Cukup dengan mengunduh aplikasi di smartphone, lalu melakukan registrasi pada aplikasi tersebut, kemudian mencantumkan lokasi penjemputan dan pengantaran, maka dalam hitungan menit pelaku jasa transportasi siap mengantarkan penumpang ke tempat tujuan. 9 Perubahan gaya hidup inilah yang dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk memulai persaingan usaha dalam bisnis transportasi online. (Anonim, 2015)

2.Website

Website merupakan media online yang paling lama di gunakan untuk jual beli. Bagi orang awam pembuatan website biasanya di serahkan pada perusahaan atau perorangan yang menjual jasa pembuatan website. Harganya sangat variatif tergantung pada jenis website yang kita inginkan.

Bisnis online menggunakan website ini keutungannya terlihat lebih profesional namun karena pembuatan website membutuhkan biaya hal ini tidak disarankan bagi yang baru mau membuka bisnis online. Para pemula bisnis online sebaiknya menggunakan fasilitas gratis terlebih dahulu, seperti yang akan saya terangkan di bawah ini, sebelum memutuskan membuat website. Jika market sudah terbentuk, brand sudah dikenal dan mempunyai banyak pelanggan maka kita bisa memulai membuat website.

3.Blog

Blog hampir mirip dengan website namun bisa kita buat secara gratis. Tampilan blog akan sangat tergantung pada kemampuan kita membuat blog. Kebanyakan toko online yang menggunakan blog tampilannya sangat sederhana, hanya berupa gambar – gambar yang disusun secara vertikal. Akan tetapi ada juga beberapa toko online yang walaupun menggunakan blog tetapi tampilannya seperti website.

4.Jejaring sosial :

Saat ini media yang paling populer untuk berbisnis online adalah jejaring sosial. Berikut ini adalah 3 jejaring sosial yang paling banyak digunakan untuk bisnis :

Facebook

Facebook adalah jejaring sosial yang paling banyak di gunakan penggunanya untuk melakukan jual beli. Jual beli di facebook dapat dilakukan melalui akun pribadi, group, maupun fasilitas fanspage (halaman) yang disediakan oleh facebook. Dari 3 artenatif tersebut yang paling cocok digunakan untuk jual beli adalah fanspage. Bisa dikatakan fanspage ini seperti sebuah toko, group seperti sebuah pasar, dan akun pribadi seperti sebuah rumah. Melihat hal ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa untuk terlihat profesional dan mempermudah bisnis kita dapat membuat fanspage, namun untuk promosi secara gratis kita dapat mengikuti forum jual beli yang ada di group. Selain itu sebenarnya facebook juga menyedikan layanan promosi fanspage, namun tentu saja ini tidak bisa di gunakan secara gratis. Kita harus membayar jika ingin dipromosikan oleh facebook.


 

Twitter

Twitter juga jejaring sosial yang marak digunakan untuk jual beli. Namun di twitter tidak ada fasilitas khusus untuk jual beli seperti di facebook, jadi kita hanya membuat akun baik pribadi maupun bisnis kemudian menawarkan produk yang kita punya dengan menguggah fotonya.



Instagram

Instagram adalah jejaring sosial yang saat ini sangat diminati untuk jual beli. Hal ini dikarenakan dalam instagram sperti ada dunia tersendiri. Disini ada akun bisnis yang mereka biasanya melakukan berbagai cara untuk promosi, seperti : SFS (shout out for shout out) atau istilah indonesianya seperti barter promo, jadi kita mempromosikan akun instagram atau yang sering disebut IG milik orang lain. Selain SFS personal (antar 2 akun) ada juga SFS group, ini seperti promo berjamaah, beberapa akun membuat suatu gambar kemudian diketerangan gambar tersebut diisi identitas masing – masing akun. SFS ada yang gratis ada juga yang berbayar tergantung akun yang kita ajak SFS. Selain SFS ada juga endorse, ini merupakan jenis promosi dengan cara memberikan barang kita secara gratis kepada selebram (selebritis instagram) kemudian akun selebram akan menggunakan produk kita sambil mempromosikan.

Karena di instagram hanya bisa mengunggah foto dan memberi keterangan dibawahnya maka komunikasi dilakukan menggunakan media lain, namun hampir 90% komunikasi di instagram menggunakan line.



5.Forum jual beli :

Ada banyak sekali forum jual beli di dunia maya, beberapa diantaranya yang populer adalah :

kaskus.co.id berniaga.com tokobagus.com tokopedia.com indonetwork.com

 

Cara beriklan di forum jaul beli seperti di atas adalah dengan membuat akun dan mengunggah foto. Berjualan di forum jual beli tergolong efektif karena banyak orang yang melihat. Semua tergantung pada kata kunci yang kita gunakan diketerangan foto tersebut. Semakin bagus pilihan kata, semakin banyak orang yang dapat mengakses foto kita.

Aplikasi Handphone

BBM (Blackberry Messenger)

WhatssApp

Line Kakaotalk weChat

 

Kebanyakan dalam aplikasi tersebut ada fasilitas group sehingga kita bisa mengundang orang dan mempromosikan produk kita didalam group kepada orang – orang yang menjadi anggota group.

 

Kelebihan dan kekurangan bisnis online

Kelebihan

1.  Mudah dijalankan

Dengan berkembangnya dunia internet, saat ini sangat mudah untuk membuka toko online. Cukup dengan membuat akun di media sosial atau berbagai marketplace, toko online sudah dapat dibuka. Siapa saja berkesempatan berjualan online, baik remaja, ibu rumah tangga, bahkan kini banyak anak kecil yang sudah memulai bisnis di dunia maya.   

2.  Jangkauan pasar lebih luas

Jangkauan dunia internet yang sangat luas tentu saja berpengaruh dengan bisnis online. Jarak antara pemilik toko dan konsumen tidak menjadi penghalang keduanya untuk melakukan transaksi jual beli. Pemasaran toko online tidak hanya terbatas di area lokal saja, bisa lebih luas bahkan hingga nasional maupun internasional..

3.  Modal yang diperlukan tidak terlalu besar

Toko online bisa dibentuk hanya dengan bermodalkan ponsel dan kuota internet. Kini ada sistem reseller dan dropship yang akan memudahkan untuk memulai bisnis walaupun tanpa modal. Sistem reseller memudahkan orang yang ingin menjual sesuatu namun belum mampu memproduksi sendiri.

Pelaku reseller akan menyetok barang seperti toko-toko pada umumnya. Namun stok barang untuk reseller online lebih sedikit dan hanya dijadikan sebagai contoh.

Jika beruntung mendapatkan agen yang berada dalam satu daerah, pemilik toko online tidak perlu menyetok sama sekali. Cukup mengambil produk ketika ada konsumen yang telah memesan saja. Selain reseller, ada sistem dropship yang lebih memudahkan lagi.

Pada sistem dropship bahkan tidak perlu menyetok barang dan melakukan pengiriman produk. Seorang dropshipper cukup melakukan kegiatan promosi dan pemasaran saja. Penyediaan dan pengiriman produk nantinya akan ditangani oleh agen pemilik produk.

Sistem ini lebih mudah dan membutuhkan modal yang lebih kecil, namun keuntungan yang didapat juga tidak terlalu besar.       

4.  Tidak memerlukan tempat

Sebuah toko online tidak memerlukan tempat secara fisik untuk menampung segala jenis produk dan sebagai tempat bertransaksi. Akun media sosial dan toko di berbagai marketplace yang telah dibuat merupakan wadah untuk melakukan proses jual-beli. Toko-toko ini dapat dikontrol dari mana saja. Baik ketika dalam perjalanan maupun sedang berada di rumah.

5.  Memerlukan karyawan yang lebih sedikit

Karena sistem yang lebih simpel, pemilik toko online tidak perlu meluangkan banyak waktu dan biaya untuk merekrut karyawan. Penyetokan dan pengiriman barang biasanya dapat dilakukan oleh satu atau dua orang saja.

Namun, jika bisnis online berkembang dengan sangat pesat dan mendapatkan pesanan yang signifikan, Anda bisa mempertimbangkan untuk mempekerjaan beberapa karyawan untuk mempermudah pekerjaan.

6.  Waktu fleksibel

Aktivitas di dunia maya berjalan selama 24 jam dalam sehari, begitu dengan toko online. Karena tidak ada batasan jam, maka pemilik toko online tetap bisa melakukan aktivitas jual beli bahkan saat dini hari.

7.  Produk yang dijual bervariasi

Ini yang menjadi alasan mengapa banyak konsumen berbondong-bondong belanja secara online. Barang yang disediakan bervariasi. Hal ini juga berlaku pada pemilik toko. Banyak yang lebih memilih berjualan secara online karena bisa menyediakan barang apa saja dan dari agen mana saja selama itu diminati oleh konsumen.

 

Kekurangan

1.Persaingan ketat

Kemudahan prosedur pembuatan akun toko serta jangkauan yang sangat luas membuat persaingan pada bisnis online juga cukup ketat. Pemilik toko online tidak hanya bersaing dengan pedagang lokal, tetapi juga internasional.

2.  Kredibilitas diragukan

Salah satu yang membuat kepercayaan terhadap toko online rendah adalah karena barang yang dibeli tidak bisa dicoba terlebih dahulu oleh konsumen. Oleh karena itu, pemilik toko harus memastikan seluruh barang yang dijual sudah berkualitas baik ketika dikirim.

Apabila ada produk yang tidak sesuai, pemilik toko harus bertanggung jawab untuk menggantinya. Kekurangan lainnya adalah pemilik toko tidak melayani konsumen secara langsung ditambah dengan banyaknya penipuan di bisnis online yang membuat kredibilitas toko online sering diragukan.

3.  Konektivitas internet

Transaksi pada bisnis online berjalan sangat cepat. Konektivitas internet yang buruk walau dalam jangka waktu yang pendek pun akan berdampak besar. Pemilik toko online bisa rugi hingga jutaan rupiah karena konsumen bisa dengan mudah beralih mencari penjual lain yang mampu melayani lebih cepat.

 

KESIMPULAN

Dari pembahasan dapat kita simpulkan bahwa saat ini bisnis online sedang sangat berkembang. Kita dapat ikut andil memanfaatkan bisnis online ini dengan menjual berbagai produk. Cara yang dilakukan dalam menjalankan bisnis online bisa melalui website, blog, forum jual beli, dan jejaring sosial, seperti facebook, twitter, dan instagram. Beberapa kelebihan bisnis online antara lain : memberikan keuntungan baik materi maupun non materi. Keuntungan materi yang diperoleh dari bisnis online tidak kalah besar dibandingkan bisnis offline, karena biaya operasional bisnis online yang cenderung masih rendah. Selain itu keuntungan non materi dengan bertambah luasnya jaringan, juga sangat membantu perkembangan bisnis online yang dijalankan sedangkan kekurangan bisnis online adalah Bagi para orang awam, masalah pembayaran menjadi sesuatu yang membingungkan dan cukup menyulitkan. Belum lagi ketakutan bila pembayaran tidak terkirim maupun barang tidak diterma.

 

 

PENUTUP

Demikian karya tulis ini saya buat, semoga dapat memberikan manfaat ke para pembaca.

 

DAFTAR PUSAKA

http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-Jurnal-FITRIANA%20RAHAYU.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/11471/4/TS150893.pdf https://www.jurnal.id/id/blog/toko-offline-vs-online-kelebihan-kekurangannya/

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.