Maret 15, 2022

wirausaha di bidang industri

 

 

 wirausaha di bidang industri

Oleh : Eggy Aditya Martasani(@U30-EGGY)

 

Abstrak

Industri adalah usaha atau kegiatan pengolahan barang mentah atau setengah jadi menjadi barang konsumsi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan bagi produsen. Usaha perakitan dan reparasi juga merupakan bagian dari industri. Hasil industri tidak hanya berupa barang, namun juga berbentuk jasa.usaha di bidang industry bisa dibilang usaha yang akan terus berkembang dan terus maju maka dari pengusaha yang bergerak di bidang indsustri tidak boleh ketinggalan zaman atau bisa dibilang tidak boleh kurang update akan kemajuan bisnis di bidang industry.

Lalu pesaing di bidang industry pun banyak tidak satu dua orang saja karena para pengusaha sudah tau bahwa di bidang industry kemajuan usaha nya sangat cepat dan tepat apabila pengusaha tersebut memiliki banyak ide ide baru,relasi,dan peluang yang ia dapat bisa berhasil dan tidak di sia sia kan.pengusaha di bidang industry bisa dibilang tempat nya bagi lapangan pekerjaan yang akan dicari oleh para pekerja karena lapangan kerja yang luas pasti ada di bidang industry karena dia membuat,mengelola barang mentah agar di jadikan lalu di kirim ke konsumen dalam bentuk yang sempurna

Pembahasan



 

 

Manfaat membuat usaha di bidang industri

1)    meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran.

Seperti yang saya sudah jelaskan bahwa bidang industry pasti akan sangat berguna untuk orang banyak karena ini bisa dibilang suatu sumber rezeky bagi pekerja yang belum mendapatkan pekerjaan,usaha di bidang industry itu bisa membuat lapangan pekerjaan yang banyak lalu membuat perekenomian pekerja pun ada pemasukan dan usaha yang dibangun bisa bekerja dengan baik karena banyak nya pekerja yang akan berlomba lomba untuk mendapatkan pekerjaan.

2)      meningkatkan devisa negara apabila diimpor keluar negeri.

Devisa negara adalah alat pembayaran dalam setiap perdagangan internasional atau perdagangan antar-negara. Sederhananya, devisa negara adalah uang yang dipakai untuk membeli barang dari luar (impor). Bagi para pengusaha yang membangun usaha nya di bidang industry ini sangat membantu tidak hanya untuk pekerja di dalam negeri tapi ini sangat berguna untuk Negara.

3)      meningkatkan pengolahan bahan mentah yang telah tersedia.

Indonesia bisa dibilang sumber daya alam nya sangat berlimpah maka dari itu para anak bangsa harus bisa memanfaatkan apa yang sudah ada di Negara sendiri,sumber daya alam yang berlimpah dengan cara mengelola itu semua menjadi suatu yang bisa di buat dengan baik,bermanfaat serta menguntungkan.

4)      memberikan keragaman bahan yang akan digunakan oleh konsumen.

Bahan yang dibuat dari bahan mentah menjadi sesuatu ialah tugas dari wirausaha di bidang industry serta apa yang sudah di buat matang akan di teruskan ke konsumen dengan mengutamakan kepuasaan konsumen atas bahan yang belum menjadi apa apa itu menjadi sempurna dan dapat di gunakan.

5)     mengurangi konsumtif konsumen warga terhadap barang-barang luar negeri.

Seperti hal nya penguasaha di dalam negrim,pengusaha dari luar negeri juga tidak mau kalah untuk memperkenalkan barang barang yang ia buat ke dalam negeri kita ini,tapi kita juga tidak boleh kalah para pengusaha dalam negeri harus membuat barang ekspor dari luar kalah dengan barang buatan dalam negeri atau buatan anak bangsa yang mendirikan usaha nya di dalam negeri kita ini.

 

macam macam usaha di bidang industri



1.industri premier

Industri primer, adalah industri yang barang-barang produksinya bukan hasil olahan langsung atau tanpa diolah terlebih dahulu. Contohnya adalah hasil produksi pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan sebagainya.bidang industri ini bisa di bilang sangat berperan penting dalam bahan pangan di masyarakat para pengusaha yang membangun  di bidang premier ini sangat berguna bagi masyarakat banyak dan berguna bagi keuntungan sendiri maupun Negara dan membantu perekonomian.

2. industri konstruksi

Industri kontruski adalah industri yang bergerak di bidang pembangunan tidak hanya membangun gedung,bisa juga jasa ini membangun jembatan,tower,dan masih banyak lagi,industri sangat berperan penting dalam kemajuan di bidang pembangunan terlebih untuk Negara karena akan memberikan sdm yang berkualitas untuk membangun negri ini.

3. industri jasa

Industrsi jasa adalah bidang industri yang bergerak di bidang memberika pengunaan jasa seperti perhotelan,pariwisata,serta hiburan di bidang ini lebih di pentingkan tenaga untuk membangun bidang industri jasa ini karena harus siap memberikan pelayanan tenaga terbaik nya untuk yang memerlukan di bidang ini.

 

 

4. industri manufaktur

Industri manufaktur adalah industri bergerak di bidang yang mengubah bahan baku menggunakan mesin dan tenaga kerja.industri ini sering di gunakan di pabrik pabrik besar seperti pabrik automotif,kimia,tekstil dan yang menggunakan mesin berat lain nya.

Kesimpulan

Kesimpulan yang saya dapatkan setelah membuat artikel ini ialah bahwa wirausaha di bidang industry itu sangatlah banyak sekali dan juga peluang bagi para pengusaha yang ingin membangun usaha nya di bidang ini sangat lah besar karena bergerak usaha di bidang mempunyai banyak aspek yang menguntungkan satu sama lain dan tidak merugikan bahkan nilai plus yang di dapat ialah bisa membantu banyak orang dengan membuka lapangan pekerjaan terutama bidang industri manufaktur yang membuat bahan menjadi barang siap pakai,untuk para pengusaha yang ingin memulai bisnis nya di bidang ini saya harap bersabar dan mempunyai sikap pantang menyerah untuk merintis bisnis ini menjadi bisnis yang maju

 

Refrensi

Modul 2

https://kamus.tokopedia.com/i/industri/#:~:text=Industri%20adalah%20usaha%20atau%20kegiatan,barang%2C%20namun%20juga%20berbentuk%20jasa.

https://brainly.co.id/tugas/3295378#:~:text=manfaat%20industri%3A%201)%20meningkatkan%20jumlah,bahan%20mentah%20yang%20telah%20tersedia.

https://brainly.co.id/tugas/3295378#:~:text=manfaat%20industri%3A%201)%20meningkatkan%20jumlah,bahan%20mentah%20yang%20telah%20tersedia.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.