Maret 15, 2022

Pentingnya Kewirausahaan Bagi Mahasiswa

 

Pentingnya Kewirausahaan Bagi Mahasiswa

Oleh : Muhamad Ilham Sudrajat(@U27-ILHAM)

 

Abstrak

Mata kuliah kewirausahaan merupakan salah satu mata kuliah yang diberikan kepada para mahasiswa yang sedang menempuh jalur pendidikan tingkat sarjana di perguruan tinggi ataupun di universitas- universitas yang ada di Indonesia. Pemberian mata kuliah kewirausahaan tidak hanya untuk jurusan-jurusan tertentu, akan tetapi mata kuliah ini diberikan kepada seluruh jurusan dan bahkan menjadi salah satu mata kuliah wajib yang harus di ambil oleh mahasiswa. Wajibnya pemberian mata kuliah ini di jenjang perguran tinggi atau univeristas merupakan tindak lanjut akan pentingnya kewirausahaan bagi mahasiswa.

Pentingnya mata kuliah kewirausahaan diberikan kepada mahasiswa karena mahasiswa merupakan harapan bangsa untuk memajukan bangsa Indonesia. Kita ketahui bersama, Indonesia sampai sekarang masih merupakan Negara berkembang dan belum berhasil menjadi suatu Negara yang maju. Negara yang maju adalah suatu negara yang mampu memberikan peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat yang tinggal dalam negara tersebut, sedangkan di Indonesia masih banyak masalah kesejahteraan masyarakat yang menjadi pekerjaan rumah untuk bangsa Indonesia. Selain hal tersebut, ada tantangan lain yang harus di hadapi oleh Negara kita yaitu masih kurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan yang sudah pasti menyebabkan jumlah pengangguran di Indonesia bertambah dan hal inipun berdampak pula pada kesejahteraan masyarakat di Indonesia.

Pembahasan



Pentingnya wirausaha bagi kesejahteraan suatu bangsa tidak lagi diragukan kebenarannya. Sehingga menambah jumlah wirausaha di sebuah negara termasuk Indonesia menjadi kunci untuk bangsa yang sejahtera. Dalam ranah pendidikan, persoalannya menyangkut bagaimana dikembangkan praksis pendidikan yang tidak hanya menghasilkan manusia terampil dari sisi ulah intelektual, tetapi juga praksis pendidikan yang inspiratif-pragmatis. Praksis pendidikan, lewat kurikulum, sistem dan penyelenggaraannya harus serba terbuka, eksploratif, dan membebaskan. Di era abad 21 ini, perkembangan jumlah populasi manusia di dunia semakin meningkat. termasuk juga di indonesia, jumlah manusia di indonesia pada sensus penduduk 2010, mencapai lebih dari 400 juta jiwa. Seiring dengan perkembangan populasi yang semakin tumbuh dengan pesatnya, semakin tinggi pula tingkat pengangguran manusia pada usia produktif karena kesulitan mencari lapangan pekerjaan.

Dikalangan mahasiswa minat untuk bergelut di bidang wirausaha boleh dikata masih sangat minim, sehingga masih berpikir bahwa kuliah hanya untuk menjadi karyawan atau pegawai. Selain itu, ada beberapa faktor yang menyebabkan mahasiswa kurang berminat untuk berwirausaha yaitu tidak ada modal untuk memulai usaha, atau tidak pernah dibekali dengan pengetahuan seputar wirausaha. Padahal sebenarnya gelar sarjana tidak menjamin seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. Pola pikir mahasiswa yang demikian perlu dibenahi agar dapat lebih memahami seberapa besar peranan wirausaha dalam kehidupan sehari-hari. Peran pendidikan khususnya pada perguruan tinggi sangat penting untuk menumbuhkan minat mahasiswa dalam berwirausaha sehingga terbatasnya lapangan pekerjaan tidak lagi menjadi masalah besar karena mahasiswa sudah mampu menjalankan usaha sendiri. Untuk lebih meningkatkan kemampuan mahasiswa, pemerintah sudah memberi wadah bagi mahasiswa yang mau belajar.

Mahasiswa harus mengembangkan sikap kreatif



Kreativitas merupakan proses yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan. Akan tetapi, kemampuan ini berbeda antara satu orang dan orang lainnya. Kemampuan dan bakat merupakan dasarnya, tetapi pengetahuan dari lingkungannya dapat juga memengaruhi kreativitas seseorang. Karena kreativitas merupakan cara pandang yang sering dilakukan secara tidak logis, proses ini melibatkan hubungan antarbanyak hal yang kadang kadang tidak terpikirkan oleh orang lain. Seorang  wirausaha yang memiliki daya pengembangan kreativitas yang tinggi dapat merombak dan mendorongnya dalam pengembangan lingkungan usahanya agar berhasil. Hal ini karena dengan kreativitas, seorang wirausaha dapat:

a) Meningkatkan efisiensi kerja

b) Meningkatkan insiatif

c) Meningkatkan penampilan

d) Meningkatkan mutu produk

e) Meningkatkan keuntungan

Ada beberapa yang perlu diperhatikan oleh wirausaha yang kreatif dalam mencari informasi yang penting bagi usahanya:

a) Informasi tentang kepribadian dan kemampuannya

b) Peluang pasar

c) Peluang usaha yang menguntungkan perusahaan

d) Pemasok barang

e) Kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap produk

f) Persaingan dalam dunia usaha

g) Lingkungan usaha yang dihadapinya

 

 

Manfaat Kewirausahaan Bagi Mahasiswa

Manfaat kewirausahaan dapat dirasakan oleh diri sendiri maupun orang lain. Kewirausahaan merujuk kepada kemampuan, perilaku, sikap serta semangat seseorang dalam menangani usaha atau bisnis yang didirikan sendiri. Tujuan dari kewirausahaan tersebut tak lain adalah untuk menciptakan sesuatu yang baru, meningkatkan efisiensi, memberikan pelayanan yang lebih baik pada pelanggan, serta memperoleh manfaat yang lebih besar.Oleh karena itu setiap orang diharapkan memiliki pemahaman kewirausahaan dengan baik sejak usia muda. Kewirausahaan dapat memberikan dampak yang positif di kehidupan pada masa mendatang. Terutama dalam bidang perekonomian yang tentunya membutuhkan masyarakat dengan jiwa kewirausahaan yang tinggi supaya dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik. Selain itu manfaat lainnya dari kegiatan kewirausahaan dalam bidang perekonomian adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Penerapan konsep kewirausahaan dalam membangun bisnis atau usaha mandiri dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Meliputi pelaku wirausaha itu sendiri serta orang lain yang berada di sekitar mereka. Kewirausahaan mendorong masyarakat untuk secara mandiri menjawab semua masalah yang ada di sekitarnya dengan berpikir kreatif tanpa harus menunggu tindakan dari pemerintah. Dengan begitu secara langsung masyarakat juga meningkatkan taraf hidupnya melalui usaha atau bisnis yang dikembangkannya.

2. Meningkatkan Pendapatan Nasional

Inovasi termasuk hakekat penting dalam konsep kewirausahaan. Adanya inovasi dari pelaku wirausaha dapat meningkatkan jumlah permintaan terhadap suatu produk. Tingginya permintaan, maka jumlah produksi pun semakin naik. Inilah yang kemudian akan tercatat dalam pendapatan nasional. Di dalam pendapatan nasional tercatat nilai output akhir dari semua produk yang baru diproduksi dalam satu tahun. Dengan adanya peningkatan jumlah produksi, maka pendapatan nasional negara juga akan ikut meningkat. Dari sinilah dapat diukur tingkat kegiatan ekonomi negara dalam satu tahun.

3. Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Kewirausahaan juga berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat Indonesia. Dengan terciptanya lapangan pekerjaan baru, masyarakat memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan. Dampaknya, taraf hidup masyarakat pun meningkat sehingga perekonomian negara menjadi lebih baik.

4. Mengurangi Kesenjangan Ekonomi dan Sosial

Kesenjangan ekonomi dan sosial tidak hanya mengacu pada meningkatnya jumlah kemiskinan. Melainkan juga salah satunya dikarenakan kurangnya penyediaan lapangan kerja. Masyarakat terbiasa menunggu hadirnya lowongan pekerjaan baru sesuai dengan kualifikasi yang mereka miliki. Padahal masyarakat bisa menerapkan konsep kewirausahaan untuk membuka lapangan kerja sendiri.

5. Mengubah dan Meremajakan Pasar

Kewirausahaan juga bermanfaat dalam mengubah serta meremajakan pasar. Ide-ide kreatif pelaku usaha dapat melahirkan produk yang baru dan berbeda sehingga dapat menciptakan pasar yang sebelumnya tidak mendapat perhatian dari pengusaha lainnya. Inovasi juga dapat meremajakan pasar dengan menciptakan persaingan bisnis yang sehat dimana para pengusaha berlomba-lomba menciptakan produk yang lebih baik dengan memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya.

 

Kesimpulan

Peluang bagi mahasiswa untuk menjadi wirausaha di Indonesia itu masih banyak dan luas jadi kita sebagai  warga negara Indonesia harus memiliki ide untuk membuka lahan usaha kedepannya, untuk bisa membuka lapangan kerja bagi pangungguran sehingga di negara kita makin sedikit jumlah penganggurannya. Hal yang paling penting sebelum menjadi wirausaha kita harus memperbanyak pengalaman agar kita bisa mengatasi keuntungan dan kerugiannya, karena dalam usaha tidak bisa menentukan kapan kita mendapatkan keuntungan dan kerugian. Jadi memperbanyaklah usaha jangan mudah putus asa karena untuk menjadi wirausaha harus kuat mental.

 

Refrensi

Modul 2

https://blog.investree.id/bisnis/inilah-5-manfaat-kewirausahaan-dalam-bidang-perekonomian/

https://campuspedia.id/news/pentingnya-berwirausaha-bagi-mahasiswa-di-masa-perkuliahan/

https://edukasi.okezone.com/read/2015/02/24/65/1110070/alasan-wirausaha-penting-bagi-mahasiswa

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.