April 03, 2022

Menggali Potensi Diri Untuk Lebih Percaya Diri Menjadi Wirausaha

  Menggali Potensi Diri Untuk Lebih Percaya Diri Menjadi Wirausaha

Riyanto Samudra (@U12-RIYANTO) 

Universitas Mercu Buana 

Jl. Meruya Selatan No. 1 Kembangan, Jakarta Barat 

41419010015@student.mercubuana.ac.id 

Abstark 

Artikel ini mengkaji tentang menggali potensi diri untuk lebih percaya diri menjadi  wirausaha. Kajian ini dilatarbelakangi banyaknya pengetahuan tentang potensi diri.  Mengenal potensi diri dalam rangka mengembangkan diri sebagai seorang  wirausahawan yang potensial, kita perlu mengenali siapa diri kita sebenarnya dan  bagaimana orang lain menilai diri kita. Untuk menilai diri sendiri, proses awal  adalah kita harus mengetahui kelemahan yang ada dalam diri kita dan  memperbaikinya, yang kedua adalah mengenali potensi apa yang terdapat dalam  diri kita yang selanjutnya kita ubah menjadi sebuah kompetensi yang dibungkus  dengan atitude yang baik, kemudian kita bisa meraih apa yang kita inginkan  (kesuksesan). Kewirausahaan dimaknai sebagai semangat, sikap dan perilaku atau  kemampuan seseorang dalam melihat peluang, menangani usaha dan atau kegiatan  yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja,  teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka  memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang  lebih besar 

Kata Kunci : Kewirausahaan, potensi, wirausaha 

PENDAHULUAN 

Menjadi Wirausaha, sudah merupakan pilihan yang tepat untuk Insan Muda  dan Generasi saat ini, karena dengan berwirausaha, akan memiliki kehidupan dan  penghidupan mandiri yang lebih jelas dan membuat kita lebih percaya diri dengan  usaha sendiri yang patut dibanggakan. Kebanggaan akan sebuah komitmen dalam  memiliki sebuah usaha, terlebih akan memberikan penguatan dan keunggulan diri sendiri untuk menerapkan segenap kemampuan diri dan ide-ide kreatif yang akan  tertuang dalam konsep usaha yang memang menjadi icon dirinya. Begitu pula jenis  usaha yang dipilih, akan senantiasa memberikan warna dan citra diri, bila dijalani  dengan passionnya sendiri, sehingga kita akan lebih mencintai pekerjaan sebagai  pelaku usaha dengan kenyamanan tersendiri. Potensi diri merupakan kualitas yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat mendukung orang tersebut dalam memenuhi  tujuan yang dicita-citakan. Potensi diri bukan hanya termasuk karakter, kecerdasan  intelektual, kecerdasan emosional, tetapi juga kesehatan, kemampuan fisik,  motivasi, kemampuan berkomunikasi, dan masih banyak lagi. Dalam proses  manusia meningkatkan kualitas dirinya, perlu terlebih dulu mengenali potensi yang  ada, untuk kemudian ditumbuh kembangkan menjadi kualitas yang signifikan  dalam dirinya. 

Mengenal potensi diri dalam rangka mengembangkan diri sebagai seorang  wirausahawan yang potensial, kita perlu mengenali siapa diri kita sebenarnya dan  bagaimana orang lain menilai diri kita (Suryana, 2011). Untuk menilai diri sendiri,  proses awal adalah kita harus mengetahui kelemahan yang ada dalam diri kita dan  memperbaikinya, yang kedua adalah mengenali potensi apa yang terdapat dalam  diri kita yang selanjutnya kita ubah menjadi sebuah kompetensi yang dibungkus  dengan atitude yang baik, kemudian kita bisa meraih apa yang kita inginkan  (kesuksesan). Banyak orang mengartikan kesuksesan itu dengan ukuran materi.  Namun, kesuksesan yang sebenarnya adalah kemampuan diri kita untuk mengenali  potensi yang terdapat dalam diri kita sendiri dan memaksimalkannya menjadi  sebuah kompetensi, dan kompetensi tersebut digunakan untuk meraih sesuatu yang  lebih baik. Jika potensi yang ada dalam diri kita adalah menjadi seorang pengusaha  maka kita harus memaksimalkan potensi kita tersebut. Seorang wirausaha harus  dapat mengatur pola pikirnya atau yang biasa disebut dengan mindset. Mindset  awal yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha yang pertama adalah berfikir  Positif, agar lebih menguntungkan untuk menjadikan seseorang lebih baik dari  keadaan semula dalam menjalankan sebuah usaha. dengan berfikir positif, kita  dapat membentuk kepercayaan diri kita serta dapat mengetahui kualitas dari diri  sendiri untuk membangun sebuah motivasi agar dapat lebih berkembang.


PEMBAHASAN 

Kewirausahaan dimaknai sebagai semangat, sikap dan perilaku atau  kemampuan seseorang dalam melihat peluang, menangani usaha dan atau kegiatan  yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja,  teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka  memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang  lebih besar. Kewirausahaan juga merupakan suatu proses kreativitas dan inovasi  yang mempunyai risiko tinggi untuk menghasilkan nilai tambah bagi produk yang  bermanfaat bagi masyarakat dan mendatangkan kemakmuran bagi wirausahawan.  Kewirausahaan itu dapat dipelajari walaupun ada juga orangorang tertentu yang  mempunyai bakat dalam hal kewirausahaan. 

Ada beberapa langkah untuk para wirausaha, yaitu sedang semangat semangatnya menjalani usaha (bisnis) maupun merintis sebuah usaha yang sedang  diandalkan dan cukup membuat percaya diri dalam mengembangkannya. Pertama,  menjadikan usaha sebagai hobi yang menyenangkan, sehingga akan lebih nyaman  menjalaninya, tanpa beban apapun, selalu menciptakan kehangatan dan membuat  setiap hari-hari menjalani usaha ini secara menyenangkan. Selanjutnya selalu  menganggap usaha yang di jalani ini adalah sebuah mainan sederhana yang tidak  pernah lepas dari perhatian kita setiap saat, kita monitor dan kita pantau  perkembangannya seiring berjalannya waktu, sambil kita terus berikan sentuhan sentuhan kreativitas dan inovasi yang berkelanjutan, sehingga kita tidak pernah  bosan menjalaninya. Selanjutnya, menjalani usaha adalah sebuah pembelajaran,  ajang untuk terus mengupdate pengetahuan, keterampilan dan inovasi terkini yang  terus dikembangkan di dalam lembaga bisnis yang dijalani, jangan pernah bosan  untuk mendapatkan ilmu baru untuk memperkaya pengetahuan sehingga selalu  terdepan dalam informasi dan strategi pengembangan usaha yang harus terus  dilakukan. Setiap saat, bahkan setiap detik selalu ada perubahan yang  mempengaruhi usaha. Harus selalu siaga melihat beberapa perubahan lingkungan  maupun trend pasar yang ada di masyarakat. Sehingga akan terus menyesuaikan  diri dengan berbagai perubahan yang terjadi.

Hal penting yang harus diciptakan, untuk lebih percaya diri menjalani  sebuah usaha, kita harus terus mengembangkan sikap-sikap positif wirausaha yang  menunjang pertumbuhan bisnis kita, diantaranya selalu istiqomah dalam nilai-nilai  kejujuran, keorisinilan, kesungguhan dan keunggulan diri yang akan memberi  penguatan langsung pada karakter wirausaha yang diharapkan menjadi modal  utama sebagai pelaku bisnis yang handal.. Disamping itu, keyakinan dan keteguhan  pemikiran akan keberhasilan/sukses sebuah unit usaha yang dibangun akan  memberikan panduan untuk mengiringi perjalanan sukses kita kedepan. Untuk  menunjang keyakinan itulah, kita upayakan, pada saat merintis usaha, terutama  pada saat menyusun konsep bisnis dan perencanaan usaha, sebaiknya dibuat  perncanaan dan konsep yang jelas dan melakukan pendalaman konten produk/jasa  yang benar-benar telah kita analisis dan telah dibuat perhitungan yang matang untuk  menghurang resiko-resiko yang dapat mempengaruhi proses operasional usaha  yang dijalani. Pada akhirnya kembali kepada Sumber Daya Manusia terpilih yang  harus diambil untuk mendukung tumbuh kembangnya usaha kita. Pilih orang-orang  yang kompeten sesuai bidang keahliannya untuk mengurusi unit-unit usaha yang  bisa bekerjasama dan mampu bekerja dalam target dan tujuan perusahaan. Dan  tentunya dapat memberikan kontribusi pemikiran serta memiliki loyalitas san rasa  memiliki pada perusahaan tempat bekerja, sekecil apapun perannya dan  sesederhana apaun pekerjaan dalam mendukung usaha kita. Semua harus memiliki  kepedulian dan penciptaan motivasi untuk dapat maju bersama untuk sukses  menghasilkan sebuah karya dan persetasi dalam perusahaan. 

PENUTUP 

Selanjutnya, menjalani usaha adalah sebuah pembelajaran, ajang untuk  terus mengupdate pengetahuan, keterampilan dan inovasi terkini yang terus  dikembangkan di dalam lembaga bisnis yang dijalani, jangan pernah bosan untuk  mendapatkan ilmu baru untuk memperkaya pengetahuan sehingga selalu terdepan  dalam informasi dan strategi pengembangan usaha yang harus terus dilakukan. Hal  penting yang harus diciptakan, untuk lebih percaya diri menjalani sebuah usaha,  kita harus terus mengembangkan sikap-sikap positif wirausaha yang menunjang pertumbuhan bisnis kita, diantaranya selalu istiqomah dalam nilai-nilai kejujuran,  keorisinilan, kesungguhan dan keunggulan diri yang akan memberi penguatan  langsung pada karakter wirausaha yang diharapkan menjadi modal utama sebagai  pelaku bisnis yang handal. Untuk menunjang keyakinan itulah, kita upayakan, pada  saat merintis usaha, terutama pada saat menyusun konsep bisnis dan perencanaan  usaha, sebaiknya dibuat perncanaan dan konsep yang jelas dan melakukan  pendalaman konten produk/jasa yang benar-benar telah kita analisis dan telah  dibuat perhitungan yang matang untuk menghurang resiko-resiko yang dapat  mempengaruhi proses operasional usaha yang dijalani. 

DAFTAR PUSTAKA 

Rai, Suwena Kadek. 2015. Pentingnya Penilaian Potensi Diri Wirausaha Sebagai  Pondasi Untuk Mensukseskan Program Mahasiswa Wirausaha (Pmw). Artikel. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/22925-Id Pentingnya-Penilaian-Potensi-Diri-Wirausaha-Sebagai-Pondasi-Untuk Mensukseskan-P.Pdf, Diakses Pada 31 Maret 2022 Pukul 2255 WIB.

Muda Pejuang. 2021. Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan Kemampuan Diri. Artikel. Kemdikbud.go.id.  https://lmsspada.kemdikbud.go.id/mod/page/view.php?id=92389&forcev iew=1 

One Pesantren One Product. 2022. Menggali Potensi Diri Untuk Lebih Percaya Diri  Menjadi Wirausaha. Artikel. Jabarprov.go.id.  https://opop.jabarprov.go.id/menggali-potensi-diri-untuk-lebih-percaya diri-menjadi-wirausaha/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.