Mei 16, 2022

Pentingnya Memahami Lingkungan Global untuk Usaha

 Oleh : Aris Akbar Setiawan (@T01-Aris)



Abstrak

Perubahan lingkungan bisnis akan terjadi setiap saat, umumnya berupa gerak perubahan dari salah satu atau gabungan faktor-faktor lingkungan di luar perusahaan, baik pada skala nasional, regional, maupun global. Sebagian dari dampak perubahan faktor lingkungan yang ditimbulkan terbukti telah memengaruhi datangnya berbagai peluang bisnis, tetapi banyak pula kasus dari faktor eksternal ini yang menjadi kendala dalam berusaha. Kasus teknologi SMS yang hampir menghancurkan bisnis pos, namun juga memberi peluang bagi bisnis ritel kartu telepon yang berkembang di banyak tempat.

Kegiatan operasional perusahaan, baik domestik maupun swasta asing di Indonesia tidak dapat melepaskan diri dari kondisi dan perkembangan perekonomian global dan regional. Setiap perubahan perekonomian yang terjadi di negara industri utama, seperti Amerika Serikat, Jepang, Jerman, dan negara maju lainnya akan selalu memengaruhi gerak perekonomian Indonesia. Sebagai negara agraris, yang sebagian besar ekspornya masih mengandalkan produk pertanian ke negara-negara tersebut, dampak kekuatan perekonomian global sangat terasa pada kemampuan dan keunggulan bersaing produk ekspor yang berasal dari negara kita.

Daya saing sebagian produk ekspor Indonesia yang mengalami penurunan tajam selama krisis ekonomi dan mulai meningkat kembali sejak tahun 2003 harus terus dipertahankan, melalui keunggulan tenaga kerja lokal penggunaan bahan baku domestik dan penerapan teknologi.

Pembahasan



Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh wirausahawan Indonesia, baik yang bergerak dalam aktivitas lokal maupun global, adalah terjadinya berbagai perubahan yang dipicu oleh perkembangan teknologi yang mencakup hal-hal sebagai berikut:

1. Produk-produk baru yang dilempar ke pasar oleh pesaing.

2. Perkembangan teknologi dan informasi.

3. Perkembangan teknologi barang substitusi.

4. Berbagai penemuan baru.

5. Adaptasi teknologi yang siap pakai.

6. Strategi perkembangan teknologi nasional.

7. Biaya penelitian dan pengembangan (research and development—R&D) oleh perusahaan pesaing atau perusahaan-perusahaan dalam satu industri.

8. Siklus hidup produk (product life cycle).

9. Terobosan-terobosan yang dapat meningkatkan produktivitas yang lebih baik di bidang input, pengolahan, dan pemasaran.

10. Berbagai ramalan pengembangan teknologi di masa depan.



Kesimpulan

Jadi, dari beberapa hal di atas dipandang sebagai tantangan sekaligus kesempatan bagi para wirausahawan untuk membuktikan dirinya apakah mampu bersaing dengan segala kemampuan dan kapabilitas yang dimilikinya. Untuk mencapai keberhasilan, maka diperlukan kombinasi antara kemampuan kewirausahaan dengan kemampuan manajemen strategis dalam menghadapi berbagai tantangan melalui proses penciptaan berbagai keunggulan (baik keunggulan komparatif maupun keunggulan kompetitif) dan melalui proses kreatif dan inovatif berwirausaha sebagai bagian dari kompetensi sumber daya manusia yang andal.

Daftar Pustaka

http://belajarkomunikasilagi.blogspot.com/2012/02/kewirausahaan-dan-lingkungan.html

http://akuntansi11-strahmayanti.blogspot.com/2012/06/bab-10-kewirausahaan-dan-lingkungan.html

http://gobloguntukkaliansemua.blogspot.com/2010/03/kewirausahaan-dan-lingkungan-global.html

https://riasangjamin.wordpress.com/2013/01/14/kewirausahaan-dan-lingkungan/

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.