Mei 23, 2022

PRODUCT DEVELOPMENT PADA UMKM

 PRODUCT DEVELOPMENT PADA UMKM

Oleh : Sandy Faizal Harist (@T10-Sandy)

 


Pengembangan produk atau product development adalah tahapan perusahaan dalam menciptakan sebuah produk baru, atau meningkatkan kualitas produk yang sudah ada. Pengembangan produk sangatlah penting bagi setiap perusahaan, agar mampu  bersaing dengan perusahaan lainnya. Seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi, mendorong perusahaan berlomba-lomba untuk menjadi yang nomor satu.

Sebelum melakukan pengembangan produk, perusahaan wajib melakukan sebuah pendekatan agar produk dapat diterima dan disukai oleh masyarakat. Pendekatan tersebut diantaranya, mengidentifikasi target pasar, membuat konsep, hingga meluncurkan produk.

Melalui inovasi yang matang dan melibatkan teknologi digital, ManisdanSedap berupaya untuk mengembangkan sebuah sistem dengan segmentasi tiap kota di Indonesia untuk membantu para UMKM dan bisnis mikro dalam memasarkan produk jualan mereka. Secara model bisnis, tim pun telah melakukan riset untuk menemukan model bisnis yang efisien dan tepat guna agar tetap sesuai dengan visi misi KapanLagi Youniverse.

Dari contoh Product Development tersebut, dapat diketahui elemen pentingnya yaitu:

Desirability (Pengguna): UMKM, bisnis mikro, serta masyarakat Indonesia yang ingin mencoba berbagai masakan khas nusantara.

Feasibility (Teknologi): Responsive website and apps dengan UI/UX yang User Friendly sehingga mempermudah proses transaksi jual beli berlangsung.

Viability (Bisnis): Model bisnis yang dapat membantu UMKM tetapi tetap sesuai dengan visi misi perusahaan pengembang.

Dalam proses mengembangkan produk Anda dituntut dapat memajukan perusahaan, dengan keterampilan dan teknik untuk menciptakan produk yang memenuhi persyaratan pasar. Banyak tahapan product development untuk pelaku umkm yang harus  diketahui :

Penasaran apa saja tahapan product development dalam sebuah perusahaan? Inilah informasinya untuk Anda :

1. Menyampaikan Ide

2. Brainstorming

3. Riset

4. Perencanaan

5. Prototyping

6. Pengembangan Produk

7. Menguji Produk ke Pasar

8. Meluncurkan Produk


Seperti yang Juragan tahu  bahwa saat ini banyak sekali bisnis baru yang muncul dengan berbagai bentuk, inovasi dan teknologi yang menarik perhatian. Hal inilah yang membuat perusahaan akhirnya harus menyeimbangkan produknya dengan perusahaan lain. Sehingga, perusahaan dapat menciptakan peluang baru untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan keuntungan semakin meningkat.

Dengan mengembangkan produk, diharapkan perusahaan memberikan nilai lebih kepada setiap pelanggan agar selalu setia menggunakan produk-produknya. Jika contoh product development tak dilaksanakan, dikhawatirkan bisnis Juragan kalah saing dan akhirnya kehilangan pelanggan.

Perusahaan yang peduli dengan pelanggan, pasti akan selalu mengutamakan keinginan dan kebutuhan, agar pelanggan dapat memanfaatkan produknya dengan baik.

Adapun beberapa tanda yang mengharuskan perusahaan melakukan pengembangan produk, yaitu ketika:

• Penggunaan Produk Menurun

• Adanya Keluhan Pelanggan.

• Banyak Kompetitor Baru

 Referensi :

https://www.exabytes.co.id/blog/product-development-adalah/

https://bukuwarung.com/product-development-dalam-sebuah-produk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.