September 18, 2022

FUNGSI UTAMA MANAJEMEN UNTUK WIRAUSAHAWAN

Oleh: Vanie Cahyani Rachmanindya (@V29-VANIE)



ABSTRAK

             Pada dasarnya kemampuan manusia itu terbatas, sedang kebutuhannya tidak terbatas. Terbatasnya kemampuan dalam melakukan pekerjaan mendorong manusia untuk membagi pekerjaan, tugas, dan tanggung jawab. Dengan adanya pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab ini, maka terbentuklah kerjasama dan ketertiban dalam suatu organisasi. Di sinilah, manajemen sangat dibutuhkan karena manajemen sendiri sebagai suatu usaha untuk memberdayakan potensi yang ada. Begitu pentingnya peranan manajemen dalam kehidupan manusia mengharuskan kita mempelajari, menghayati dan menerapkan demi tercapainya kehidupan yang lebih baik.

PENDAHULUAN

    Membangun usaha agar dapat lebih maju dan berkembang memang membutuhkan berbagai penguatan, termasuk memperkuat fungsi manajemen. Dengan manajemen yang kuat secara otomatis akan berdampak pada efisiensi dan kelancaran usaha sehingga semua tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan sukses. Manajemen juga memiliki fungsi yang penting dalam sebuah bisnis, fungsi manajemen ini adalah sebagai elemen dasar yang harus melekat dalam manajemen sebagai acuan dalam melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan dengan cara merencanakan, mengorganisir, mengordinasi dan tentunya mengendalikan.

      Hal ini sangat relevan dengan pendapat Abdulrachman (1973) dan Handayaningrat (1985) tentang tujuan manajemen, yakni tercapainya hasil secara efektif dan efisien. Sedangkan menurut George R. Terry (1960), manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.

PEMBAHASAN
    Pada pembahasan materi ekonomi akan membahas mengenai fungsi-fungsi manajemen di dalam sebuah usaha yang meliputi Perencanaan, Pengorganisasian Pengarahan Pengkoordinasian dan Pengendalian atau Pengawasan.
Seperti yang dikutip dalam buku “The Professional Management” oleh Louis A. Alen Fungsi utama manajemen sebagai berikut:
1)         Memimpin (Leading)

Tugas seorang manajer adalah agar orang lain bertindak untuk tujuan organisasi, fungsi ini meliputi:

a.  mengambil keputusan (decision maker);

b. melakukan komunikasi (communicating);

c. memberikan motivasi (motivating);

d. memilih orang-orang (selecting people);

e. mengembangkan orang lain (developing people) melalui penilaian hasil kinerja, memberikan saran dan pemberian latihan atau training.

2)         Merencanakan (Planning)

Tugas dan kegiatan utama pencanaan meliputi:

a.  Forecasting atau meramalkan untuk waktu yang akan datang;

b. Membuat target dan sasaran (seat goal or targeting);

c. Programming   (membuat        acara)   membuat          rencana            urutan  kegiatan           yang diperlukan untuk pencapaian target;

d. Schedulling (mengatur urutan waktu pelaksanaan atau time table);

e. Budgeting (menyusun rencana anggaran biaya);

f. Membuat Standard Operating Procedure (SOP) tentang pelaksanaan pekerjaan;

g. Estabilishing and Interpreting Policies (menetapkan dan menafsirkan kebijakan- kebijakan pelaksanaan pekerjaan)

3)         Menyusun (Organizing)

Kegiatan mengatur dan menghubungkan suatu pekerjaan sehingga dilaksanakan lebih efektif dan efisien meliputi:

a. Design Organization Structure (Desain Struktur Organisasi),

b. Menentukan job description dari masing-masing jabatan untuk mencapai sararan organisasi;

c. Delegating Responsibility and Authority (mendelegasikan tanggung jawab dan wewenang) menetapkan pertangungjawaban untuk hasil yang dicapai;

d. Estabilishing Relationship (menetapkan hubungan-hubungan yang membedakan antara atasan dan staff);

e. Mendeskripsikan hal-hal yang dianggap efektif sehubungan dengan pemanfaatan sumber daya manusia guna pencapaian sasaran.

4)         Mengawasi (Controlling)

Melakukan pengawasan, pengendalian dan pengamatan meliputi:

a. Developing Performance Standard (perkembangan pekerjaan);

b. Measuring Performance (pengukuran hasil pekerjaan);

c. Taking   Corrective   Action     (melakukan tindakan perbaikan dan mengoreksi kesalahan)

KESIMPULAN

      Menjalankan fungsi manajemen dalam usaha memang sesuatu yang mutlak harus dilakukan, karena hal ini akan sangat berpengaruh pada jalannya usaha, semakin kuat manajemen dalam usaha berarti perusahaan bisa kuat dan mampu bertahan cukup lama. Tujuan perusahaan bermacam—macam, tergantung dan jenis perusahaan yang didirikan. Beberapa tujuan perusahaan yaitu pencapaian laba maksimum, berusaha tetap hidup dan berkembang, bertujuan sosial, dan lain sebagainya. Agar tujuan tersebut dapat dicapai secara efisisen dan efektif, kegiatan perusahaan perlu diatur dengan baik. Pengaturan proses perusahaan dalam pengertian keseluruhan, dikenal sebagai usaha atau fungsi manajemen.


       DAFTAR PUSTAKA
       https://axaq.blogspot.com/2016/07/5-fungsi-manajemen-dalam-usaha.html
       https://tumpi.id/fungsi-manajemen-dalam-menjalankan-usaha/
       Terry, George R., Dasar-dasar Manajemen. (Terje: G.A. Ticoalu). Jakarta: Bumi Aksara, 2010,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar