September 18, 2022

 LEADERSHIP DALAM PROSES WIRAUSAHA

Oleh : Meli Restiana (@V- 33)



ABSTRAK

Wirausaha ialah kegiatan yang melibatkan banyak komponen dan berhubungan dengan banyak orang. Dengan hal itu tentu seorang pemimpin memiliki peranan yang besar dalam keberlangsungan suatu usaha. Seorang pemimpin berfungsi untuk mengorganisir usaha, serta mengepalai semua keputusan yang akan diambil. Untuk dapat mengepalai semua tanggung jawab besar tersebut tentu ada beberapa sifat dasar yang harus dimiliki seorang wirausaha, misalnya tanggung jawab, memiliki tujuan yang jelas, berani mengambil keputusan, dan memiliki etos kerja yang tinggi.

PENDAHULUAN

Kepemimpinan ialah suatu proses mengarahkan orang lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Mengarahkan orang lain dalam mencapai tujuan tentu dapat dilakukan dalam hal apa saja dan dalam berbagai bidang. Salah satunya yaitu dalam proses berwirausaha. Berwirausaha ialah kegiatan membuat suatu produk, menentukan cara produksi, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru hingga mengatur permodalan serta pemasarannya. Dengan demikian tentu setiap proses melibatkan banyak komponen dan orang yang harus diatur dan diarahan agar sesuai tujuan. Disinilah leadership dibutuhkan dalam wirausaha.

 

PERMASALAHAN

Kepemimpinan berfungsi melakukan pengarahan dalam hal ini berarti menyebabkan orang lain bertindak dengan cara tertentu atau mengikuti arah tertentu. Wirausahawan yang berhasil merupakan pemimpin yang dapat memimpin para karyawannya dengan baik. Dengan hal tersebut maka :

*      Mengapa kepemimpinan penting dalam wirausaha?

*      Bagaimanakah peran sesungguhnya seorang pemimpin dalam proses wirausaha? , serta

*      Hal apakah yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha agar menjadi pemimpin yang baik?

 

PEMBAHASAN

       I.            PENTINGNYA KEPEMIMPINAN DALAM WIRAUSAHA

Dalam proses wirausaha tentu kepemimpinan sangat diperlukan karena meimiki pengaruh yang besar bagi keberlangsungan suatu usaha. Berikut ini alasan megapa kepemimpinan sangat penting dan memiliki pengaruh besar dalam wirausaha :

*      Agar dalam pelaksanaan berwirausaha dapat terorganisir dengan baik

*      Dalam berwirausaha dibutuhkan sosok yang dapat memimpin dan bertanggung jawab dalam mengurus dan mengelola suatu usaha.

*      Pemimpin adalah jabatan tertinggi yang memiliki tugas-tugas yang sangat penting dan vital dalam kewirausahaan seperti pengambil keputusan, penanggung jawab tindakan yang dilakukan oleh setiap bawahannya, memberikan wewenang, dan lain-lain

*      Bila dalam mengelola suatu usaha tidak ada pemimpin, maka akan terjadi kekacauan dan kerancuan dalam pembagian tugas-tugas yang mengakibatkan kebangkrutan

*      Pemimpin merupakan salah satu syarat utama dalam berwirausaha.

 

    II.            PERAN PEMIMPIN DALAM WIRAUSAHA

Dalam proses wirausaha, seorang pemimpin bertugas sebagai kepala yang menggerakan seluruh anggota badan. Semua anggota badan akan bererak sesuai arahan kepala. Oleh karena itulah pemimpin menjadi hal yang sangat penting bagi keberlangsungan wirausaha. Peran yang dilakukan oleh seorang pemimpin yaitu :

*      Merumuskan secara jelas peranan sendiri maupun stafnya.

*      Menetapkan tujuan yang sukar dapat dicapai, dan memberitahukan orang-orang apa yang diharapkan dari merekan.

*      Menentukan prosedur-prosedur untuk mengukur kemajuan menuju tujuan dan untuk mengukur pencapaian tujuan itu, yakin tujuan yang dirumuskan secara jelas dan khas.

*      Melaksanakan peranan kepemimpinan secara aktif dalam merencanakan, mengarahkan membimbing dan mengendalikan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada tujuan.

*      Berminat mencapai peningkatan produktifitas.

 

 III.          HAL YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG WIRAUSAHA AGAR MENJADI PEMIMPIN YANG BAIK

*      Memiliki Tujuan Yang Jelas Untuk Dicapai

Memiliki tujuan yang jelas berarti punya pendinian, memiliki fokus, memiliki keyakinan akan keputusannya, memiliki kemampuan memu­tuskan, dan berdaya tahan, sesungguhnya merupakan kualitas pencapaian yang sukses dan tuntutan tujuan apa pun. Tak dapat dipungkiri, ini adalah salah satu kualitas manusia yang paling dicari dalam kehidupan, namun banyak orang yang belum memilikinya.

*      Tanggung Jawab

Dapat bertanggung jawab dengan keputusan yang telah diambil ialah suatu keharusan bagi seorang pemimpin dalam wirausaha. Jika seorang pemimpin tidak bertannggung jawab atau menghindar karena keputusannya tidak sesuai yang dia inginkan akan menyebabkan kehancuran usahanya.

*      Integritas

Tidak ada yang bisa menggambarkan secara jelas bagaimana definisi pemipin yang baik, namun kualitas yang tak dapat diabaikan adalah melakukan sesuatu yang benar berdasarkan kesadaran akan kehormatan dan penghargaan pada orang lain. Artinya seorang pemimpin akan melakukan segala sesuatu secara sadar dengan tetap memperhatikan dan menghargai hak orang lain. Memahami apa yang benar untuk dilakukan dan secara nyata mengerjakannya berarti memiliki integnitas.

*      Memiliki Keberanian terhadap Pendirian dan Keberanian untuk Mengambil Keputusan

Seorang pemimpin harus berani menjadi dirinya sendiri dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Karena sesuatu yang menurut orang lain baik, belum tentu baik untuk kita. Seorang pemimpin tentu melakukan analisa dan perencanaan sebelum mengambil keputusan. Oleh karena itu kita harus yakin dengan semua yang kita lakukan.

*      Antusias

Seorang pemimpin dalam wirausaha tentunya harus antusias dengan apa yang dia kerjakan dan dengan semua hal baru. Seorang yang antusias dengan hal baru, tentu akan lebih mudah beradaptasi dan menangkap peluang baru.

*      Kerja Keras dan Pantang Menyerah

Seorang pemimpin tentu harus bekerja keras dan pantang menyerah untuk semua tujuan yang telah ada. Ia harus bisa menjadi kepala untuk semua pemikiran dan contoh untuk karyawannya.

 

KESIMPULAN

Ketika dalam suatu usaha terdapat pemimpin yang berkompeten, maka usaha tersebut dapat berjalan dan terorganisir dengan baik, karena pada dasarnya seorang pemimpin ialah kepala yang menggerakan seluruh anggota badan. Ketika kepalanya sudah baik, maka anggotannya pun mengikuti.

 

DAFTAR PUSTAKA

Timpe, Dale, 2002, Seri Manajemen Sumber Daya Manusia – Kepemimpinan, PT Elex Media Komputindo, Jakarta

http://nugraha0215.blogspot.com/2013/09/kepemimpinan-dalam-kewirausahaan.html

http://bamzofimagination.blogspot.com/2013/05/kepemimpinan-dalam-kewirausahaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.