September 25, 2022

Memahami Marketing dan tahapan, serta media dalam marketing

 


Utari Rahmawati (@V38-UTARI)


Memahami tahapan marketing

Marketing adalah salah satu hal yang perlu dilakukan jika kalian ingin memulai usaha.

Dengan marketing, usaha yang kalian bangun akan dikenal orang dan menjadi peluang untuk usaha kalian.


Tahapan dalam marketing ada 5

1. Acquisition

Pada tahap ini kita berusaha agar orang mengenal produk (service) kita. 

2. Activation

Setelah orang mengenal (mendengar) produk kita, berapa banyak orang yang akhirnya mau mencoba produk kita. Ini adalah tahap activation. Pada tahap ini orang sudah membeli produk kita.

3. Retention

Dari orang yang sudah mencoba (membeli) produk kita, ada berapa banyak yang terus menggunakan produk kita? Ini adalah ukuran keberhasilan dari retention.

4. Referral

Ukuran keberhasilan selanjutnya adalah seberapa banyak orang yang bukan hanya menggunakan produk kita saja tetapi dia juga menganjurkan orang lain untuk menggunakannya.

5. Revenue

Pada akhirnya semua itu akan menjadi pendapatan bagi kita. Revenue. Pada akhirnya seberapa besar pemasukan kita atas upaya-upaya kita tersebut di atas.


Media yang dapat digunakan sebagai media marketing;

1. Iklan

Iklan merupakan salah satu yang paling mudah dipahami.

Kita memasang iklan di berbagai media yang mainstream, seperti misalnya surat kabar, majalah, televisi, radio, papan billboard, dan seterusnya. 

2.  Internet digital marketing

. Di jaman internet ini, kita pasang iklan dimana saja dan berharap orang dari target market kita akan melihat iklan tersebut. Kemudahan yang membuatnya demikian. Tentu saja hasilnya menjadi tidak efektif.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Memahami bahwa mereka ditargetkan menjadi tempat akal- akalan dengan SEO, para search engine (terlebih lagi Google) mulai menerapkan algoritma untuk menetralkan trik-trik yang dilakukan para internet marketer dengan SEO-nya itu. Itulah sebabnya ini masih menjadi ajang yang menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.