September 15, 2022

MENGENAL MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DALAM KEWIRAUSAHAAN

 


Oleh : Shazfa Zakirah Yasmeenah (@V22-SHAZFA)

 

Abstrak

Penulisan ini berisi tentang definisi manajemen, kepemimpinan, kewirausahaan dan manajemen kepemimpinan dalam kewrausahaan; Keterampilan Dasar Kepemimpinan; Karkteristik Kepemimpinan; Syarat-Syarat Kepemimpina; serta Peran Kepemimpinan dalam Manajemen. Kepemimpinan bagi seorang kewirausahaan merupakan salah satu faktor yang utama. Manajemen kepemimpinan merupakan sebuah keahlian berorganisasi yang terdiri dari ilmu manajemen dan leadership skill. Kepemimpinan berperan sangat penting dalam manajemen karena unsur manusia merupakan variabel yang teramat penting dalam organisasi.

Kata Kunci : Manajemen, Kepemimpinan, Kewirausahaan, dan Manajemen Kepemimmpinan

 

PENDAHULUAN

Kepemimpinan bagi seorang kewirausahaan merupakan salah satu faktor yang utama, yang sama pentingnya dengan kepercayaan dan kreativitas yang tinggi dalam mendukung kesuksesan usaha dalam mecapai tujuan. Seorang wirausahawan merupakan seorang yang penuh dengan pemikiran yang luas, tekad yang kuat dan keberanian tinggi. Tidak mudah membentuk seorang pemimpin yang mampu memimpin sedikit orang dari usaha kecil dan tidak ada pertumbuhan usaha. Keberhasilan atau efektifitas kepemimpinan tidak sajalah diukur  bagaimana memberdayakan bawahannya tapi juga kemampuannya menjalankan atau melaksanakan kebijakan perusahaan melalui cara atau gaya kepemimpinannya

Kepemimpinan adalah sebuah kekuatan yang digunakan sebagai modal untuk melakukan perubahan kearah keberhasilan. Pemimpin harus mengarahkan segenap sumber daya manusianya untuk merealisasikan visi dan misi organisasi. Salah satu faktor penting yang berpengaruh dalam keberhasilan seorang entrepreneur dalam mengerakkan orang lain dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaannya adalah memberikan motivasi. Kepemimpinan adalah kekuatan utama yang dibutuhkan untuk berhasil melakukan perubahan. Kepemimpinan entrepreneur merupakan gabungan faktor yang dibutuhkan pemilik bisnis saat ini.

 

PEMBAHASAN

Manajemen adalah adalah suatu proses yang berbeda terdiri dari planning, organizing, actuating, dan controlling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lainnya (George R. Terry, 1997). Kepemimpinan sendiriri Menurut Tead; Terry; Hoyt (dalam Kartono, 2003) Yaitu kegiatan atau seni mempengaruhi orang lain agar mau bekerjasama yang didasarkan pada kemampuan orang tersebut untuk membimbing orang lain dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan kelompok.

Kata entrepreneurship yang dahulunya sering diterjemahkan dengan katakewiraswastaan akhir-akhir ini diterjemahkan dengan kata kewirausahaan. Entrepreneur berasal dari bahasa Perancis yaitu entreprendre yang artinya memulai atau melaksanakan. Wiraswasta atau wirausaha berasal dari kata: Wira yaitu utama, gagah berani, luhur; Swa: sendiri; Sta : berdiri; dan Usaha: kegiatan produktif. Dalam Suhartini Karim (2007) menurut Miller bahwa kewirausahaan adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan produk, pemasaran daninovasi teknologi, sedangkan menurut schuler bahwa kewirausahaan yaitu penciptan atau melakukan inovasi untuk menghasilkan produk atau usaha/jasa baru dalam organisasi perdagangan atau dalam organisasi yang baru.

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa Manajemen kepemimpinan adalah sebuah keahlian berorganisasi yang terdiri dari ilmu manajemen dan leadership skill. Secara umum, bisa diartikan sebagai keterampilan untuk mengatur suatu organisasi, yang dibarengi dengan kemampuan untuk memimpin, mengarahkan, dan memotivasi, dengan cara yang efisien dan efektif.

 

Keterampilan Dasar Kepemimpinan

Griffin dan Ebert (Ditjen Dikti 2013) mengemukakan bahwa manajer yang efektif perlu memiliki keterampilan dasar kepemimpinan, setidaknya dalam 5 (lima) hal sebagai berikut:

1.      keterampilan teknis (technical skills),

2.      keterampilan hubungan insani (human relations skills),

3.      keterampilan konseptual (conceptual skills),

4.      keterampilan mengambil keputusan (decision-making skills), dan

5.      keterampilan manajemen waktu (time management skill)

 

Karkteristik Kepemimpinan

George R. Terry dalam bukunya principal of mangement 1964 menuliskan sepuluh sifat yang unggul yaitu:

1.      Kekuatan

2.      Satabilitas emosi

3.      Pengatuan tentang relasi insan

4.      Kejujuran

5.      Objektif 

6.      Drongan pribadi

7.      Ketrampilan berkomunikasi

8.      Kemampuan mengajar

9.      Ketrampilan sosial

10.  Kecakapan manajeial

Jadi, dengan demikian diharapkan seorang pemimpin itu harus berbudi luhur dan memiliki sifat-sifat utama, sehingga dia bisa membawa anak buahnya pada keselamatan dan kesejahteraan.

 

Syarat-Syarat Kepemimpinan

Ada tiga hal penting dalam konsepsi kepemimpinan antara lain:

1)      Kekuasaan

Kekuasaaan adalagh otorisasi dan legalitas yang memberikan wewenang kepada pemimpin untuk mempengaruhi dan menggerakkan bawahan untuk berbuat sesuatu dalam rangka penyelesaian tugas tertentu.

2)      Kewibawaan

Kewibawaan merupakan keunggulan, kelebihan, keutamaan sehingga pemimpin mampu mengatur orang lain dan patuh padanya.

3)      Kemampuan

Kemampuan adalah sumber daya kekuatan, kesanggupan dan kecakapan secara teknis maupun social, yang melebihi dari anggota biasa. Sementara itu Stodgill yang dikutip James A. Lee menyatakan pemimpin itu harus mempunyai kelebihan sebagai persyaratan, antara lain:

A.     Kepastian, kecerdasan, kewaspadaan, kemampuan berbicara, kemampuan menilai.

B.     Prestasi, gelar kesarjanaan, ilmu pengetahuan dalam bidang tertentu.

C.     Tangggung jawab, berani, tekun, mandiri, kreatif, ulet, percaya diri, agresif.

D.     Partisipasi aktif, memiliki stabilitas tinmggi, kooperatif, mampu bergaul.

E.      Status, kedudukan sosial ekonomi cukup tinggi dan tenar.

 

Peran Kepemimpinan dalam Manajemen

           Kepemimpinan lebih erat kaitannya dengan fungsi penggerakan (actuating) dalam manajemen. Fungsi penggerakan mencakup kegiatan memotivasi, kepemimpinan, komunikasi, pelatihan, dan bentuk-bentuk pengaruh pribadi lainnya. Fungsi tersebut juga dianggap sebagai tindakan mengambil inisiatif dan mengarahkan pekerjaan yang perlu dilaksanakan dalam sebuah organisasi. Dengan demikian actuating sangat erat kaitannya dengan fungsi- fungsi manajemen lainnya, yaitu: perencanaan, pengorganis (Ditjen Dikti 2013) asian, dan pengawasan agar tujuan-tujuan organisasi dapat dicapai seperti yang diinginkan. Winardi juga mengemukakan bahwa sekalipun terdapat banyak teori tentang fungsi-fungsi manajemen, namun dapat disederhanakan bahwa fungsi manajemen setidaknya meliputi: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan.

 

KESIMPULAN

1.      Manajemen kepemimpinan adalah sebuah keahlian berorganisasi yang terdiri dari ilmu manajemen dan leadership skill. Secara umum, bisa diartikan sebagai keterampilan untuk mengatur suatu organisasi, yang dibarengi dengan kemampuan untuk memimpin, mengarahkan, dan memotivasi, dengan cara yang efisien dan efektif.

2.  Kepemimpinan berperan sangat penting dalam manajemen karena unsur manusia merupakan variabel yang teramat penting dalam organisasi. Seperti dikemukakan di atas bahwa yang terlibat dan bertanggung jawab atas kegiatan-kegiatan organisasi terdiri dari para manajer, para supervisor, dan para pelaksana.

 

Daftar Pustaka

Hidayat, A. A. (2022). Kewirausahaan III : Advance Business Strategy (Leadership and Management) [Word File]. Universitas Mercu Buana.

Bagus, K. (2018). Manajemen Kepemimpinan: Pengertian dan Fungsi Menurut Para Ahli. https://www.finansialku.com/manajemen-kepemimpinan/

Kautsar, A., Trias, M. K. & Chusaini, A (2020). Peran Kepemimpinan Wirausaha Dan Orientasi Wirausaha Terhadap Kinerja Keuangan IKM Makanan di Kota Kediri. Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, Volume 05, Nomor 01.

Wahyuningsih, A. (20).  KEPEMIMPINAN DALAM KEWIRAUSAHAAN. https://www.academia.edu/34484901/KEPEMIMPINAN_DALAM_KEWIRAUSAHAAN


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.