September 18, 2022

Meningkatkan Strategi Bisnis Dalam Kepemimpinan

 Meningkatkan Strategi Bisnis Dalam Kepemimpinan

oleh : Muhammad Agi Bahrul Faiz (@V36-Agi)


Abstrak

Berorganisasi atau perusahaaan, sangat membutuhkan seorang pemimpin yang memiliki kemampuan untuk berperan dalam meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia. Oleh karena itu para pemimpin pada sebuah perusahaan sedapat mungkin berperan sebagai penentu arah bagi sumber daya manusia dan sedapat mungkin menjadi agen perubahan, juru bicara dan pelatih. Berperan tidaknya seorang pemimpin dalam mensukseskan perusahaan tercermin pada gaya kepemimpinan yang diterapkan untuk mempengaruhi para pengikutnya. Gaya kepemimpinan yang dimaksud adalah gaya kepemimpinan yang sesuai dengan kebutuhan pengikutnya dengan maksud mampu membuat pengikutnya beraksi bersama-sama uuntuk mencapai tujuan suatu perusahaan.

 Kata Kunci: Kepemimpinan, Keterampilan, Kelompok


Pendahuluan

Strategi menurut etimologi merupakan kata majemuk dari bahasa yunani kuno yakni “status” (berarti pasukan) dan again (berarti memimpin). Jadi strategi berarti hal memimpin pasukan. 1 suatu strategi mempunyai dasar-dasar atau sekma untuk mencapai sasaran yang dituju. Jadi, pada dasarnya strategi merupakan alat untuk mencapai suatu tujuan. Strategi menurut terminologi adalah keseluruhan langkah (kebijaksanaan-kebijaksanaan) dalam perhitungan guna mencapai suatu tujuan atau untuk mengatasi suatu persoalan. Pendapat lain dengan buku yang sama dijelaskan bahwa strategi adalah suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai. Strategi yang dimaksud adalah suatu proses penetapan cara atau pendekatan yang sangat menyeluruh dan sangat berkaitan dengan pelaksanaan gagasan atau suatu perencanaan dalam suatu aktivitas untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.

Memang benar bahwa seorang pimpinan baik secara individual maupun sebagai kelompok, tidak mungkin dapat bekerja sendirian akan tetapi membutuhkan sekelompok orang lain yang dikenal sebagai bawahan, yang digerakkan sedemikian rupa sehingga para bawahan itu memberikan pengabdian dan sumbangsinya kepada organisasi, terutama dalam cara bekerja efektif, efisien, ekonomis dan produktif. 


Pembahasan

Definisi Kepemimpinan

Menurut George R. Terry (Iswanto, 2014)

Kepemimpinan (leadership) adalah Kepemimpinan sebagai keseluruhan kegiatan/aktivitas utnuk mempengaruhi kemauan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. 

Lindsay dan Patrick 

Kepemimpinan adalah suatu upaya merealisasikan tujuan perusahaan dengan memadukan kebutuhan para individu untuk terus tumbuh berkembang dengan tujuan organisasi. Perlu diketahui bahwa para individu merupakan anggota dari perusahaan. 

Peterson at.all 

Kepemimpinan merupakan suatu kreasi yang berkaitan dengan pemahaman dan penyelesaian atas permasalahan internal dan eksternal organisasi. 


Syarat-Syarat Kepemimpinan

1. Kekuasaan

Kekuasaaan adalagh otorisasi dan legalitas yang memberikan wewenang kepada pemimpin untuk mempengaruhi dan menggerakkan bawahan untuk berbuat sesuatu dalam rangka penyelesaian tugas tertentu.

2. Kewibawaan

Kewibawaan merupakan keunggulan, kelebihan, keutamaan sehingga pemimpin mampu mengatur orang lain dan patuh padanya.

3. Kemampuan

Kemampuan adalah sumber daya kekuatan, kesanggupan dan kecakapan secara teknis maupun social, yang melebihi dari anggota biasa.


Keterampilan Dasar Kepemimpinan

- Keterampilan teknis (technical skills)

- Keterampilan hubungan insani (human relations skills)

- Keterampilan konseptual (conceptual skills)

- Keterampilan mengambil keputusan (decision-making skills)

- Keterampilan manajemen waktu (time management skills)


Macam-macam Tim

1. Tim yang kompak 

Tim yang selalu mengerjakan kegiatannya secara bersamaan dan saling membantu, baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun di luar pekerjaan

2. Tim kurang kompak

Tim ini dapat disebabkan karena adanya perbedaan pendapat , strategi dalam penanganan masalah, kurangnya komunikasi antar anggota

3.Tim tidak kompak 

Tim seperti ini perbedaan yang menonjol terdapat pada tingkat intelektualitas, emosional, moralitas, dan karakter dari masing-masing anggota/ketua timnya


Kesimpulan 

Pentingnya strategi kepemimpinan karena sebagai proses mengarahkan dan memperngaruhi aktivitas yang berkaitan dengan tugas dari para anggota kelompok, maka paling tidak ada implikasi penting yaitu seorang pemimpin itu harus melibatkan bawahan atau pengikut.


Daftar Pustaka

Modul Perkuliahan Kewirausahaan III, Advance Business Strategy (Leadership and Management) – Atep Afia Hidayat,Ir.MP,  2022

Adi Sujatno,Muladi., 2008. Traktat Etis Kepemimpinan Nasional, Jakarta: Wahana Semesta Intermedia.

Adi Sujatno,Muladi., 2008. Traktat Etis Kepemimpinan Nasional, Jakarta: Wahana Semesta Intermedia.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.