September 17, 2022

MENUMBUHKEMBANGKAN KEPEMIMPINAN DALAM KEWIRAUSAHAAN

 

Rajib Fahmi(@V27-Rajib)

ABSTRACK

Peran pemimpin sangat mempengaruhi organisasi atau lembaga yang di pimpinnya. Kepemimpinan adalah setiap tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mengkoordinasi dan memberikan arahan kepada individu atau kelompok lain yang tergabung dalam wadah tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Pemipin harus memiliki karkater percaya diri dalam menjalankan bisnis atau berwirausaha agar sukses untuk mengembangkan usahanya tersebut.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Karakter, Berbisnis

PENDAHULUAN

Kepemimpinan bagi seorang kewirausahaan merupakan salah satu faktor yang utama, yang sama pentingnya dengan kepercayaan dan kreativitas yang tinggi dalam mendukung kesuksesan usaha dalam mecapai tujuan.  maka dalam dunia usaha dibutuhkan seorang pemimpin yang inovatif dan adaptif, kaya dengan pembaharuan dan tidak mudah dihambat oleh kejadian-kejadian dari luar. Kepemimpinan menggabungkan kreativitas dan kepercayaan menjadi sebuah usaha efektif yang berpengaruh luas dan hidup.Sebelum usaha yang dibangun tanpa kepemimpinan yang kuat hanya akan menjadi usaha kecil yang stag nantinya(tidak berkembang).Seorang wirausahawan merupakan seorang yang penuh dengan pemikiran yang luas, tekad yang kuat dan keberanian tinggi. Tidak mudah membentuk seorang pemimpin yang mampu memimpin sedikit orang dari usaha keil dan tidak ada pertumbuhan usaha. Keberhasilan atau efektifitas kepemimpinan tidak sajalah diukur bagaimana memberdayakan bawahannya tapi juga kemampuannya menjalankan atau melaksanakan kebijakan perusahaan melalui cara atau gaya kepemimpinannya.Pola atau gaya kepemimpinan sangat tergantung pada karakteristik individu pemimpin menghadapi bawahan berdasarkan fungsinya sebagai atasan.

 

PEMBAHASAN

Definisi Kepemimpinan secara Umum Pemimpin dan Kepemimpinan merupakan suatu kesatuan kata yang tidak dapat dipisahkan secara struktural maupun fungsional. Banyak muncul pengertian-pengertian mengenai pemimpin dan kepemimpinan secara umum,antara lain :Brown (1936) berpendapat bahwa pemimpin tidak dapat dipisahkan darikelompok, akan tetapi boleh dipandang sebagai suatu posisi dengan potensi tinggidi lapangan. Dalam hal sama, Krech dan Crutchfield memandang bahwa dengankebaikan dari posisinya yang khusus dalam kelompok ia berperan sebagai agen primer untuk penentuan struktur kelompok, suasana kelompok, tujuan kelompok,ideologi kelompok, dan aktivitas kelompok.Kepemimpinan sebagai suatu kemampuan meng-handel orang lain untukmemperoleh hasil yang maksimal dengan friksi sesedikit mungkin dan kerja samayang besar, kepemimpinan merupakan kekuatan semangat/moral yang kreatif dan terarah.Definisi Kepemimpinan dalam BerwirausahaKepemimpinan adalah proses mengarahkan perilaku orang lain ke arah pencapaian suatu tujuan tertentu. Pengarahan dalam hal ini berarti menyebabkanorang lain bertindak dengan cara tertentu atau mengikuti arah tertentu.Wirausahawan yang berhasil merupakan pemimpin yang berhasil memimpin parakaryawannya dengan baik. Seorang pemimpin dikatakan berhasil jika percaya pada pertumbuhan yang berkesinambungan, efisiensi yang meningkat dan keberhasilan yang berkesinambungan dari perusahaan.

 

Kepemimpinan Pelaku Kewirausahaan

Salah satu cara meningkatkan kemampuan kepemimpinan (leadership) para wirausahawanadalah dengan meningkatkan kemampuan daam memotivasi orang lain. Caranya denganmenjadi contoh yang baik dalam perilaku, pikiran, dan perasaan terhadap sesamanya.

Jenis-jenis Kepemimpinan

Kepemimpinan difokuskan pada dua aspek, yaitu charismatic dan visionary leadership.Pemimpin karismatik adalah tipe seorang yang yakin terhadap dirinya sendiri dan pengikutnya, serta memiliki ekspetasi yang tinggi untuk dirinya dan pengikutnya sedangkanpemimpin visionary leadership adalah kemampuan pemimpin dalam menciptakan,merumuskan, mengkomunikasikan, mensosialisasikan, dan mengimplementasikan pemikiran-pemikiran ideal yang berasal dari dirinya atau sebagai hasil interaksi sosial diantara anggotaorganisasi dan stakeholders. Pemikiran ini diyakini sebagai cita-cita organisasi  yang dapatdicapai melalui komitmen semua anggotanya

 

 

Para wirausahawan memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda, mereka mengembangkan gaya kepemimpinan mereka sendiri sesuai dengan karakter pribadi mereka dalam memajukan perusahaannya.Bagaimana Menjadi Pemimpin yang Baik:Tipe-tipe Kepemimpinan dalam Berorganisasi:

 

·  Tipe Otokratik Dilihat dari persepsinya seorang pemimpin yang otokratik adalah seseorangyang sangat egois. Seorang pemimpin yang otoriter akan menujukan sikap yang menonjolkan ―keakuannya

·  Tipe Paternalistik Tipe pemimpin paternalistik hanya terdapat di lingkungan masyarakat yang bersifat tradisional, umumnya dimasyarakat agraris. Salah satu ciri utamamasuarakat tradisional ialah rasa hormat yang tinggi yang ditujukan oleh paraanggiota masyarakat kepada orang tua atau seseorang yang dituakan.

·   Tipe KharismatikMemang ada karakteristiknya yang khas yaitu daya tariknya yang sangatmemikat sehingga mampu memperoleh pengikut yang jumlahnya kadang-kadangsangat besar. Tegasnya seorang pemimpin yang kharismatik adalah seseorangyang dikagumi oleh banyak pengikut meskipun para pengikut tersebut tidak selaludapat menjelaskan secara konkret mengapa orang tersebut dikagumi.

·   Tipe Laissez FairePemimpin ini berpandangan bahwa umumnya organisasi akan berjalan lancardengan sendirinya karena para anggota organisasi terdiri dari orang-orang yangsudah dewasa yang mengetahui apa yang menjadi tujuan organisasi, sasaran-sasaran apa yang ingin dicapai, tugas apa yang harus ditunaikan oleh masing-masing anggota dan pemimpin tidak terlalu sering intervensi.

·  Tipe Demokratik Pemimpin yang demokratik biasanya memandang peranannya selakukoordinator dan integrator dari berbagai unsur dan komponen organisasi.

· Tipe Administratif Pemimpin tipe administrative ialah pemimpin yang mampumenyelenggarakan tugas-tugas administrasi secara efektif sehingga diharapkanmuncul perkembangan teknis, manajemen modern dan perkembangan sosial

 

 

Karakteristik Pemimpin Kewirausahaan

Pemimpin dengan visionary leadership harus lebih banyak dimunculkan, bukan saja untuk mengantisipasi arah bisnis baru, tetapi juga mengawal perubahan yang dibutuhkan.Dari uraian di atas,maka pertanyaan selanjutnya adalah apa saja karakteristik pemimpin yang tercermin dari para pelaku wirausaha? Hal-hal tersebut diuraikan sebagai berikut:

 

Memiliki motivasi

Motivasi adalah kekuatan yang berasal dari dalam maupun luar individu yang dapat memberikan, mendorong, dan menggerakkan energi untuk menyalurkan perilakuke arah tujuannya yang dapat memberi kepuasan atau mengurangi ketidakseimbangan.Selain itu, motivasi juga dapat membuat seorang pemimpindapat terus melakukan usahanya mulai dalam skala kecil hingga skala besar sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat

 

Mampu mengambil keputusan

Pengambilan keputusan adalah sebuah pemikiran di mana individu mengevaluasi berbagai pilihan dan memutuskan pilihan dari sekian banyak pilihan.Ini merupakan proses memilih suatu cara bertindak dengan metode yang efisien sesuai situasi. Pada dasarnya, pengambilan keputusan merupakan suatu pendekatan sistematis terhadap suatu masalah, pengumpulan fakta – fakta dan datadan mengambil tindakan menurut perhitungan merupakan tindakan yang paling tepat.Untuk mencapai tujuan, seorang pemimpin harus bisa mengambil keputusan dengan efektif. Dalam realita pengambilan keputusan bukanlah hal yang sedernana, sebab setiap pengambilan keputusan biasanya mengandung dua konsekuensi sekaligus, baik konsekuensi positif maupun konsekuensi negatif. Namun demikian seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan dari beberapa pilihan yang dihadapi.

 

Mempunyai kreativitas

Kreativitas adalah kemampuan melahirkan sesuatu yang baru. Dan ini sering melibatkan kemampuan berpikir. Orang yang kreatif dalam berpikir mampu memandang suatu masalah dari sudut pandang yang baru serta menyelesaikan masalah dengan cara berbeda dari orang pada umumnya. Kemampuan berpikir kreatif merupakan jantung atau inti kewirausahaan. Di samping itu seorang wirausahawan harus memiliki kemampuan yang kreatif dan inovatif dalam menemukan dan menciptakan berbagai ide. Patut diingat bahwa wirausahawan yang berhasil dan sukses seringkali disebabkan memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi yang pada akhirnya  menghasilkan banyak inovasi.

 

 

KESIMPULAN 

Kepemimpinan sebagai suatu kemampuan meng-handel orang lain untuk memperoleh hasil yang maksimal dengan friksi sesedikit mungkin dan kerja sama yang besar, kepemimpinan merupakan kekuatan semangat/moral yang kreatif dan terarah. Dalam memimpin pentingnya dengan kepercayaan dan kreativitas yang tinggi dalam mendukung kesuksesan usaha dalam mecapai tujuan. maka dalam dunia usaha dibutuhkan seorang pemimpin yang inovatif dan adaptif.

 

REFRENSI

https://text-id.123dok.com/document/4zpm4r4vz-karakteristik-pemimpin-kewirausahaan-bahan-pembelajaran-diklat-calon-kepala-s.html

https://www.researchgate.net/publication/330137376_Karakteristik_Kepemimpinan_Dalam_Berwirausaha


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.