September 17, 2022

PENTINGNYA MEMPUNYAI JIWA KEPEMIMPINAN DALAM BERWIRAUSAHA

 


Oleh : Umi Nurul Solikhah (@V08-UMI)

ABSTRAK

Seorang pengusaha yang sukses tentunya memiliki jiwa kepemimpinan yang baik untuk menjalankan strategi bisnisnya. Untuk itu setiap orang yang ingin menjadi wirausahawan harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, jiwa kepemimpinan dalam berwirausaha itu sendiri agar seorang wirausaha mampu mengatur strategi dalam berwirausaha, dan mengontrol bawahannya, sehingga apa yang sudah direncanakan sejak awal akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Wirausahawan, Berwirausaha

PENDAHULUAN

Kepemimpinan bagi seorang Kewirausahaan adalah modal yang sangat berperan dalam mebangun sebuah usaha sama hal nya dengan kepercayaan dan kreativitas. Apabila kita mempunyai jiwa seorang pemimpin tentunya kita dibekali kreativitas dan kepercayaan, apabila kita menggabungkan kreativitas dan kepercayaan akan menjadi sebuah usaha yang sangat efektif, dan mungkin akan berpengaruh luas dan hidup.

Seorang wirausaha jika tidak mempunyai jiwa kepemimpinan yang kuat, maka usaha yang dibangun akan menjadi usaha kecil stagnant (tidak berkembang). Tanpa kepemimpinan, tidak ada visi besar yang dapat dibangun menjadi sebuah usaha besar. Kepemimpinan dibentuk bertahap sejalan dengan tumbuhnya usaha melihat dari sudut pandang pengetahuan, pengalaman, keterampilan, kreativitas, cara mengarahkan dan penerimaan.

Dalam suatu organisasi, kepemimpinan merupakan salah satu faktor utama yang mendukung kesuksesan organisasi dalam mencapai tujuan. Banyak ahli yang mencoba untuk mendefinisikan kepemimpinan. Kepemimpinan adalah seni mempengaruhi dan mengarahkan orang dengan cara kepatuhan, kepercayaan, hormat, dan kerja sama yang bersemangat dalam mencapai tujuan bersama (Timpe, 2002:181).

PERMASALAHAN

Tidak sedikit permasalahan yang harus dihadapi oleh suatu organisasi atau perusahaan bisnis. Menjadi seorang pemimpin tidak mudah, apalagi seorang pemimpin bisnis. Di satu sisi, harus memikirkan cara untuk terus menghasilkan keuntungan. Di sisi lain, juga harus mencari cara untuk memberdayakan sumber daya manusia yang ada. Dalam dunia bisnis tidak selamanya segala sesutau berjalan dengan mulus, adakalanya bertemu masalah yang harus diselesaikan dengan berbagai risiko, sehingga diperlukan leadership mindset dalam bisnis.

PEMBAHASAN

Pentingnya Jiwa Seorang Pemimpin dalam Berwirausaha

Kepemimpinan adalah proses dimana seorang yang dianggap lebih mempunyai kekuasaan bisa mengarahkan perilaku orang lain kearah pencapaian untuk memenuhi tujuan tertentu. Seorang wirausahawan yang sukses adalah pemipin yang bisa  mengarahkan karyawannya dengan baik. Seorang pemimpin dalam kewirausahaan bisa dikatakan sukses apabila dia percaya pada pertumbuhan perusahaan, efisiensi yang meningkat dan sukses membuat sebuah perusahan menjadi lebih berkembang dari sebelumnya.

Kepemimpinana dibutuhkan dalam kewirusahaan bertujuan untuk pelaksanaan dalam berwirausaha dapat berjalan lancar dan teroganisir dengan baik. Karena pada umumnya kepemimpinan merupakan proses mengarahkan perilaku orang lain ke arah tujuan tertentu, sehingga dengan adanya kepemimpinan di dalam kewirausahaan maka sebuah perusahaan akan mudah terorgganisir dalam mencapai tujuan tertentu. Di dalam sebuah perusahaan dibutuhkan sosok seorang pemimpin yang inovatif, kreativ, dan dapat bertamggung jawab dalam mengurus dan mengelola suatu usaha.

Tujuan Jiwa Seorang Pemimpin dalam Kewirausahaan

1.     Agar memiliki tujuan yang jelas untuk dicapai

Suatu perusahaan hendaknya memiliki tujuan yang akan  dicapai agar suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik,dengan adanya tujuan yang jelas dalam suatu perusahaan akan berdampak positif terhadap usaha yang sedang dijalankan.

2.     Agar dapat mengambil keputusan dan bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan oleh bawahannya

Kepemimpinan merupakan proses mengarahkan  perilaku kepada orang lain ke arah pencapaian tujuan yang hendak dicapai, maka pengarahan yang dimaksud menyebabkan bawahan bertindak dengan cara mengikuti arahan dari pemimpin, wirausaha yang berhasil merupakan pemimpin yang berhasil  memimpin bawahannya dengan baik dan terorganisir dan tentu saja akan berdampak baik juga terhadap perusahaan.

3.     Agar memiliki rasa tanggung jawab

Seorang pemimpin yang sukses di bidang kewirausahaan sudah pasti memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, karena tanggung jawab adalah salah satu sifat yang harus dimiliki setiap pemimpin apalagi dalam hal ini kita menyinggung seorang pemimpin yang memimpin sebuah perusahaan. Di dunia wirausaha seorang pemimpin yang tidak mempunyai rasa tanggung jawab, bukan tidak mungkin perusahan yang dia pimpin bisa menjadi bangkrut.

Peran Kepemimpinan dalam Kewirausahaan

1.     Menentukan Strategi Bisnis

Seorang pelaku bisnis bertanggung jawab menentukan arah perkembangan bisnisnya. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sukses, berapa banyak penjualan yang ingin dicapai serta berapa banyak pelanggan yang akan dilayani, semua hal ini membutuhkan strategi. Dalam sebuah bisnis diperlukan keterampilan untuk mengelola bagaimana kerjasama antar semua orang yang terlibat dalam bisnis sampai rekan bisnisnya. Selain itu juga harus menemukan formula yang tepat untuk meningkatkan keuntungan bisnis dan bagaimana mindset pelayanan bisa dipahami dan dilakukan oleh semua bidang dalam bisnis dengan baik.

2.     Orientasi Pada Solusi

Seorang pelaku bisnis yang baik selalu memiliki insiatif agar mampu memberikan solusi bagi permasalahan pelanggan terhadap bisnisnya. Seseorang yang berjiwa pemimpin, tidak sekedar hadir, namun mereka benar-benar memahami bagaimana menyelesaikan permasalahan tersebut. Para wirausaha yang memiliki leadership tentunya mau terlibat dalam proses bisnis yang berkaitan dengan perbaikan dan penyelesaian masalah.

3.     Koordinasi dalam Bisnis

Sikap kepemimpinan sangat dibutuhkan dalam bisnis salah satunya untuk mengarahkan dan mengkoordinasikan semua orang yang terlibat dalam bisnis, agar tercapai tujuan bersama. Arahan bisnis yang sudah ditetapkan tentunya harus dijalankan dengan baik, dan dalam prosesnya harus ada koordinasi dan komunikasi.Mengarahkan atau mengkoordinasikan berarti kita bertindak dan mengajak.

KESIMPULAN

Apabila kita ingin membangun sebuah usaha atau bisa disebut dengan wirausaha, maka kita harus memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat kuat, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang diluar ekspektasi. Seiring dengan berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi kita juga harus memiliki banyak pengalaman untuk memulai suatu usaha, guna untuk mengembangkan strategi memimpin suatu perusahaan.

DAFTAR PUSTAKA

Marditama, Theresia. (2020). Pengaruh Jiwa Kepemimpinan Terhadap Motivasi Berwirausaha. Manners, Vol. III, No. 2

Kartono, K. pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta.

Modul Mata Kuliah Kewirausahaan 3. Universitas Mercu Buana. Jakarta

Riadi, Muchlisin. (2015). Kepemimpinan Wirausaha. Retrieved September 17, 2022 from https://www.kajianpustaka.com/2015/08/kepemimpinan-wirausaha.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.