September 28, 2022

Strategi Peluncuran Usaha Baru Dan Produk Baru

Oleh: Putri Adelia (@V41-ADELIA)



Abstrak


Merumuskan strategic intent merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh perusahaan yang membangun usaha baru, menurut Darwin Silalahi CEO Booz Allen & Hamilton. Aspek yang masuk dalam strategic intent adalah visi, misi dan tujuan perusahaan. Perumusan ini akan berdampak pada perencanaan finansial perusahaan. Apabila perusahaan didirikan untuk tujuan meraih keuntungan jangka panjang atau membuka pasar baru, maka memerlukan komitmen dengan pemegang saham sebagai penyedia dana.


Pendahuluan


Pengembangan produk baru dilakukan dengan melibatkan tim pengembangan produk yang terdiri dari beberapa personel lintas fungsi. Dalam pengembangan produk baru, diperlukan perencanaan strategis yang disepakati oleh semua anggota tim agar pengembangan produk dapat tercapai dengan lebih baik. Tanpa adanya perencanaan strategis produk, maka kerja tim akan menjadi terhambat


Pembahasan


Langkah selanjutnya adalah mempunyai mekanisme atau proses pengambilan keputusan yang jelas. Sebagai pendatang baru di kancah bisnis tentunya perlu mengantisipasi perubahan secara cepat, baik yang menyangkut pasar, industri, regulasi, maupun persaingan. Untuk itu perlu pembagian tugas yang jelas dalam pengambilan keputusan antara pemilik, pemegang saham dan manajemen perusahaan. Terlalu ketatnya pemilik dan, atau pemegang saham mengawasi gerak manajemen akan sangat merepotkan pengambilan keputusan dari manajemen yang berkecimpung dalam dunia nyata bisnis.


Langkah penting selanjutnya adalah perencanaan keuangan yang baik dengan memperhitungkan kebutuhan modal awal sebelum perusahaan mampu menghasilkan laba. Proyeksi cash flow harus dibuat setiap bulan dan mencadangkan kebutuhan dana dalam masa kritis perusahaan (Darwin, Swa 06 2001). Untuk perusahaan baru perlu pula untuk menyertakan proyeksi permintaan dan pangsa pasar yang ada. Menurut Darwin, kunci rencana yang baik adalah proyeksi dan asumsi pertumbuhan industri, pangsa pasar, harga produk/jasa yang ditawarkan, regulasi, biaya operasional, dan investasi yang realistik.


Tim manajemen yang andal, tentunya juga harus dimiliki oleh perusahaan baru jika ingin berhasil. Bahkan, siapa yang duduk di posisi puncak perusahaan, sangat menentukan nilai perusahaan tersebut. Makin tinggi nilai perusahaan, makin besar peluang sukses membangun usaha baru. Selain kemampuan dan pengalaman, tim manajemen puncak perlu punya kesamaan visi dan misi.


Terakhir, perusahaan harus memiliki pemahaman industri dan product life cycle. Percuma berinvestasi besar-besaran tapi pasar yang ada belum siap. Jika industri tersebut berprospek di masa depan yang memerlukan edukasi terlebih dahulu, sebaiknya dilakukan investasi yang terkendali.


Kesimpulan 


Adapun produk yang diprediksikan mampu mempertahankan keberhasilannya secara berkelanjutan adalah produk yang ditopang oleh sistem informasi pemasaran yang kuat, segmentasi, targeting, positioning dan diferensiasiyang tepat. Faktor yang perlu diwaspadai adalah promosi yang kreatif dan distribusi. Promosi yang kreatif akan menarik bagi konsumen relatif untuk membeli, tapi tanpa ada distribusi yang baik ketersediaan produk akan terganggu sehingga calon pembeli akan pindah ke produk pesaing.


Referensi


Afia Hidayat, Atep. Modul Kewirausahaan 5.  Product Development, Global Market Alignment, Recruitment and Hiring Strategies. Universitas Mercu Buana Jakarta.


Dian Safitri PK. Strategi Peluncuran Usaha Baru Dan Produk Baru. Jurnal Ilmiah Ekonomika Volume 14 Nomor 4, Nopember 2011 : 146 ± 175.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.