September 21, 2022

Strategi Untuk Menembus Pasar Internasional

 


Oleh: Yulfara Kartini (@V05-Yulfara)

Abstrak

Latar belakang artikel ini yaitu adanya perkembangan ekonomi. Hal ini yang menyebabkan entrepreneur harus dapat berkembang juga bahkan hingga memperjual belikan produknya di pasar internasional. Artikel ini bertujuan agar para entrepreneur di Indonesia dapat menjangkau bahkan mamasuki pasar internasional, dimana pasar global ini memiliki potensi yang luar biasa dengan jangkauan konsumen yang sangat luas. Terdapat upaya yang harus dilakukan oleh entrepreneur untuk dapat memasuki bahkan bertahan di pasar global. Perdagangan global ini menjadi penting bagi sebuah negara, karena hal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menyediakan pasar bagi produk-produknya dan akses ke sumber-sumber daya yang dibutuhkan.

Keywords: Pasar Internasional, Entrepreneur, Pertumbuhan Ekonomi.

Pendahuluan

Perkembangan kondisi ekonomi saat ini menuntut seorang entrepreneur untuk selalu update terhadap perubahan lingkungan yang terjadi. Seiring dengan semakin matangnya pasar domestik dan melambatnya pertumbuhan penjualan, maka perusahaan-perusahaan di setiap industri akan menyadari meningkatnya arti penting pengembangan bisnis di negara-negara lain. Jika berbicara mengenai strategi maka kondisi eksternal nantinya akan mempengaruhi strategi yang akan dipergunakan oleh perusahaan. Selain perluasan pasar, penyebaran produk, meningkatkan citra perusahaan dengan merek yang dikenal di pasar global, juga peningkatan omzet perusahaan. Perdagangan global adalah hal yang vital bagi sebuah negara dan bisnisnya, karena hal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menyediakan pasar bagi produk-produknya dan akses ke sumber-sumber daya yang dibutuhkan.

Permasalahan

Memasuki pasar dengan jangkauan internasional tidaklah mudah, selain banyaknya kompetitor terdapat jangkauan konsumen yang terlalu luas sehingga harus memastikan target pasar yang sebenarnya. Kondisi persaingan saat ini menyebabkan perusahaan harus ikut serta sebagai pelaku dalam perdagangan internasional jika ingin bertahan dan mendapatkan profit yang lebih. Keadaan ini kemudian harus direspon cepat dengan berbagai cara atau strategi dari perusahaan yang ada di tanah air yang pasarnya sudah jenuh dengan pasar nasional saat ini.

Pembahasan

Pasar global masih memiliki potensi yang sangat baik untuk memasarkan produk yang ditawarkan. Namun, perlu dipastikan seorang entrepreneur dapat memanfaatkan seluruh potensi yang ada dengan strategi yang matang dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Ada beberapa cara seorang entrepreneur lakukan untuk bertahan dan memasuki pasar global dengan performa yang baik yaitu:

1.     Mempelajari Regulasi dan Persyaratan

Pahamilah seluruh regulasi dan hukum perdagangan internasional dan juga negara tujuan untuk memasarkan produk. Terkadang, satu negara memiliki regulasi yang berbeda satu sama lain. Mempelajari regulasi dan persyaratan bisa dibilang sangat kompleks, namun mempelajari persyaratan ini termasuk penting. Tidak teliti dalam mendalami persyaratan dapat menimbulkan kerugian di transaksi dan perdagangan yang sudah terlanjur dijalankan.

2.     Melakukan Riset Pasar Baru

Carilah pasar dimana produk yang ditawarkan bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Hadiri pameran dagang dipasar sasaran untuk menjalin kontak baru dan belajar tentang budaya bisnis lokal.

3.     Memilih Cara Penetrasi Pasar yang Tepat

Seorang entrepreneur harus memastikan bahwa produk yang ditawarkan dikenal dan terjual dengan baik di negara tujuan dimana produk dipasarkan. Serta harus memastikan kejelasan tanggung jawab untuk pengiriman dan pembayaran.

4.     Mulai Melakukan Pemasaran

Situs media sosial global seperti Instagram, Facebook dan Twitter juga dapat membantu seorang entrepreneur untuk mempromosikan produk dengan cepat dan gratis.

5.     Legalitas Bisnis

Pastikan produk yang dipasarkan sudah mengikuti peraturan legalitas yang jelas sesuai dengan peraturan pemerintah dan undang-undang di Indonesia. Walaupun produk miliki pemilik bisnis sesuai dengan legalitas luar negeri, apabila produk tidak mengikuti legalitas Indonesia maka sama saja produk tidak dapat terjual dengan baik.

6.     Memilih Transportasi Logistik yang Tepat

Pastikan seorang entrepreneur memahami transportasi logistik yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Serta memastikan asuransi yang dikenakan oleh perusahaan logistik yang dipilih.

7.     Metode Pembayaran Internasional

Memastikan bahwa seorang entrepreneur memiliki rekening bank untuk transaksi internasional demi memudahkan ekspor dan impor luar negeri. Biaya administrasi tiap bulannya tentu mahal apabila dibandingkan dengan rekening lokal. Karena itu dianjurkan seorang entrepreneur memilih satu jenis bank dengan biaya administrasi yang paling rendah.

8.     Melakukan Pencatatan pada Setiap Transaksi yang Terjadi

Setiap transaksi yang terjadi pada suatu bisnis, baik itu pengeluaran dan pemasukan ada baiknya diacatat pada sistem pembukuan yang baik dan sesuai standar. Karena kemungkinan transaksi yang terjadi di pasar internasional diharuskan membayar pajak. Ini tentu akan menyebabkan kesulitan untuk memantau keuntungan, pengeluaran dan pemasukan, terlebih jika transaksi tersebut menggunakan mata uang asing.

Kesimpulan

Dalam konteks persaingan global yang semakin terbuka seperti saat ini, banyak tantangan yang harus dihadapi. Perdagangan global merupakan hal vital bagi sebuah negara dan bisnisnya, karena hal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menyediakan pasar bagi produk-produknya dan akses ke sumber-sumber daya yang dibutuhkan. Untuk mampu bertahan dan memasuki pasar global terdapat beberapa hal yang harus dilakukan antara lain: mempelajari regulasi dan persyaratan, melakukan riset pasar baru, memilih cara penetrasi pasar yang tepat, mulai melakukan pemasaran, legalitas bisnis, mmilih transportasi logistic yang tepat, metode pembayaran internasional serta melakukan pencatatan pada setiap transaksi yang terjadi.

Daftar Pustaka

Yatna, C.N. (2017). Memasuki Pasar Internasional. Online.

Mislan, S. (2016). Bisnis Global. Jurnal Ilmiah Methonomi Vol. 2 No. 2.

Gie (2020). Ingin Bisnis Menembus Pasar Internasional. Online.

Ningsih, R.W. (2018). Kewirausahaan Global. Sekolah Tinggi Agama Islam Bengkalis.

Hidayat, A.A. (2022). Modul Kewirausahaan III: Strategies For Going Global and Barrier to Internasional Trade. Universitas Mercu Buana. Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.