September 25, 2022

WIRAUSAHAWAN INDONESIA SIAP MENDUNIA

Oleh : Marlina Christiaji (@V24-Marlina)

Abstrak

Manusia harus terus berkembang untuk bertahan ditengah-tengah kesulitan dan peluang yang ada. Kemudahan yang terjadi sebagai dampak baik dari era globalisasi yang memajukan teknologi dan informasi harus dimanfaatkan dengan sebaik dan setepat mungkin agar menjadi suatu langkah awal kesuksesan seorang wirausahawan. Wirausahawan harus berpikir kreatif dan inovatif terhadap peluang-peluang yang ada, rasa ingin maju dan berkembang harus diciptakan. Mencoba sebuah hal baru untuk kemajuan dan kesuksesan usaha harus dimulai dan dihadapi, walaupun akan banyak hambatan yang harus dihadapi agar usaha bisa dikenal hingga kancah Internasional.

Kata kunci : Wirausahawan, Teknologi, Internasional

Pendahuluan

Era globalisasi memberikan banyak perubahan dalam berbagi aspek kehidupan didunia. Segala kemudahan dan kemajuan teknologi dan informasi membawa dampak yang sangat baik bagi kehidupan masyarakat. Pesatnya perkembangan zaman di era globalisasi dan industrialisasi dengan bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia telah banyak menimbulkan permasalahan, salah satunya adalah menyempitnya lapangan pekerjaan, kesempatan kerja dengan orang yang mencari kerja lebih banyak orang yang mencari kerja. Kewirausahaan saat ini menjadi salah satu pilihan untuk kehidupan dimasa depan yang lebih baik. Dalam berwirausaha, para wirausahawan harus memiliki pemikiran yang kreatif, inovatif dan berani untuk mengambil peluang serta menghadapi peluang. Kemajuan teknologi dan informasi juga memberikan kemudahan dalam berwirausaha, hal ini menjadi peluang yang sangat bagus bagi para wirausahawan. Dengan kemudahan yang ada, memberikan sebuah akses yang lebih mudah untuk mengembangkan usahanya. Usaha yang awalnya dipikirkan hanya untuk bagaimana cara bertahannya, kini para wirausahawan harus bisa berpikir visioner untuk memiliki strategi agar usahanya bisa mendunia dan masuk kedalam pasar global. Hal ini kini bukanlah hal yang sulit untuk dicapai selama para wirausahawan berpikir kreatif dan inovatif untuk idenya, berpikir dengan baik mengenai strateginya, dan berani menghadapi rintangannya. 

Pembahasan

I. Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan dan mengelola sesuatu yang baru melalui proses kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang sukses, memecahkan persoalan, dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan atau usaha. Menurut Thomas W. Zimmerer (1996), kewirausahaan adalah hasil dari suatu disiplin serta proses sistematis penerapan kreativitas dan inovasi dalam memenuhi kebutuhan dan peluang di pasar. Sedangkan, Acmad Sanusi (1994) mendefinisikan kewirausahaan sebagai suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis. Kirzner (1973) mendefinisikan kewirausahaan adalah kemampuan untuk melihat peluang baru. Pengakuan dan pemanfaatan peluang ini akan cenderung untuk memperbaiki pasar dan membawanya kembali ke keseimbangan.

II. Kewirausahaan di era globalisasi 

Wirausahawan adalah seseorang yang mampu melihat adanya peluang kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut untuk memulai suatu bisnis yang baru.  Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya popular, dan bentuk bentuk interaksi yang lain. Era Globalisasi bagi para wirausahawan merupakan sebuah peluang dalam mengembangkan usahanya agar bisa diterima oleh para konsumennya, baik dari dalam maupun luar negeri dengan memanfaatkan jaringan internet. Dengan semua kemudahan yang ada maka tidak menjadi hal yang sulit untuk para wirausahawan mencoba untuk memasarkan produknya tidak hanya pada masyarakat lokal namun juga pada pasar global. Globalisasi telah mengubah cara wirausaha berbisnis dan mempengaruhi kesuksesan maupun kegagalan sebuah usaha. Menurut Audretsh (2003), globalisasi telah mempengaruhi praktik Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam dua cara, yaitu memfasilitasi aktivitas transnasional bagi UKM dan mengubah Peran UKM di dalam negeri itu sendiri.

III. Strategi wirausahawan untuk sukses mendunia

UKM seringkali dipandang sebagai usaha yang kurang efisien dibandingkan dengan perusahaan yang lebih besar. Bagi UKM memasuki pasar global yang lebih luas dapat diprediksi akan memberikan lingkungan yang lebih labil untuk dapatbertahan dalam jangka panjang. Namun demikiary UKM yang berhasil bertahan di pasar global akan menjadi agen perubahan bagi negaranya serta dapat mempengaruhi perekonomian di negara tersebut. Salah satu indikator kesuksesan bisnis adalah ketika bisnis tersebut telah dikenal secara luas, tidak hanya di lingkungan lokal saja tetapi juga telah mampu mengembangkan bisnisnya secara internasional. Perkembangan teknologi informasi yang makin pesat dan kian user friendly, membuka peluang bagi para wirausaha masa kini untuk menjadikan bisnisnya sebagai sebuah bisnis global menyusul kesuksesan perusahaan-perusahaan ternama yang lebih dulu masuk dan sukses di pasar global. Karakteristik pasar yang hampir tidak lagi mengenal batasanwilayah geografis dengan adanya internet saat ini, bahkan memungkinkan wirausaha-wirausaha kecil untuk memperluas jaringan bisnisnya ke pasar global dengan mudah.

Menjadi bisnis bertaraf global tidak pernah mudah. Ini dapat memiliki dampak signifikan pada aktivitas bisnis Anda yang sudah ada, jadi Anda harus menentukan apakah hasil positif lebih besar daripada risikonya, kemudian buat langkah yang diperhitungkan. Untuk melangkah kepasar internasional wirausahawan harus memiliki strategi yang baik agar produk bisa bersaing dengan produk-produk lain dipasar global, seperti :

  • Menggunakan teknologi dengan baik karena ekspansi bisnis yang sukses hingga ke luar negeri hanya akan mungkin jika wirausahawan memiliki pemahaman yang kuat tentang teknologi dan bagaimana menerapkannya secara maksimal di bisnis yang dijalankan.
  • Dapat beradaptasi dengan cepat dan baik karena kunci sukses dalam berbisnis adalah mampu beradaptasi. Pemimpin yang bisa beradaptasi dengan pasar luar negeri dan mampu menavigasi perusahaannya dengan yakin tanpa keraguan, biasanya akan berhasil dalam menjalankan bisnis.
  • Menjaga hubungan bisnis, sebuah prioritas utama ketika mengembangkan bisnis di seluruh dunia adalah menjaga bagaimana agar biaya bisa rendah namun memiliki margin keuntungan yang kuat sebanyak mungkin. Untuk melakukan hal ini, penting untuk memelihara hubungan bisnis di pasar internasional yang dimiliki.    
  • Kerja sama tim yang baik dan profesional, karena perusahaan yang sukses biasanya memiliki kesamaan dan kemampuan untuk terus-menerus melihat peluang yang terang dan bakat terbaik yang dapat mendorong bisnis ke depan. Ini bahkan lebih penting ketika berencana mengembangkan bisnis secara internasional.

Penutup

Dengan kemajuan teknologi dan informasi yang ada, tidak mustahil untuk para wirausahawan Indonesia untuk memajukan bisnisnya ke kancah pasar global. Meskipun tidak mudah dan tentunya akan banyak hambatan namun jika para wirausahawan Indonesia memiliki keinginan maka ini dapat terlaksanakan. Strategi yang tepat menjadi sebuah modal terpenting dalam menjalankan sebuah langkah terbaik untuk hasil yang terbaik

Daftar Pustaka

Modul Perkuliahan Kewirausahaan III,  Strategies For Going Global and Barrier to International Trade – Atep Afia Hidayat,Ir.MP,  2022

Afiah Nur Nunuy. 2009. Peran Kewirausahaan Dalam Memperkuat UKM Indonesia Menghadapi Krisis Finansial Global. Bandung

Dipta, Wayan, 2011. Model Pengembangan Wirausaha. Infokop. Vol. 19 – p. 53 – 66.

Hasan Ishak, 2011. Penguatan Komopetensi Kewirausahaan dan Daya Saing UKM Komoditi Unggulan Ekspor. Infokop. Vol. 19 – p. 38 -52.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.