Oktober 30, 2022

Berkomunikasi Dalam Konteks Hubungan Masyarakat


@V35-Kamaludin

Abstrak

        Public Relations (PR) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu organisasi atau perusahaan, baik komersial maupun non komersial. Melibatkan pengelolaan hubungan eksternal dan internal dalam organisasi. Hubungan eksternal atau internal yang terkait bisa berupa kerjasama antar perusahaan atau organisasi dengan tujuan untuk sama-sama saling menguntungkan atau nilai positif. Peran humas atau lebih dikenal dengan istilah humas tentunya sangat penting bagi seluruh organisasi dan humas memiliki peran yang besar dalam membangun citra perusahaan atau organisasi. Mengkomunikasikan segala bentuk informasi tentang perusahaan kepada publik, pelanggan atau investor. Dapat dikatakan bahwa insan Humas adalah wajah dari organisasi itu sendiri. Ia harus mengetahui seluk beluk segala informasi yang berkaitan dengan organisasi secara detail. Lebih jauh lagi, ia membawa citra sebuah organisasi, sehingga ini harus tercermin dalam penampilan dan tata bahasa aturan.

Kata kunci : Public Relations (PR), Komunikasi dua arah.

Pendahuluan

        Public Relations atau PR adalah istilah berkomunkasi dengan dua arah antara yang satu dengan yang lainnya. Humas merupakan gambaran wajah seseorang yang memiliki cara komunikasi yang baik antara kedua belah pihak atau bisa disebut narahubung. Menurut Onong, Humas atau Public relations juga merupakan kegiatan komunikasi dua arah secara timbal-balik antara suatu organisasi dengan publik lainnya, publik internal maupun eksternal baik, dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan manajemen organisasi tersebut, dengan meningkatkan pembinaan kerjasama dan memenuhi kepentingan bersama, yang dilandasi atas asas saling pengertian dan saling mempercayai. 

Pembahasan

    Menurut Kotler dan Amstrong (2008: 168), "Hubungan masyarakat (public relation-PR) adalah membangun hubungan baik dengan berbagai masyarakat perusahaan dengan memperoleh publisitas yang diinginkan, membangun citra perusahaan yang baik, dan menangani atau menghadapi rumor, cerita, dan kejadian tak menyenangkan. Humas sendiri mempunyai peran, tugas dan tekniknya, yaitu ;

Peran Humas
        Dikutip dari buku Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi (2005) oleh Rosady Ruslan, menyebutkan beberapa peran dari humas sebagai berikut: 
  1. Sebagai communicator, yaitu penghubung antara organisasi atau perusahaannya dengan publiknya
  2. Membina relationship, artinya berupaya membina hubungan yang baik dan saling menguntungkan dengan publiknya
  3. Berperan sebagai back up management, yaitu sebagai peundukung dalam fungsi manajemen dalam organisasi atau perusahaannya 
  4. Membentuk corporate image, yakni menciptakan citra yang baik bagi organisasi atau perusahaannya
Tugas Humas
    Manajemen Public Relations (2008) oleh Morissan, pekerjaan atau tugas humas mencakup hal-hal sebagai berikut: 
  1. Humas memiliki kaitan erat dengan opini publik
    Humas berupaya untuk memengaruhi publik agar memberikan opini positif kepada organisasi. humas juga berupaya mengumpulkan informasi dari publik.
  2. Humas memiliki kaitan erat dengan komunikasi
    Seorang humas harus bertanggung jawab pada kepentingan organisasi atau perusahaan karena humas menjadi wajah dari orang banyak dan khalayak.
  3. Humas merupakan fungsi manajemen
    Humas membantu manajemen dalam meetapkan tujuan yang ingin dicapai dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang berubah.
Teknik-Teknik dalam Humas
  1. Jurnalistik
    Bidang jurnalistik. Setidaknya, para praktisi public relation bisa menguasai beberapa materi mengenai teknik menulis reportase dan juga berita, fitur dan tips penulisan artikel, teknik wawancara, bahasa jurnalistik, dan hal lain yang berhubungan dengan jurnalistik atau keterampilan penulis untuk mendukung kegiatan institusional seperti halnya advertorial, menulis siaran pers, buletin, profil perusahaan, dan majalah internal.
  2. Komunikasi Visual
    Selain perlu menguasai kemampuan menulis, seorang public relation juga harus bisa menyajikan informasi secara akurat dan meyakinkan untuk publik, media, dan anggota internal perusahaan ataupun organisasi.
  3. Relasi
    Karena media bisa menggiring opini publik, sehingga bisa menciptakan sentimen positif hingga sentimen negatif tentang suatu perusahaan atau organisasi. Itulah sebabnya praktisi public relation dituntut untuk bisa membangun dan mempunyai relasi yang bagus dengan awak media.
  4. Manajemen Publik
    Publik sendiri akan mempengaruhi pertumbuhan dan juga kekuatan bersaing suatu perusahaan ataupun organisasi. Oleh karena itu, kemampuan manajemen publik yang baik bisa memudahkan penetrasi bisnis ke berbagai segmen.
  5. Interpersonal
    Masih berkaitan dengan membangun relasi dengan publik dan media, membangun relasi dengan pihak tersebut pastikan akan membutuhkan kemampuan interpersonal yang baik. Supaya tidak terjadi ketersinggungan antara internal perusahaan dan juga pihak luar.

Kesimpulan

        Tujuan sentral Public Relations iniadalah mengacu kepada kepentingan pencapaian sasaran (target) tersendiri atau tujuan untuk menciptakan suatu citra dan reputasi postitif pada suatu lembaga. Peran humas atau lebih dikenal dengan istilah humas tentunya sangat penting bagi seluruh organisasi dan humas memiliki peran yang besar dalam membangun citra perusahaan atau organisasi. sOleh karena itu Humas sebagai suatu usaha yang dilakukan secara terus menerus dan secara sengaja untuk membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara perusahaan dan masyarakat secara umum.

Daftar Pustaka

Musyarrofah, Mifrohatul. (2018, Juni 1). PERAN HUMAS DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN TINGGI. Probolinggo : Universitas Nurul Jadid. Jurnal Idarah Vol.2, No.1.

Afia Hidayat, Atep. (2022). Modul 9 Kewirausahaan : Marketing Development, Advertisement, Digitalization and Modernization (Utilizing relevant software and tool inline with productivity). Jakarta: Universitas Mercu Buana Jakarta.

Umam. Pengertian Public Relation: Tugas, Tantangan, Tujuan dan Teknik. Gramedia.com. Di akses oleh : https://www.gramedia.com/literasi/public-relation-adalah/

Priyatna Darmawan, Aditya. (2022, Maret 18). Hubungan Masyarakat: Pengertian, Tugas, Peran, dan Tujuannya. Kompas.com. Diakses oleh : https://www.kompas.com/skola/read/2022/03/18/130000869/hubungan-masyarakat--pengertian-tugas-peran-dan-tujuannya?page=all






1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.