Oktober 09, 2022

Keunggulan Bersaing Sehat Dalam Pasar Kewirausahaan

Oleh : (@V35-Kamaludin)

Abstrak

        Dalam dunia bisnis, yang diketahui pasti ada yang namanya persaingan dalam berwirausaha, terlepas dari itu bagaimana kita sebagai wirausahawan menangani hal tersebut secara sehat dan manusiawi, yang terjadi dipasaran adalah dimana kita memulai sesuatu bisnis yang populer, maka semakin banyak pula persaingan dipasaran, yang semua orang mau ketika bersaing adalah kemenangan, untuk memperoleh kemenangan tersebut, dibutuhkan strategi yang jitu dalam menghadapi pesaing yang ada dipasaran. Kewirausahan bukan hanya sekedar berbisnis tapi juga memikirkan sesuatu untuk kedepannya usaha yang kita jalani berjalan lancar tanpa ada kendala.

Kata Kunci : Bisnis, Bersaing, Pasar, Kewirausahaan.

Pendahuluan

     Untuk menciptakan sebuah kemenangan dalam dunia persaingan, diperlukan berbagai cara untuk menghadapi hal tersebut, memang dalam dunia perbisnisan kita tidak luput dari yang namanya bersaing, maka dari itu dalam sebuah pasar bisnis, bersaing itu salah satu cara dengan memaksimalkan bisnis demi mengembangkan usahanya. Kewirausahaan sebagai kemampuan dalam berkreasi dari hasil pemikiran kreatif dalam rangka mewujudkan inovasi untuk memanfaatkan peluang menuju sebuah kesuksesan. Keunggulan Bersaing sehat artinya yaitu persaingan yang tidak menjatuhkan orang lain, untuk persaingannya dengan meningkatkan kemampuan kita. Keuntungan bisa didapatkan dengan mudah ketika pebisnis berhasil membuat produk sukses menguasai pasar, memiliki pangsa pasar yang banyak serta laku dipasaran.

Pembahasan

        Keunggulan bersaing menurut Thomas W, Zimmer dan Norman M, Scarborough (2008 : 116) adalah sekumpulan faktor yang membedakan perusahaan kecil dari para pesaingnya dan memberikannya posisi unik di pasar sehingga lebih unggul dari pada pesaingnya. Sedangkan menurut Porter (1990, p.03) keunggulan bersaing adalah jantung kinerja pemasaran untuk menghadapi pesaing. Keunggulan bersaing diartikan sebagai strategi benefit dari perusahaan yang melakukan kerjasama untuk menciptakan keunggulan bersaing yang lebih efektif dalam pasarnya. Strategi ini harus didesain untuk mewujudkan keunggulan bersaing yang terus menerus sehingga perusahaan dapat mendominasi baik dipasar lama maupun pasar baru. Berikut empat tips bersaing secara sehat ;
  1. Menentukan SWOT
    SWOT sendiri adalah kepanjangan dari strength, weakness, opportunitiy dan threats. Di mana melalui SWOT ini, seorang yang bersaing dalam bidang kewirausahaan bisa mengetahui dengan lebih mendetail apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam bisnis kalian. Setelah mengetahui keempat hal ini, seorang pebisnis bisa menggunakan kekuatan dalam bisnis yang dikelola sebagai daya tarik untuk menarik konsumen. 
  2. Ketahui keinginan pelanggan
    Mengetahui apa yang menjadi keinginan pelanggan adalakh kunci yang harus dimiliki oleh semua pebisnis. Kalian bisa mencari tahu apa yang menjadi keinginan pelanggan dengan mengadakan survei kepada pelanggan yang sesuai dengan target pasar.
  3. Inovasi
    Melakukan inovasi dan pembaruan adalah hal yang wajib dilakukan oleh pebisnis.  Kenapa harus melakukan inovasi pada bisnis yang kita jalani ? Karena setiap harinya akan ada banyak bermunculan bisnis serupa dan bisa jadi meniru bisnis kalian serta pada akhirnya menjadi persaingan.
  4. Memiliki rencana kedepan
    rencana itu penting untuk suatu bisnis, apalagi dalam dunia persaingan, misalkan untuk 5 atau 10 tahun kedepan, bisnis ini nantinya bagaimana dan mau dijadikan apa. 
Adapun keunggulan bersaing sehat dalam pasar kewirausahaan yaitu ;
  1. Mendorong untuk berfikir inovatif
    Ketika pelaku bisnis menghadapi persaingan, secara tidak langsung akan membuat pelaku bisnis mampu berfikir untuk lebih inovatif sehingga akan timbul beberapa kreasi baru yang diciptakan. Terlebih ketika dihadapi kesulitan terkait persaingan bisnis, maka pelaku bisnis akan terdorong untuk mendapatkan ide-ide yang baru dan lebih segar agar kinerja bisnis yang dijalankan dapat lebih berjalan sukses dibandingkan dengan pesaing bisnisnya.
  2. Mendorong untuk meningkatkan pelayanan
    Manfaat persaingan dalam berbisnis hadir agar dapat mendorong pelaku bisnis untuk lebih meningkatkan pelayanan. Baik itu meningkatkan kualitas pelayanan dalam hal seperti bersikap baik dan ramah kepada konsumen, ataupun dengan meningkatkan pelayanan berupa menjaga kualitas atau bahkan meningkatkan kualitas produk atau jasa yang diberikan.
  3. Memberikan motivasi tinggi
    Adanya persaingan yang disebabkan banyak faktor inilah mendorong pelaku bisnis untuk tetap mempertahankan bisnisnya dengan berbagai strategi bisnis yang tepat. Sehingga pelaku bisnis yang memiliki motivasi untuk bertahan dan mengembangkan bisnisnya akan lebih mudah menemukan solusi untuk menghadapi persaingan bisnis. Seperti misalnya mencari dan mengembangkan sisi positif atau keunggulan yang menjadi ciri khas dan berbeda dari produk atau jasa lain.
  4. Memberikan pembelajaran dan pengalaman
    Ketika pelaku bisnis menjadikan kesuksesan yang diraih oleh pesaing sebagai pengalaman dan pembelajaran maka akan memberikan dampak kepada pelaku bisnis untuk lebih belajar banyak lagi. Selain itu, dapat dijadikan pengalaman serta pembelajaran di kemudian hari untuk lebih tepat dalam bertindak. Mengingat kegagalan tidak selamanya membuat gagal, kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda.

Kesimpulan

        Di mana melalui SWOT ini, seorang yang bersaing dalam bidang kewirausahaan bisa mengetahui dengan lebih mendetail apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam bisnis kalian. Adapun keunggulan bersaing sehat dalam pasar kewirausahaan yaitu ; Mendorong untuk berfikir inovatif Ketika pelaku bisnis menghadapi persaingan, secara tidak langsung akan membuat pelaku bisnis mampu berfikir untuk lebih inovatif sehingga akan timbul beberapa kreasi baru yang diciptakan. Terlebih ketika dihadapi kesulitan terkait persaingan bisnis, maka pelaku bisnis akan terdorong untuk mendapatkan ide-ide yang baru dan lebih segar agar kinerja bisnis yang dijalankan dapat lebih berjalan sukses dibandingkan dengan pesaing bisnisnya. Memberikan pembelajaran dan pengalaman Ketika pelaku bisnis menjadikan kesuksesan yang diraih oleh pesaing sebagai pengalaman dan pembelajaran maka akan memberikan dampak kepada pelaku bisnis untuk lebih belajar banyak lagi.

Referensi

Sanawiri, Brillyanes & Iqbal, Mohammad. (2018). Kewirausahaan. Malang. UB Press.

Modul 6 Mata Kuliah Kewirausahaan 3. Universitas Mercu Buana. Jakarta.

https://kumparan.com/karjaid/4-tips-bersaing-sehat-dengan-kompetitor-dalam-berbisnis-1t4zJvcf6r7/full




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.