Oktober 05, 2022

Market Orientation

Muhammad Fikri Aditya 41619010033 (@V03-FIKRI)


Dalam arti kata orientasi pasar mencerminkan filosofi suatu organisasi untuk mengindentifikasi dan memenuhi keinginan konsumen dengan menjadi lebih adaptif dalam menanggapi kondisi pasar.

Orientasi pasar adalah pendekatan bisnis di mana proses pengembangan dan penciptaan produk difokuskan pada pemenuhan kebutuhan konsumen. Ini adalah jenis teknik orientasi pemasaran yang merancang produk dengan kualitas yang diinginkan pelanggan, yang sama sekali berbeda dari pendekatan pemasaran konvensional.

Cara Kerja Orientasi Pasar

Orientasi pasar lebih merupakan pendekatan terhadap desain produk daripada promosi. Ini berarti bahwa prioritasnya adalah menganalisis target audiens dan menentukan kebutuhan mereka alih-alih melakukan aktivitas promosi atau penjualan apa pun. Kebutuhan tersebut tetap diingat saat mengembangkan dan meningkatkan penawaran produk.

Organisasi yang berorientasi pasar menggunakan pendekatan yang berpusat pada pelanggan, yang berarti bahwa kekhawatiran yang paling mendesak, kebutuhan mendesak, dan preferensi pribadi dari basis konsumen harus diteliti.

Strategi harus difokuskan pada nilai-nilai, budaya, dan sifat-sifat perilaku lainnya dari basis konsumen. Dengan demikian, upaya pengembangan organisasi difokuskan pada karakteristik yang paling banyak dituntut. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dengan pasar yang berbeda dan meningkatkan daya saing.

Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Usaha

Orientasi pasar membantu perusahaan menentukan strategi dan pendekatan untuk memahami pasar. Perusahaan yang berorientasi pasar akan memiliki kinerja yang lebih baik dalam memahami pelanggan dan pesaingnya (Lings dan Greenley, 2009). Orientasi pasar yang diterapkan akan membentuk hubungan dengan pelanggan yang lebih baik yang dapat meningkatkan hasil kinerja penjualan, pertumbuhan, pangsa pasar dan profit. Orientasi pasar memberikan pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan, dan bisnis yang mengadopsi orientasi pasar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cara yang lebih baik (Grainer dan Padanyi, 2005). Orientasi pasar memiliki efek langsung terhadap kinerja perusahaan bukan hanya pada hasil pemasaran, tetapi orientasi pasar telah menjadi unsur penting yang telah menjembatani penelitian antara pemasaran dan manajemen.

perusahaan yang mampu meningkatkan orientasi pasar akan meningkatkan kinerjanya di pasar. Ciri perusahaan yang menerapkan orientasi pasar dapat dilihat dari seberapa besar pemahaman mereka untuk memenuhi kebutuhan pelanggan saat ini dan masa depan serta menggunakan kemampuan mereka untuk menawarkan solusi kebutuhan yang lebih unggul daripada pesaing. Kirca, Jayachandran, dan Bearden (2005) menyatakan bahwa orientasi pasar memiliki pengaruh terhadap kinerja organisasi secara keseluruhan. Jain dan Bhatia (2007) melakukan penelitian terhadap 600 Chief Executive Officers, Chief Marketing Officer, dan Senior Officers pada perusahaan manufaktur di New Delhi, India dan memperoleh temuan bahwa orientasi pasar memiliki pengaruh positif terhadap pertumbuhan penjualan, market share dan kepuasan konsumen. Dengan demikian, budaya orientasi pasar yang diterapkan pada suatu perusahaan berpengaruh terhadap meningkatnya penjualan, pertumbuhan, dan profit perusahaan.

Keuntungan Orientasi Pasar

  1. Sebagian besar konsumen juga berhubungan dengan tren pasar, dan dengan jelas memahami kebutuhan dan aspirasi mereka. Melakukan analisis data dapat mengungkapkan tren dan keinginan yang tidak eksplisit. Ini dapat berperan penting dalam mengantisipasi kebutuhan konsumen dan mengadaptasi organisasi yang berorientasi pasar sebagai organisasi yang membentuk perilaku konsumen daripada yang bereaksi terhadapnya.
  2. Tuntutan konsumen seringkali tampak tidak praktis, tetapi pengetahuan mereka dapat menjadi sangat penting dalam proses pengambilan keputusan jangka panjang. Ide-ide yang tidak hemat biaya dalam status quo dapat digunakan di tengah perubahan kondisi pasar di masa depan. Mereka dapat digunakan untuk strategi pengembangan jangka panjang.
  3. Data yang dikumpulkan untuk pengembangan produk juga dapat digunakan pasca-peluncuran untuk meningkatkan layanan pelanggan. Dukungan produk yang efisien yang mengatasi kekhawatiran yang diajukan oleh konsumen sangat penting dalam mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi. Ini meningkatkan loyalitas merek dan iklan dari mulut ke mulut oleh konsumen yang ada.

 

 

References:

Silviasih., Slamet, Franky., Iskandar, Denny. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Pada Pemilik UMKM Sektor Manufaktur Garmen Di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, Vol. 16, No. 1. Jakarta: Universitas Tarumanagara, Universitas Kristes Krida Wacana.

Shapiro, Benson P. What the Hell is “Market Oriented”. Harvard Business School.

CFI Team. 2022. Market Orientation. CFI.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.