Oktober 16, 2022

Memanfaatkan Digital Marketing Untuk Menjangkau Pelanggan

 




Oleh: Vanie Cahyani Rachmanindya (@V29-VANIE)


PENDAHULUAN
    Marketing ialah aktivitas suatu perusahaan dalam menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan dan bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi konsumen atau masyarakat.Sedangkan Internet merupakan media yang diciptakan secara digital.Dalam kehidupan, internet sangat mudah dalam mencari informasi yang dibutuhkan, pembelian barang, dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan melalui media internet.Sehingga kini internet menjadi sebuah media yang penting bagi perusahaan atau pelaku bisnis dalam bertukar penawaran. 
    Dari penjelasan tersebut nama digital marketing telah hadir di era digital saat ini (Muljono, 2018). Jadi digital marketing merupakan pemasaran melalui media digital dalam menawarkan brand yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Digital marketing membutuhkan pendekatan dan pemahaman baru untuk memahami perilaku konsumen di platform digital. Perilaku konsumen tersebut kini dapat dipantau dengan data, membuat digital marketing seringkali menyasar target konsumen yang sangat spesifik.

PEMBAHASAN
    Kegiatan digital marketing dimanfaatkan oleh pelaku bisnis sehingga penerapan media internet dipasaran meningkat.Adapun dua manfaat digital marketing (Hermawan , 2012):
1. Biayanya relatif murah adalah pemasaran menggunakan digital marketing jauh lebih murah dan mudah menjangkau calon konsumen begitu luas dibandingkan periklanan konvensional. Sifat digital marketing memungkinkan konsumen memeriksa dan membandingkan produk satu dengan yang lainnya lebih nyaman. 
2. Muatan informasi yang besar adalah penggunaan digital marketing menyediakan sejumlah informasi yang besar dan begitu luas dibandingkan dengan media konvensional seperti media cetak, radio dan televisi. Digital marketing juga mampu menyimpan data secara akurat yang dibutuhkan oleh perusahaan.

    Digital marketing merupakan pemasaran dengan pemanfaatan teknologi digital. Peran digital marketing menjadi hal penting sesuai perkembangan teknologi digital dan mengembangkan rencana untuk menarik pelanggan serta mengarahkannnya pada perpaduan antara komunikasi elektronik maupun konvensional (Chaffey D, 2009).Strategi pelaku bisnis dengan memanfaatkan digital marketing terutama melalui media sosial dapat memberikan bagaimana cara dan langkah memperbanyak jaringan konsumen dalam memasarkan produknya sehingga pelaku bisnis dapat meningkatkan keunggulan pesaingnya.

Jenis Strategi Digital Marketing
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan digital marketing. Berikut beberapa jenis yang sering digunakan sebagai digital marketing: 
1. Search Engine Optimization (SEO)
Pemasaran model ini memanfaatkan algoritma mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo untuk mempromosikan produk secara gratis. 
2. Search Engine Marketing (SEM)
Strategi ini dilakukan secara berbayar dengan menggunakan pay-per-click advertising atau iklan berbayar dihitung setiap klik terhadap konten. Dapat membuat landing page yang dibuat khusus untuk promosi hingga menaruh ads di website relevan.
3. Sosial Media Marketing
Memahami berbagai audiens media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Tik Tok, bahkan LinkedIn untuk melakukan digital marketing. Tujuan utama strategi ini adalah meningkatkan brand awareness dan menjaga hubungan konsumen. 
4. Email Marketing
Strategi ini mengoptimalkan pemasaran produk lewat email, biasanya berupa newsletter berlangganan.
5. Digital Advertising
Strategi ini murni dilakukan untuk memasang iklan produk di berbagai channel. Dapat menggunakan Facebook Ads, Google Ads, TikTok Ads, Instagram Ads, dan lainnya.

 KESIMPULAN
    Digital marketing merupakan kegiatan dibidang pemasaran yang memanfaatkan platform yang ada di internet dalam menjangkau para target konsumen, selain itu digital marketing diartikan sebagai pemasaran produk atau jasa melalui internet atau disebut dengan pemasaran-i, web marketing, online marketing, e-marketing, atau e-commerce. Kegiatan digital marketing dimanfaatkan oleh pelaku bisnis sehingga penerapan media internet dipasaran meningkat.

DAFTAR PUSTAKA

https://www.binaracademy.com/blog/strategi-digital-marketing-paling-efektif
https://www.softwareseni.co.id/blog/menjangkau-lebih-banyak-konsumen-dengan-digital-marketing
Chaffey, D., Ellis-Chadwick, F. (2009). Internet marketing: strategy, implementation and practice. Harlow: Pearson.
Agus, Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Ryan Kristo Muljono. 2018. Digital Marketing Concept. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.