Oktober 23, 2022

Mengenal Jenis Investasi Berdasarkan Asetnya

 Oleh : Indah Setyawati (@V10-SETYAWATI)

 

Abstrak

Dalam artikel ini membahas tentang investasi yang sangat penting dalam finansial. Banyak cara investasi yang bisa dipilih, mulai dari reksadana, logam mulai, obligasi, deposito, hingga saham. kita hanya tinggal memilih investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial saat ini. Apapun cara investasinya itu merupakan sebuah aset investasi yang berharga dalam finansial. Memang tidak berasa dalam waktu dekat, tapi aset investasi memiliki nilai berupa keuntungan yang akan bermanfaat buat kamu sebagai investor di masa mendatang. Investasi merupakan atas sejumlah dana atau sumber daya lainnya yang dilakukan pada saat ini, dengan tujuan memperoleh sejumlah keuntungan di masa yang akan datang (Tandelilin:2000). Atau dapat juga didefinisikan sebagai penundaan konsumsi sekarang untuk digunakan di dalam produksi yang efisien selama periode waktu tertentu dengan harapan dapat memberikan pendapatan atau keuntungan  (Hartono:2000).

Kata kunci : Investasi, Aset, Finansial

PEMBAHASAN

Menurut Sutrisno (2009) jenis jenis investasi dapat digolongkan berdasarkan aset, pengaruh, ekonomi. Aset investasi adalah barang berwujud atau tidak berwujud yang dimiliki untuk menghasilkan pendapatan tambahan atau dimiliki dengan harapan dapat memberikan manfaat dan memiliki kenaikan nilai di masa depan. Aset investasi bisa dimiliki atau dikendalikan oleh individu, perusahaan, atau negara. Dengan adanya aset ini, pemilik berharap bisa dijadikan sebagai penghasilan utama atau tambahan yang memberikan keuntungan karena kenaikan nilai dari aset tersebut di masa depan. Selain itu juga, aset investasi bisa mengamankan dana finansial kamu saat ini hingga mendatang. Menurut Investopedia, beberapa contoh aset investasi di antaranya termasuk reksa dana, saham, obligasi, real estat, dan rekening tabungan pensiun.

Pembagian jenis investasi melalui aset terdiri dari dua jenis yakni aset riil (real assets) dan aset keuangan  (financial assets). Penjelasannya bisa kamu simak di bawah ini:

  • Aset riil merupakan aset yang bisa dilihat wujud atau fisiknya. Aset riil bisa berupa properti, tanah, logam mulia (emas), berlian, perak, gedung, dan rumah
  • Aset keuangan merupakan aset yang membuat pemiliknya bisa melakukan klaim terhadap pihak tertentu. Jenis investasi aset keuangan seperti obligasi, kredit bank, dan saham

KARAKTERISTIK ASET

Aset memiliki karakteristik yang berbeda dengan komponen laporan keuangan lainnya. Sehingga dapat mengenali aktiva dengan melihat karakteristiknya.

Adapun karakteristik aset yaitu adalah:

  • Memiliki manfaat ekonomi yang diperoleh untuk masa yang akan datang
  • Dikuasai dan dikendalikan oleh perusahaan
  • Hasil dari transaksi atau peristiwa di masa lalu

JENIS-JENIS ASET INVESTASI

Berdasarkan likuiditasnya, aset investasi ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu aset lancar dan tidak lancar. Berikut perbedaan yang bisa kamu pahami dari kedua jenis aset tersebut.

1. Aset lancar

Aset lancar adalah kekayaan yang dimiliki seseorang atau perusahaan yang bisa diubah dengan mudah menjadi uang tunai. Aset lancar inilah yang menjadi dasar seseorang dan perusahaan menjalankan aktivitasnya.

Terdapat ciri-ciri aset lancar, antara lain:

  • Mudah diperjualbelikan
  • Bisa digunakan dalam waktu kurang dari 12 bulan
  • Bisa disimpan terlebih dahulu, kemudian dijual
  • Pencairan aset singkat

Berikut beberapa contoh yang termasuk aset investasi lancar, yaitu:

a) Surat Berharga : Surat yang dikeluarkan oleh instansi sebagai bukti kepemilikan suatu kekayaan dari instansi tersebut dan bisa diperdagangkan.

b) Kas : Sebutan umumnya ialah uang tunai yang digunakan untuk memenuhi segala aktivitas

c) Piutang Dagang : Tagihan kepada pelanggan yang membeli barang jualanmu secara kredit dalam tempo tertentu yang disepakati kedua pihak sejak awal

d) Perlengkapan : Barang atau bahan baru yang digunakan sebuah usaha untuk kelangsungan perkembangan usaha tersebut

e) Persediaan Barang Dagang : Barang dagang yang belum habis diperdagangkan

f) Sewa Dibayar di Muka : Dana untuk membayar sewa rumah, ruko, atau tempat usaha

g) Biaya Dibayar di Muka : Dana yang dilakukan diawal  

h) Piutang PendapatanSurat yang dikeluarkan oleh instansi sebagai bukti kepemilikan suatu kekayaan dari instansi tersebut dan bisa diperdagangkan.

i)     Logam Mulia : Emas murni 99% yang dibentuk batangan

 2. Aset Tidak Lancar

Aset tidak lancar adalah aset yang tidak dapat dicairkan menjadi uang tunai dalam waktu dekat. Umumnya, aset investasi yang termasuk tidak lancar ini membutuhkan waktu yang lama untuk dijualbelikan.

Berikut contoh dari aset investasi tidak lancar, yaitu:

  • Aktiva tetap : Memiliki wujud dan bisa langsung digunakan oleh pemiliknya. Misalnya:
Peralatan toko atau mesin
Tanah
- Gedung/Ruko dan lainnya
  • Aset Tidak Berwujud : Bentuknya tidak bisa dilihat secara fisik tapi pemiliknya bisa mengetahui manfaat yang besar.
Contohnya:

  • Hak Cipta
  • Hak Paten
  • Hak Merek Dagang
  • Hak Kontrak
  • Franchise

KESIMPULAN

Investasi menjadi salah satu istilah paling populer yang lekat dengan dunia ekonomi maupun keuangan. Pengertian investasi adalah aktivitas penanaman modal dengan harapan pemilik modal bisa mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal itu. Investor yang punya saham otomatis juga punya hak kepemilikan perusahaan, khusus aset keuangan. Sementara investor yang punyai obligasi, otomatis punya hak klaim utang ke penerbit obligasi.

 

REFERENSI

Hidayat, A. A. (2022. Kewirausahaan III : Business Investment & Copyright . Universitas Mercu Buana.

Pasha Aufi, 2021. Aset Investasi: Simak Pengertian Hingga Jenis Asetnya yang Menguntungkan Investor.

Yogarta, 2020. Mengenal Jenis Investasi Beserta Contoh dan Penjelasannya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.