Oktober 08, 2022

MENGETAHUI KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM KEWIRAUSAHAAN

 

RAJIB FAHMI (@V27-Rajib)


ABSTRACK

Munculnya persaingan dalam dunia bisnis tidak dapat dihindari. Dengan persaingan, perusahaan – perusahaan menghadapi sejumlah peluang dan ancaman yang berasal dari luar negeri dan dalam negeri.

Meningkatnya persaingan dalam perusahaan harus dipahami apa dan bagaimana mengelola sumber dayanya. Kunci penting untuk memenangkan persaingan terletak pada kemampuan perusahaan untuk menciptakan keunggulan bersaing. Berdasarkan fenomena ini, artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan dalam membangun keunggulan kompetitif dan kinerja bisnis.

Kata kunci: orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing, performa bisnis

 

PENDAHULUAN

Kewirausahaan adalah kemampuan untuk mengembangkan ide dan cara baru dalam menghadapi/memecahkan permasalahan serta kemampuan untuk mendeteksi dan menemukan sebuah peluang yang kemudian dapat diterapkannya hal-hal tersebut untuk menuju kesuksesannya. Untuk mencapai kesuksesan tersebut diperlukan berbagai langkah untuk menempuhnya . Inovasi, kreatifitas , dan ide yang selalu update diperlukan dalam keberlangsungan kewirausahaan agar mampu bersaing seiring dengan era global. Dalam kewirausaahaan pasti menginginkan profit maksimal agar modal yang dikeluarkan kembali dan kewirausahaan bisa bertahan. Dalam mencapai semua keinginan itu, diperlukan beberapa strategi. Keunggulan kompetitif adalah kemampuan untuk memformulasi strategi pencapaian peluang profit melalui maksimisasi penerimaan dari investasi yang dilakukan. Sekurang-kurangnya ada dua prinsip pokok yang perlu dimiliki perusahaan untuk meraih keunggulan kompetitif yaitu adanya nilai pandang pelanggan dan keunikan produk. Keunggulan kompetitif dalam kewirausahaan adalah adanya inovasi, kreatifitas dan ide.

 

PEMBAHASAN

Keunggulan kompetitif dalam kewirausahaan

Keunggulan kompetitif adalah kemampuan perusahaan untuk memformulasi strategi pencapaian peluang profit melalui maksimisasi penerimaan dari investasi yang dilakukan. Sekurang-kurangnya ada dua prinsip pokok yang perlu dimiliki perusahaan untuk meraih keunggulan kompetitif yaitu adanya nilai pandang pelanggan dan keunikan produk. Keunggulan kompetitif dalam kewirausahaan adalah adanya inovasi, kreatifitas dan ide.

Pengertian Kreativitas Kreativitas merupakan suatu bidang kajian yang kompleks, yang menimbulkan berbagai perbedaan pandangan. Perbedaan definisi kreativitas yang dikemukakan oleh banyak ahli merupakan definisi yang saling melengkapi. Sudut pandang para ahli terhadap kreativitas menjadi dasar perbedaan dari definisi kreativitas .Definisi kreativitas tergantung pada segi penekananya. Kreativitas dapat didefinisikan kedalam empat jenis dimensi sebagai Four P‟s Creativity, yaitu dimensi Person,Proses,Press dan Product sebagai berikut :

1.Definisi Kreativitas dalam dimensi Person

Definisi pada dimensi person adalah upaya mendefinisikan kreativitas yang berfokus pada individu atau person dari individu yang dapat disebut kreatif. Guilford menerangkan bahwa kreativitas merupakan kemampuan atau kecakapan yang ada dalam diri seseorang. Hal ini erat kaitanya dengan bakat. Sedangkan Hulbeck menerangkan bahwa tindakan kreatif muncul dari keunikan keseluruhan kepribadian dalam interaksi dengan lingkungannya.

2.Kreativitas dalam dimensi proses

Definisi pada dimensi proses adalah upaya mendefinisikan kreativitas yang berfokus pada proses berfikir sehingga memunculakan ide-ide unik atau kreatif. Utami Munandar menerangkan bahwa kreativitas adalah sebuah proses atau kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan(fleksibelitas), dan orisinalitas dalam berfikir serta kemampuan untuk serta kemampuan untuk mengelaborasi (mengembangkan, memperkaya, memperinci), suatu gagasan.

3.Definisi Kreativitas dalam dimensi Press

Definisi dan pendekatan kreativitas yang menekankan faktor press atau dorongan, baik dorongan internal diri sendiri berupa keinginan dan hasrat untuk mencipta atau bersibuk diri secara kreatif, maupun dorongan eksternal dan lingkungan sosial dan psikologis. Definisi Simpson (1982) dalam S. C. U. Munandar 1999, merujuk pada aspek dorongan internal dengan rumusannya sebagai berikut: “The initiative that one manifests by his power to break away from the usual sequence of thought‟ Mengenai “press” dan lingkungan, ada lingkungan yang menghargai imajinasi dan fantasi, dan menekankan kreativitas serta inovasi. Kreativitas juga kurang berkembang dalam kebudayaan yang tenlalu menekankan tradisi, dan kurang terbukanya terhadap perubahan atau perkembangan baru.

4. Definisi Kreativitas dalam dimensi Produk

Definisi pada dimensi produk merupakan upaya mendefinisikan kreativitas yang berfokus pada produk atau apa yang dihasilkan oleh individu baik sesuatu yang baru/original atau sebuah elaborasi atau penggabungan yang inovatif. Definisi yang berfokus pada produk kreatif menekankan pada orisinalitas, seperti yang dikemukakan oleh Baron (1969) yang menyatakan bahwa kreatifitas adalah kemampuan untuk menghasilkan/menciptakan sesuatu yang barn. Begitu pula menurut Haefele (1962) dalam Munandar, 1999; yang menyatakan kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi-kombinasi baru yang mempunyai makna sosial. Dan dua definisi ini maka kreatifitas tidak hanya membuat sesuatu yang baru tetapi mungkin saja kombinasi dan sesuatu yang sudah ada sebelumnya.

 

Pengertian Inovasi Menurut etimologi, inovasi berasal dari kata innovation yang bermakna,pembaharuan, perubahan (secara) baru‟. Inovasi adakalanya diartikan sebagai penemuan. Tetapi berbeda maknanya dengan penemuan dalam arti diskoveri atau invensi. Diskoveri mempunyai makna penemuan sesuatu yang sesuatu itu telah ada sebelumnya. Tetapi belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua Amerika. Sebenarnya, benua Amerika sudah ada sejak dahuIu tetapi baru ditemukan pada tahun 1492 oleh orang Eropa yang bernama Columbus. Invensi adalah penemuan yang benar-benar baru sebagal hasil kreasi manusia. Contohnya teori belajar, mode busana, dan sebagainya. Inovasi adalah suatu ide, produk, metode dan seterusnya yang dirasakan sebagai sesuatu yang baru, baik berupa hasil diskoveri atau invensi yang digunakan untuk tujuan tertentu. Arti penting inovasi dalam Kewirausahaan Ada lima jenis inovasi yang penting dilakukan wirausaha, yaitu:

• Pengenalan barang baru atau perbaikan barang yang sudah ada.

• Pengenalan metode produksi baru.

• Pembukaan pasar baru, khususnya pasar ekspor atau daerah yang baru.

• Penciptaan pengadaan persediaan (supply) bahan mentah atau setengah jadi baru.

•Penciptaan suatu bentuk organisasi industri baru.

 

Karakteristik Inovasi : Rogers (1983) mengemukakan lima karakteristik inovasi:

I. Keunggulan relatif (relative advantage)

2. Kompatibilitas (comparibil liv)

3. Kerumitan (complexity)

4. Kemampuan diujicobakan (trialability)

5. Kemampuan untuk diamati (observability) Keunggulan relatif adalah derajat di mana suatu inovasi dianggap lebih baik unggul daripada yang pernah ada.

Hal ini dapat diukur dari beberapa segi, seperti segi ekonomi, prestise sosial, kenyamanan dan kepuasan. Semakin besar keunggulan relatif dirasakan oleh pengadopsi semakin cepat inovasi tersebut dapat diadopsi

 

KESIMPULAN

Dalam kewirausaahaan pasti menginginkan profit maksimal agar modal yang dikeluarkan kembali dan kewirausahaan bisa bertahan. Dalam mencapai semua keinginan itu, diperlukan beberapa strategi. Keunggulan kompetitif adalah kemampuan untuk memformulasi strategi pencapaian peluang profit melalui maksimisasi penerimaan dari investasi yang dilakukan.

 

REFRENSI

http://ymayowan.lecture.ub.ac.id/files/2012/09/keunggulan-kompetitif.pdf

http://eprints.undip.ac.id/49243/1/Jurnal_Direvisi_(Arul).pdf

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.