Oktober 16, 2022

Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Mengembangkan Usaha

Oleh: Seisha Milanisti (@V32-SEISHA)

ABSTRAK

Teknologi saat ini terus berkembang dan manfaat penggunaan internet terasa bagi para pemakainya. Beberapa orang merasa ketergantungan dengan adanya internet, termasuk aktivitas berwirausaha dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya. Artikel ini membahas pemanfaatan digital marketing dalam pengembangan usaha. Di zaman kemajuan teknologi seperti ini, digital marketing sangat bermanfaat dalam kemajuan usaha karena hampir semua masyrakat menggunakan smartphone. Dalam smartphone tersebut, sudah banyak aplikasi-aplikasi yang berfungsi sebagai wadah untuk para wirausaha memperkenalkan produk atau jasanya. Oleh sebab itu, dalam artikel ini dibahas lebih lanjut mengenai pemanfaat digital marketing, dari segi kelebihan, kekurangan, dan karakteristik dari digital marketing yang berpengaruh dalam pemanfaataannya.

Kata kunci: Digital Marketing, Pemanfaatan, Usaha

 

PENDAHULUAN

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan saat ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif, memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas bagi kehidupan manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.

Manfaat internet semakin sangat terasa bagi para pemakainya yang tidak bisa lepas dari dunia internet ini. Seperti misalnya para internet marketer, narablog, blogger, dan juga sekarang toko online semakin mempunyai tempat di mata para konsumen yang sedang mencari barang tertentu. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan, pengguna internet di Indonesia hingga saat ini telah mencapai 82 juta orang. Dengan capaian tersebut, Indonesia berada pada peringkat ke-8 di dunia (Kominfo, 2013).

Perkembangan teknologi sekarang ini telah banyak menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Banyak hal dari sektor kehidupan yang telah menggunakan keberadaan dari teknologi itu sendiri. Kehadirannya telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan dimensi. Demikian halnya dengan teknologi komunikasi yang merupakan peralatan perangkat keras dalam struktur organisasi yang mengandung nilai sosial yang memungkinkan individu untuk mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi.

Salah satu kekuatan ekonomi yang selama ini menjadi penunjang ekonomi negara Indonesia dan kekuatan ekonomi daerah adalah kehadiran para wirausaha. Pada saat ekonomi dunia dan perekonomian Indonesia mengalami resesi, justru para wirausaha tidak sedikitpun tidak terkena dampak negatif resesi ekonomi tersebut, bahkan sebagian besar para wirausaha tetap dapat mengembangkan usahanya dalam menunjang perekonomian negara. Wirausahawan dapat mempertahankan dan meningkatkan kontribusi pertumbuhan ekonomi daerah serta peningkatan penerimaan pada sektor pajak negara, selain ditunjang oleh industri skala besar, juga ditunjang secara signifikan oleh kelompok-kelompok industri skala kecil.

Digital marketing menjadi salah satu media yang sering digunakan oleh pelaku usaha karena kemampuan baru konsumen dalam mengikuti arus digitalisasi, beberapa perusahaan sedikit demi sedikit mulai meninggalkan model pemasaran konvesional/dan beralih ke pemasaran moderen. Dengan digital marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu/real time dan bisa di akses ke seluruh dunia, seseorang juga dapat melihat berbagai barang melalui internet, sebagian besar informasi mengenai berbagai produk sudah tersedia di internet, kemudahan dalam pemesanan dan kemampuan konsumen dalam membandingkan satu produk dengan produk lainnya (Kotler & Keller, 2008).

 

PERMASALAHAN

Berdasarkan latar belakang yang sudah dipaparkan maka rumusan masalah dalam artikel ini yang akan di bahas adalah bagaimana bentuk pemanfaatan digital marketing dalam mengembangkan usaha?

 

PEMBAHASAN

Digital Marketing dapat didefinisikan sebagai kegiatan marketing termasuk branding yang menggunakan berbagai media berbasis web (Sanjaya & Tarigan, 2009). Digital marketing merupakan pemasaran dengan menggunakan penerapan teknologi secara digital. Peran strategi digital marketing dapat menjadi hal yang penting dalam mengikuti perkembangan teknologi digital dan mengembangkan rencana untuk menarik konsumen dan mengarahkannya pada perpaduan antara komunikasi elektornik dan komunikasi tradisional (Chaffey, Chadwick, Mayer, & Johnston, 2009). Menjadikan perusahaannya ‘mudah’ dijangkau oleh pelanggan dengan hadir di media- media dengan akses langsung ke pelanggan merupakan inti dari digital marketing. Inilah sesungguhnya pendekatan horizontal. Ketika pemasar dan pelanggan berada di garis yang sama, keduanya dapat saling menjangkau, kepuasan pelanggan akan pelayanan dapat terpenuhi, karena customer memang harus dilayani secara horizontal (Kartajaya, 2009). Ali Hasan (2013) mendeskripsikan bahwa pemasaran digital mempunyai sejumlah karakteristik sebagai berikut:

  1. Upaya meningkatkan interaktivitas bisnis dengan pelanggan yang bergantung pada teknologi.
  2. Sebuah dialog elektronik (teknologi interaktif) untuk memberikan akses informasi kepada pelanggan (komunitas, individu), dan sebaliknya.
  3. Upaya melakukan semua kegiatan bisnis melalui internet untuk tujuan penelitian, analisis dan perencanaan untuk menemukan, menarik, dan mempertahankan pelanggan.
  4. Upaya meningkatkan akselarasi jual beli barang dan jasa (tertentu), informasi dan ide melalui internet.

Teknologi digital telah mengubah cara manusia dalam ”berbicara”, berkomunikasi, bertindak, dan mengambil keputusan. Setiap hari kita selalu berhubungan dengan berbagai macam teknologi mulai dari internet hingga telepon genggam. Hal ini membuktikan bahwa dunia digital telah menjadi dunia kita. Berikut adalah konsep, prinsip, atau hukum yang perlu menjadi perhatian khusus para marketer dalam melakukan aktivitas marketing, branding, dan selling di dunia digital (Sanjaya & Tarigan, 2009). Konsumen saat ini memperhatikan konten yang dipaparkan oleh pemasar sehingga membebtuk pemikiran irasional yang bertujuan untuk mempengaruhi keputusan pembelian para konsumen (Febriyantoro, M.T, 2016).

Wardhana (2015) menemukan bahwa strategi digital marketing berpengaruh hingga 78% terhadap keunggulan bersaing para wirausaha dalam memasarkan produknya.

Pemanfaatan digital marketing memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  1. Target bisa diatur sesuai demografi, domisili, gaya hidup, dan bahkan kebiasaan;
  2. Hasil cepat terlihat sehingga pemasar dapat melakukan tindakan koreksi atau perubahan apabila dirasa ada yang tidak sesuai;
  3. Biaya jauh lebih murah daripada pemasaran konvensional;
  4. Jangkauan lebih luas karena tidak terbatas geografis;
  5. Dapat diakses kapanpun tidak terbatas waktu. Hasil dapat diukur, misalnya jumlah pengunjung situs, jumlah konsumen yang melakukan pembelian online;
  6. Kampanya bisa dipersonalisasi;
  7. Bisa melakukan engagement atau meraih konsumen karena komunikasi terjadi secara langsung dan dua arah sehingga pelaku usaha membina relasi dan menumbuhkan kepercayaan konsumen.

Di sisi lain, digital marketing pun memiliki kelemahan, di antaranya:

  1. Mudah ditiru oleh pesaing;
  2. Dapat disalahgunakan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab;
  3. Reputasi menjadi tidak baik ketika ada respon negatif;
  4. Belum semua orang menggunakan teknologi internet/digital.

Strategi digital marketing dengan menggunakan media sosial sangatlah penting karena dapat memberi pengetahuan kepada para wirausaha mengenai cara maupun tahapan dalam memperluas jaringan konsumen melalui pemanfaatan media sosial dalam memasarkan produknya sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing bagi usahawan itu sendiri.

Penggunaan internet telah mengubah sebagian besar konsep dari pemasaran yang sebelumnya hanya bertumpu pada marketing mix yang terdiri dari product, proce, place dan promotion, namun perkembangan saat ini adanya penambahan pada dasar pemasaraan yaitu pendekatan 4C yang terdiri dari customer, cost, convenience dan communication (Smith, 2003). Bisnis harus mempertimbangkan biaya untuuuk memaksimalkan profir dan penggunaan internet juga membuat nyaman konsumen, karena konsumen dapat membeli produk hanya dari rumah saja, dan perusahaan perlu mengembangkan komunikasi dua arah agar terbentuk hubungan yang baik dengan pelanggan (Smith, 2003).

 

KESIMPULAN

Seluruh wirausaha menyatakan bahwa penggunaan digital marketing membantu mereka dalam menginformasikan dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen. Para wirausaha mengatakan bahwa penggunaan digital marketing memperluas pangsa pasar mereka, meningkatkan awareness bagi konsumen karena para wirausaha rutin memperbarui informasi mengenai produk setiap hari sekali serta meningkatkan penjualan karena beberapa usaha juga berkolaborasi dengan beberapa marketplace seperti Shopee dan Tokopedia kemudian bagi para wirausaha yang kategorinya makanan dan minuman berkolaborasi dengan aplikasi Go- Food sehingga memudahkan konsumen untuk membeli produk mereka.

Secara keseluruhan digital marketing adalah pendekatan baru dalam dunia marketing yang dapat menghemat biaya, meningkatkan customer loyalty dan membuat order secara sistematis (Mokhtar, 2015). Internet marketing secara signifikan mengelola informasi dan customer relationship (Canavan, Henchion, & O’Reilly, 2007).


DAFTAR PUSTAKA

Aditya wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia.

Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Canavan, O., Henchion, M., & O’Reilly, S. (2007). The use of the internet as a marketing channel for Irish speciality food. International Journal of Retail and Distribution Management. https://doi.org/10.1108/09590550710728110

Chaffey, D., Chadwick, F. E., Mayer, R., & Johnston, K. (2009). Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. United States: Prentice Hall.

Video Pembelajaran Kewirausahaan III. Kang Atep Afia Channel. Peranan Digital Marketing Dalam Kewirausahaan (#KEWIRAUSAHAANTIGA006



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.