Oktober 08, 2022

Pentingnya Orientasi Pelanggan Guna Meningkatkan Pemasaran

 

                                    



                                        Oleh: Vanie Cahyani rachmanindya (@V29-VANIE)

 

ABSTRAK
    Konsep orientasi pelanggan dapat diartikan sebagai pemahaman mendalam tentang target beli pelanggan yang mempunyai tujuan untuk menciptakan nilai unggul pada pelanggan secara terus menerus. Orientasi pelanggan oleh para peneliti ditempatkan sebagai prioritas tertinggi dalam hal memberikan nilai–nilai superior pada pelanggan. Dengan adanya informasi tersebut maka perusahaan dapat memahami siapa saja yang menjadi pelanggan potensialnya, baik untuk saat ini maupun pada masa yang akan datang dan apa yang mereka inginkan untuk saat ini maupun saat yang akan datang.


PENDAHULUAN
    Orientasi Pelanggan adalah bagaimana perusahaan memandang pemahaman kebutuhan dari sasaran konsumen dan menyesuaikan respon dari organisasi penjualan yang bertujuan untuk memuaskan pelanggan (Agustina, 2016). Tonggak utama dalam memenangkan pasar adalah karena loyalitas pelanggan, jika pelanggan puas dan loyal maka secara langsung akan mempengaruhi keberhasilan pasar dan citra perusahaan. Orientasi pelanggan sangat berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Menciptakan kepuasan pelanggan melalui orientasi pelanggan dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Implementasi yang berfokus pada orientasi pelanggan dapat membentuk nilai keunggulan bersaing sebagai kekuatan perusahaan dalam meningkatkan kinerja pemasaran.

    Seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan zaman yang semakin maju membuat strategi pemasaran tradisional tidak lagi efektif dalam menjangkau pasar yang modern saat ini (Marta & William, 2017). Hal ini juga dipicu karena persaingan pasar yang semakin ketat dan selera pelanggan yang cepat berubah-ubah. Untuk itu, orientasi kewirausahaan sangat perlu diterapkan karena orientasi kewirausahaan merupakan strategi yang bersifat fleksibel. Fleksibel yang dimaksud karena praktek kewirausahaan adalah salah satu praktek yang bisa menciptakan sesuatu menyesuaikan perkembangan zaman serta menyesuaikan keinginan dan kebutuhan pelanggan dari waktu ke waktu.


PEMBAHASAN

    Orientasi pelanggan dan pesaing adalah salah satu metode yang dapat digunakan apabila perusahaan ingin unggul dalam persaingan (Cravens, 2003). Kinerja perusahaan dapat dikatakan berhasil apabila perusahaan bukan hanya mengenalkan produk, namun juga berfokus kepada pelanggan yang mampu menarik pelanggan dan mengungguli pesaing dengan memenuhi dan memuaskan kebutuhan pelanggan secara baik, hal ini merupakan salah satu efektifitas pemasaran yang bertujuan mempertahankan pelanggan (Kotler, 2000).
   Agustina (2016) mendefinisikan orientasi pelanggan adalah bagaimana perusahaan memandang pemahaman kebutuhan dari sasaran konsumen dan menyesuaikan respon dari organisasi penjualan yang bertujuan untuk memuaskan pelanggan. Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa orientasi pelanggan adalah suatu komitmen perusahaan dalam memprioritaskan pelanggan melalui proses memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Orientasi pelanggan merupakan upaya perusahaan untuk menerapkan strategi yang berfokus kepada pelanggan.

Hubungan Orientasi Pelanggan pada Kinerja Pemasaran
Tonggak utama dalam memenangkan pasar adalah karena loyalitas dan kepuasan pelanggan. Loyalitas dan kepuasan pelanggan merupakan hasil dari upaya dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan melalui orientasi pelanggan yang secara langsung dapat mempengaruhi kinerja pemasaran. Orientasi pelanggan yang tepat akan mampu membantu perusahaan mengetahui keputusan yang akan dilakukan. Dengan melakukan orientasi pelanggan, perusahaan akan mudah mengetahui tentang selera pelanggan dan berusaha memberikan yang terbaik buat pelanggan (Rauch et al., 2009).


KESIMPULAN
    Orientasi pelanggan, berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja perusahaan. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat orientasi pelanggan maka tingkat kinejaperusahaan akan semakin baik dan sebaliknya semakin rendah orientasi pelanggan maka tingkat kinerja perusahaan  akan semakin jelek atau buruk.


DAFTAR PUSTAKA

 
Agustina, L. 2016. Pengaruh Penjualan Adaptif, Kemampuan Mendengar dan Orientasi Pelanggan Terhadap Kinerja Tenaga Penjual Jasa Hotel Bintang 4 & 5 di Yogyakarta. Jurnal Manajemen, 6(1), 6(1).

Marta, R. F., & William, D. M. W. M. 2017. Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui Posting Instagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumoboo! Jurnal Komunikasi, 8(1), 68-82.

Cravens, D. W. 2003. Strategic Marketing: Trivus Mirris Higher Education Group Inc Company

Kotler. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: PT. Ikrar Mandiri Abadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.