Oktober 30, 2022

Pentingnya Penerapan Digital Marketing terhadap Pemasaran Perusahaan

Pentingnya Penerapan Digital Marketing terhadap Pemasaran Perusahaan

PUTRI VIRGINIA VALENSI (@V26 – Virginia)

Abstrak

Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Media sosial dan aplikasi perusahaan adalah dua mekanisme pemasaran layanan seluler yang mengandalkan promosi push atau pull agar efektif. Sastra, bagaimanapun, belum mengungkap bagaimana promosi dapat saling melengkapi ketika diterapkan dengan sengaja. Perusahaan kini dituntut untuk lebih memiliki inovasi dalam pemasaran perushaan untuk penjualan barang salah satunya dengan menggunakan digital marketing.

Kata Kunci : Digital Marketing,  Media Sosial, Pemasaran Perusahaan

Abstract

Digital marketing is a promotional activity and market search through digital media online by utilizing various means, such as social networks. Social media and enterprise apps are two mobile service marketing mechanisms that rely on push or pull promotions to be effective. Literature, however, has not revealed how promotion can complement each other when applied intentionally. Companies are now required to have more innovation in company marketing for the sale of goods, one of which is using digital marketing.

Keywords: Digital Marketing, Social Media, Corporate Marketing

Pendahuluan

Strategi bisnis yang paling relevan dan mampu menjawab tantangan kompetisi pasar yang semakin meningkat adalah strategi bisnis yang mampu mengakomodir kriteria pasar melalui pemanfaatan berbagai jenis sarana dan prasarana yang juga semakin maju dan berkembang. Salah satu strategi tersebut adalah strategi dalam aspek pemasaran menggunakan alat digital atau dikenal dengan digital marketing, yaitu metode pemasaran yang dilakukan menggunakan bantuan instrumen digital, utamanya internet beserta beragam aplikasi yang terdapat di dalamnya dan peralatan yang mendukung penggunaan media tersebut, yang memungkinkan terciptanya sebuah jaringan atau keterhubungan dengan banyak pihak, dalam hal ini antara produsen/penjual dengan pelanggan, tanpa dibatasi oleh jarak, waktu, dan tempat.

Media sosial juga memungkinkan para pelaku pasar untuk berkomunikasi dengan sesama produsen, pelanggan, dan atau calon pelanggan. Media sosial memberi identitas kepada brand atau merek yang dipasarkan serta membantu dalam menyebarkan pesan dengan cara yang santai dan komunikatif segala kalangan masyarakat pun bisa dengan mudah menggunakan aplikasi ini. Adapun perbedaan dengan penjual dari mulut ke mulut yang tidak menggunakan aplikasi untuk mencari pembeli hanya bermodal tawaran saja. Persaingan bisnis melalui media sosial semakin meningkat. Hal itu dapat terlihat dengan meningkatnya jumlah sosial pengguna media. Perkembangan ini dapat dilihat dari munculnya pengguna media sosial dalam waktu yang relatif singkat waktu

Permasalahan

Apakah penerapan digital marketing pada suatu perusahaan dapat meningkatkan brand perusahaan ?

Pembahasan

Dari permasalahan diatas , kita harus terlebih dahulu memahami penerapan digital marketing pada suatu perusahaan.

    A.         Pengertian Digital Marketing

Menurut Urban (2004:2) Digital Marketing menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional. Definisi ini berkonsentrasi pada seluruh marketing tradisional.

Menurut Kleindl dan Burrow (2005) Digital Marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi.

Secara sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.

    B.         Teori dari Digital Marketing

a.     Content Marketing (Pemasaran Konten)

Content Marketing adalah sebuah cara menjangkau hubungan dan mempertahankan pelanggan lewat konten-konten yang berbasis kepentingan pelanggan.

b.     Search Engine Marketing (Teknik Pemasaran Produk)

Search Engine Marketing adalah sebuah cara mencari informasi produk melalui search engine atau mesin pencari dengan mengetikkan kata atau produk yang akan dibeli.

c.     Social Media Strategy (Strategi Sosial Media)

Social Media Strategy adalah sebuah cara memasarkan produk melalui media social, seperti blog, facebook, twitter, dan lain-lain.

d.     Konsep Pull (Menarik)

Merupakan konsep yang menjelaskan bahwa konsumenlah yang aktif dalam pencarian informasi ataupun lainnya mengenai produk yang ingin dibelinya tersebut.

e.     Konsep Push (Dorong)

Merupakan konsep komunikasi yang dilakukan oleh pemasar kepada calon customer atau customer bisa melalui email, SMS atau RSS.

    C.         Kelebihan Digital Marketing

1.     Kecepatan Penyebaran

Strategi  pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik.Selain itu, DM juga dapat diukur secara realtime dan tepat.

2.     Kemudahan Evaluasi

Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui.

3. Jangkauan Lebih Luas

Kelebihan berikutnya yaitu jangkauan geografis dari DM yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.

4. Murah dan Efektif

Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu saja digital marketing jauh lebih murah dan efektif.

5. Membangun Nama Brand

Digital marketing membantu Anda membangun nama brand dengan baik.

    D.         Strategi Digital Marketing

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian.

 

2. Content Marketing

Merencanakan, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli.

 

3. Otomatisasi Pemasaran

Otomatisasi Pemasaran merupakan teknik otomatisasi tugas-tugas secara berulang. Tugas-tugas seperti alur pekerjaan, susunan unggahan konten serta laporan kampanye. Otomatisasi ini dapat dilakukan di kanal digital seperti email dan  media sosial.

 

4. Pay-Per-Klik (PPC)

PPC adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs Anda dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda bayar lalu mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya setiap kliknya.

 

5. Native Advertising

Bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook.

 

6. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah ketika Anda bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis Anda. Contohnya Hosting video ads dengan Youtube.

 

7. Sosial Media Marketing

Anda mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger. Media sosial merupakan sarana untuk membesar-besarkan brand.

Selain itu di era ekosistem digital seperti sekarang, media sosial berpengaruh pasif terhadap kehidupan masyarakat di dunia. Strategi marketing yang menggunakan media sosial dianggap cara ampuh untuk menjangkau berbagai calon customer dengan rentang usia yang beragam. Pemilihan platform social media pun menjadi hal penting. Hal ini karena berhubungan dengan kesesuaian target market yang telah dibuat. Untuk pengembangan bisnis memerlukan analisis data yang kuat dari social media tersebut. Analisis data yang dilakukan, seperti analisis jangkauan engagement dan reach, target market, dan sebagainya. Alangkah baiknya dalam menjalankan social media untuk mampu mengintegrasikan big data management.

    E.         Pentingnya social media

·       Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah konsumen atau calon pelanggan dari bisnis yang langsung mengenali dan mengingat merek walaupun hanya dengan melihat logo, gambar, warna, atau contoh produknya saja.

·       Meningkatkan User Engagement

Semakin banyak calon pelanggan atau customer yang mulai mengetahui dan perhatian terhadap merek atau produk bisnis yang dijalankan, impact-nya adalah banyak pelanggan yang bisa didapatkan.

·       Mengetahui Strategi Promosi Kompetitor

Saat ini media sosial sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, sehingga banyak pebisnis yang beralih menggunakan media sosial untuk memasarkan produk atau jasa mereka.

·       Mengetahui Respons Pelanggan Terhadap Produk

Penggunaan social media marketing pada bisnis guna mengetahui respons pelanggan terhadap produk yang sedang dijual. Respons ini dapat berupa feedback, komentar, ataupun survei.

Kesimpulan

Dari Pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa Digital marketing adalah strategi atau upaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital, baik melalui internet atau jaringan lainnya yang saling terhubung. Media soasial merupakan strategi atau cara penerapan digital marketing. Penerapan digital marketing dalam perusahaan dengan memanfaatkan media sosial tentu saja dapat meningkatkan Brand Awareness perusahaan, karena Hal ini keutamaan membangun brand awareness di social media adalah mengunggah konten secara konsisten yang dapat menarik para target audiens atau konsumen.

Daftar Pustaka

Himma, Faiqotul. 2022. Social Media Marketing: Pengertian Hingga Contohnya. Dalam link : https://majoo.id/solusi/detail/social-media-marketing

Adi, Desryo. 2021. Mengoptimalkan Penggunaan Media Sosial untuk Mengembangkan Bisnis di Era Digital. Dalam Link : https://kumparan.com/desryo-adi/mengoptimalkan-penggunaan-media-sosial-untuk-mengembangkan-bisnis-di-era-digital-1x3mvU32sZ9/full

Hidayat, A. A. (2022). U002100013 : Kewirausahaan III : Marketing Development, Advertisement, Digitalization and Modernization (Utilizing relevant software and tool in line with productivity) (Leadership and Management) [Word File]. Universitas Mercu Buana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.