Oktober 16, 2022

PERAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA

 

Oleh : Nur Qalby Nabila Haswadi (@V30-NABILA)

ABSTRAK

Dengan digital marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu/real time dan bisa mengglobal atau mendunia. Digital Marketing memberikan manfaat kepada konsumen maupun pemasar, dimana hal tersebut adalah alat komunikasi yang baik untuk membangunan hubungan yang lebih akrab dengan pelanggan. Perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat berpengaruh bagi masyarakat dalam mendukung berbagai kegiatan bisnis baik besar maupun kecil agar dapat dikenal secara global. Dampak yang paling nyata adalah selain dikenal juga dapat meningkatkan volume penjualan dan profit. Digital Marketing adalah salah satu media pemasaran yang sangat besar memberikan pengaruh. Digital marketing ini juga dinilai mampu mempengaruhi pendapatan dari sebuah bisnis

Kata kunci : Digital marketing, peningkatan, pendapatan 


PENDAHULUAN 

Dalam perkembangan teknologi saat ini yang didukung oleh keberadaan Internet, semua bidang telah mengalami kemajuan yang pesat. Terutama dalam bidang bisnis. Internet menjadi salah satu faktor pendukung dalam keberhasilan perusahaan dan pengusaha untuk memperoleh keuntungan dalam lingkup yang lebih luas, untuk itu salah satu strategi yang banyak digunakan oleh para pengusaha dalam melakukan perdagangan yaitu melalui digital marketing atau pemasaran online. 

Pesatnya perkembangan teknologi, dunia digital dan internet tentu juga berimbas pada dunia pemasaran. Tren pemasaran di dunia beralih dari yang semula konvensional (offline) menjadi digital (online). Strategi digital marketing ini lebih prospektif karena memungkinkan para calon pelanggan potensial untuk memperoleh segala macam informasi mengenai produk dan bertransaksi melalui internet (Purwana et al., 2017).

Dengan digital marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu/real time dan bisa mengglobal atau mendunia. Dengan jumlah pengguna social media berbasis chat yang banyak dan semakin hari semakin bertambah membuka peluang bagi pelaku bisnis atau UMKM untuk mengembangkan pasarnya dalam genggaman smartphone.


PEMBAHASAN

Digital marketing merupakan pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan akses internet, memanfaatkan media sosial dan perangkat digital lainnya. Digital Marketing dapat membantu membantu pelaku usaha contohnya adalah UMKM dalam mepromosikan dan memasarkan produk dan jasa mereka dan mampu memperluas pasar baru yang sebelumnya tertutup atau terbatas karena adanya keterbatasan waktu, jarak dan cara berkomunikasi (Prabowo, 2018). 

Digital marketing dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek, brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efektif.

Digital Marketing memberikan manfaat kepada konsumen maupun pemasar, dimana hal tersebut adalah alat komunikasi yang baik untuk membangunan hubungan yang lebih akrab dengan pelanggan. Dengan adanya digital marketing dapat menghubungkan penjual dengan konsumen, serta penjual dapat menjangkau lebih banyak khalayak yang ditargetkan, dan membantu menghemat pengeluaran pemasar.

Dengan melakukan digital marketing, pelaku usaha dapat memperluas jaringan pemasarannya secara cepat dan cenderung tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Digital marketing ini juga dinilai mampu mempengaruhi pendapatan dari sebuah bisnis, terdapat beberapa jenis digital marketing yang umum digunakan, yaitu : 

1. Website dan Search Engine Optimization (SEO)

Website di zaman modern bertindak sebagai identitas daring, maka penting untuk membangun website yang mudah diakses dan memberikan informasi yang dibutuhkan para pelanggan dan calon konsumen potensial.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Jika fokus SEO adalah menempatkan website pada hasil pencarian teratas pada pencarian organik saja, SEM menargetkan hasil pencarian teratas baik pada organik maupun pada yang berbayar (iklan).

3. Social Media Marketing

Pemasaran melalui media sosial dapat menjadi alat yang efektif karena dapat menjangkau berbagai kalangan usia dan latar belakang. Fitur-fitur pemasaran yang kini melekat di berbagai media sosial juga menjadi salah satu daya tarik besar untuk dimanfaatkan perusahaan. Contohnya dengan menggunakan sosial media Instagram, twitter, facebook, dan masih banyak platform media sosial lainnya. 

4. Content Marketing

Content marketing atau pemasaran konten adalah salah satu cabang digital marketing yang menggunakan berbagai macam konten untuk menjangkau dan berinteraksi dengan target pasar produknya. Contohnya dengan membuat video, artikel, infografis, buku elektronik, dan jenis konten lain yang memberikan nilai manfaat bagi penggunanya. 

5. Influencer Marketing

Pemasaran yang satu ini telah menjadi tren baru di kalangan bisnis menengah atas untuk meningkatkan citra dan penjualan produknya. Influencer marketing menggabungkan pemasaran tradisional dengan digital dan mirip dengan sistem endorsement menggunakan jasa selebritas.

    Pesan dan informasi yang disampaikan melalui digital marketing memiliki pengaruh yang cukup kuat sebagai alat berbagi stimulus berupa pesan informasi digital marketing untuk meningkatkan kualitas informasi, sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan bagi calon konsumen nantinya. 


KESIMPULAN

Peranan  digital  marketing  dalam suatu bisnis  dapat  terwujud  dengan  baik  apabila didukung  dengan  pemahaman  perilaku  konsumen  yang  sesuai  dengan  perkembangan  teknologi yang  terbaru. Dengan adanya digital marketing dapat menghubungkan penjual dengan konsumen, serta penjual dapat menjangkau lebih banyak khalayak yang ditargetkan, dan membantu menghemat pengeluaran pemasar. Terdapat beberapa jenis digital marketing yang umum digunakan untuk memperluas jaringan promosi usaha sehingga akan mempengaruhi pendapatan bisnis atau usaha yang sedang di jalani. 


DAFTAR PUSTAKA 

Hendriadi, A. A., Padilah, T. N., & others. 2019. Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika. Vol 4(2).

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). Vol 1 (1).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.