Oktober 11, 2022

Telemarketing Untuk Kewirausahaan

Muhammad Fikri Aditya 41619010033 (@V03-FIKRI)



Konsep dan Sejarah Telemarketing

Telemarketing adalah jenis pemasaran langsung di mana seorang tenaga penjualan memberikan informasi kepada pelanggan tentang suatu produk atau layanan melalui telepon untuk membujuk mereka agar membelinya. Ini adalah strategi yang cukup sering dan umum digunakan untuk menjangkau klien potensial. Telemarketing adalah teknik pasar langsung untuk menjual barang dan jasa, membuat janji temu, dan menghasilkan prospek penjualan melalui telepon. Meskipun telepon telah digunakan sebagai alat penjualan selama hampir satu abad, istilah telemarketing pertama kali digunakan oleh AT&T pada awal 1980-an bersamaan dengan kampanye penjualan layanan telepon jarak jauh.

Telemarketing membutuhkan sikap profesional, perencanaan, dan kerja keras untuk membuat kesuksesan. Telemarketing dapat menjadi alat penjualan hemat uang yang kuat untuk bisnis kecil. Meskipun mungkin ada penolakan pelanggan untuk menjual barang dagangan melalui telepon, serangkaian strategi bisnis telemarketing yang baik dapat membantu rekanan Anda mengatasi penolakan dan menemukan penjualan yang menguntungkan.  Perusahaan telemarketing membutuhkan daftar calon pelanggan untuk menghasilkan pendapatan baru. Salah satu strategi bisnis yang dapat digunakan oleh bisnis telemarketing adalah memperlakukan pelanggan saat ini dan masa lalu sebagai sumber pendapatan yang berkelanjutan. Dengan terus mengembangkan daftar pelanggan pembelian, memberi perusahaan fondasi pendapatan yang memungkinkan pelanggan baru untuk membantu mengembangkan bisnis. Miliki sistem manajemen kontak yang melacak semua pelanggan, apa yang mereka beli, kapan mereka membeli, dan informasi lain yang dapat diketahui oleh rekan Anda. Seiring dengan memanggil daftar prospek baru, rekanan harus meminta kesuksesan masa lalu untuk mempertahankan kontak dan melanjutkan aliran pendapatan.

 

Cara Kerja Telemarketing

Telemarketing adalah praktik menghubungi, memeriksa, dan mendekati pelanggan potensial. Ini tidak termasuk penggunaan  metode pemasaran surat langsung. Telemarketing dapat dilakukan dari pusat panggilan, kantor, atau, semakin, rumah. Sering kali, telemarketing dapat melibatkan satu panggilan untuk menilai minat atau kesesuaian, dan kemudian panggilan tindak lanjut untuk mengejar penjualan. Berbagai data dapat digunakan untuk mempersempit database nama yang besar menjadi sejumlah kecil prospek pelanggan dengan probabilitas lebih tinggi. Telemarketing digunakan oleh bisnis nirlaba, badan amal nirlaba, kelompok dan kandidat politik, survei, ajakan donasi, riset pemasaran, dan jenis organisasi lainnya.

 

Kegiatan Telemarketing

·        Outbound: Perusahaan secara aktif menjangkau prospek pelanggan dan pelanggan yang ada melalui panggilan telemarketing keluar, juga dikenal sebagai panggilan "dingin".

·        Inbound: Panggilan telemarketing ini didasarkan pada pertanyaan masuk tentang produk atau layanan sebagaimana didorong oleh upaya periklanan atau penjualan. Ini dianggap panggilan "hangat" karena pelanggan biasanya akan mengirimkan formulir minat secara online atau sudah akrab dengan perusahaan.

·        Lead Generation: Ini adalah kumpulan kecerdasan tentang profil, minat, dan data demografis pelanggan potensial.

·        Sales: Telemarketer yang merupakan tenaga penjualan terlatih terlibat dalam aktivitas persuasif ini. Mereka bertujuan untuk menutup kesepakatan di telepon.

 

Tolak Ukur keberhasilan Telemarketing

·        Informasi pelanggan.  Telemarketer harus tahu mengapa orang-orang yang dipanggil adalah prospek yang baik - apakah mereka membuka pesan email tentang produk atau mengikuti pengundian hadiah di pameran dagang.

·        Pengetahuan.  Individu yang melakukan panggilan penjualan harus mengetahui produk yang mereka jual dan perusahaan yang mereka wakili, dan juga harus dapat menjawab pertanyaan tentang keduanya. Mereka juga harus dilatih dalam keberatan pembelian yang khas dan bagaimana mengatasinya dalam percakapan.

·        Empati.  Seorang telemarketer empati yang menunjukkan keterampilan mendengarkan lebih mampu mengembangkan hubungan pelanggan daripada penelepon yang berfokus pada tidak lebih dari penjualan.

·        Iklan.  Karena pelanggan membutuhkan beberapa kontak dalam berbagai bentuk - iklan, surat langsung, dan sebagainya - panggilan telemarketing harus menjadi bagian dari upaya pemasaran yang lebih besar.

 


References

Anon. Telemarketing. Shopifty

Kenton, Will. 2022. Telemarketing. Investopedia

Akhrin, Dimitri. 2021. Telemarketing For Small Business: Four Tips For Success. Forbes

Knes, Michael. Telemarketing. Reference for Business

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.