Oktober 12, 2022

Pentingnya Digital Marketing Dalam Kewirausahaan

 Gavina Tamara

46119010019

@V37-GAVINA 

Pentingnya Digital Marketing Dalam Kewirausahaan



Digital Marketing mampu mempermudah dalam berbisnis karena berbasis melalui sosial media maupun online.  Menurut  Zimmerer  (2008),  ada  8  faktor  pendorong  pertumbuhan  kewirausahaan,  salah  satu diantaranya  yaitu  kemajuan  teknologi  (Misnawati,  Yusriadi,  2018).  Dampak  positif  dari  penggunaan teknologi ini untuk keberhasilan usaha serta dapat memberikan banyak kemudahan dalam aktivitas usaha, seperti  kemudahan  akses  informasi,  perluasan  jaringan  untuk  komunikasi.  Dari  sinilah  muncul  berbagai media  sosial  berbasis  teknologi  seperti,  facebook,  instagram,  grab,  shoope,  lazada,  olx  Bukalapak, dll.Fungsi  utama  dalam  pemanfaatan  telnologi  untuk  wirausaha  ini  untuk  kegiatan  promosi  dimana informasi barang yang kita jual dapat diakses oleh orang banyak sertapengeluaran biaya yang rendah yang menjadi  nilai  plus  dalam  marketing  digital  ini.  Berdasarkan  latar  belakang  yang  telah  dituliskan  dapat dirumuskan bagaimana peran digital marketing dalam bagi Wirausaha Pemula yang sekarang sangat wajib untuk dipelajari bagi para wirausahawan.

Di  era  sekarang  saat  orang-orang  banyak  kehilangan  pekerjaan, menjadi wirausahawan sangatlah dibutuhkan untuk membantu warga sekitar. Bagi para pelaku usaha yang dituntut  untuk  lebih  mengetahui  penggunaan  internet  melalui  digital  marketing  agar  omzet  mereka bertambah. Digital marketing/online marketing adalah salah satu alternatif usaha yang dilakukan seorang untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa di era globalisasi apalagi pada masa pandemi seperti ini. Hal ini dirasa sangat efektif dan efisien. Tidak perlu mengeluarkan tenaga yang cukup banyak. Hanya saja  diperlukan  keterampilan  dan  kreatifitas  yang  tinggi  agar  orang  tertarik  dengan  produk/jasa  yang dipasarkan. Sebagaimana yang telahdisampaikan oleh penulis diatas bahwaasanya peran digital marketing sangatlah   penting   untuk   menghemat   pengeluaran   dalam   berwirausaha   serta   budaya   internet   yang mengakibatkan orang lebih senang belanja online daripada belanja di tempat tujuan.

Dengan melakukan pemasaran melalui media sosial, tentu akan menjadi penunjang kesuksesan bisnis, menarik minat konsumen, sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Maraknya pertumbuhan usaha berhasil memperketat persaingan pasar saat ini. Situasi ini dengan tegas memaksa para pelaku usaha untuk dapat mengoptimalkan strategi pemasaran serta produktivitasnya. Sehingga dengan semakin ramainya persaingan pasar, usahanya tetap bertahan bahkan berkembang di tengah banyak munculnya peluang usaha lain yang semakin ramai dan kreatif.

 

 Referensi: 

Nugraha, A. A., Sari, E. N., Dzuchroidah, & K, A. N. (2021). PERAN DIGITAL MARKETING BAGI WIRAUSAHA PEMULA DI DESA SAMBONG DUKUH KABUPATEN JOMBANG. Jurnal Inovasi Ekonomi, 5, 29-34.

Maulidasari, C. D., & Setiyana, R. (2020, Januari). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2, 63-73.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.