November 08, 2022

Bagaimana Model Ekosistem Entrepreneurship Yang Harus Dimiliki

Muhammad Fikri Aditya (@V03-FIKRI)


Ekosistem Kewirausahaan yang sukses bergantung pada kemitraan dan kolaborasi lintas sektoral. Program Main Street berada dalam posisi utama untuk menyatukan mitra kunci untuk menilai kesenjangan dan peluang dalam ekosistem lokal.

Selain itu, pentingnya tempat sering hilang dari dialog seputar Ekosistem Kewirausahaan. Main Streets berada di posisi yang tepat untuk membawa perspektif berbasis tempat ini ke meja dan membantu memastikan bahwa strategi dukungan kewirausahaan memanfaatkan berbagai rasa tempat yang membuat distrik komersial Anda unik.

Sementara pengembangan Ekosistem Kewirausahaan telah dibudidayakan secara organik di banyak pusat teknologi seperti Silicon Valley, ada kebutuhan akut akan alat untuk membantu proses ini di masyarakat dengan sumber daya dan kapasitas yang lebih terbatas. Untuk memajukan gerakan membangun Ekosistem Kewirausahaan, MSA mengembangkan pelatihan bagi komunitas yang memandu para pemimpin lokal melalui serangkaian masukan yang dirancang untuk membangun pemahaman yang lebih besar tentang sistem pendukung kewirausahaan saat ini.

Berikut ini adalah model ekosistem kewirausahaan yang harus dimiliki oleh pelaku usaha, yaitu:

Kepemimpinan dan Kebijakan

Kepemimpinan dan Kebijakan memberikan strategi dan legitimasi kepada pengusaha dan ekosistem kewirausahaan melalui promosi dan dukungan, pemecahan masalah dan undang-undang dan insentif yang ramah bisnis.

Keuangan

Keuangan menyediakan bahan bakar untuk startup tahap awal dan ekosistem kewirausahaan yang berorientasi pada pertumbuhan dan pertumbuhan melalui akses ke pinjaman mikro, investor malaikat, dan modal ventura. Dukungan diperlukan untuk persiapan peningkatan modal dan peluang pitch.

Pasar

Akses pasar dan pasar memberikan peluang untuk bukti konsep, penjualan, dan distribusi.  Pelanggan termasuk pasar domestik dan asing, perusahaan besar dan kecil, dan kontrak pemerintah.

Budaya dan Media

Keyakinan budaya mempengaruhi penerimaan dan promosi wirausahawan dan ekosistem kewirausahaan. Kisah sukses dan panutan harus dipromosikan oleh para pemimpin berpengaruh melalui media dan saluran media sosial.

Sumber Daya Manusia

Human Capital berupa talenta manajerial dan teknis yang berpengalaman diperlukan untuk menjamin kesuksesan wirausaha. Lembaga pelatihan dan dukungan outsourcing harus menanggapi meningkatnya kebutuhan akan keterampilan di pasar.

Layanan Pendukung

Sistem Pendukung harus mencakup berbagai infrastruktur pendukung (energi, telekomunikasi, transportasi) dan jaringan kewirausahaan serta platform dan acara jaringan. Pelatih dan mentor berpengalaman serta layanan dukungan profesional membantu memastikan kesuksesan.


References

Ewing Marion Kauffman Foundation. Entrepreneurial Ecosystem. Main Street America

Tim. Entrepreneurship Ecosystem. Leadership Institute for Entrepreneurs DBA of Eship Global Inc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.