November 13, 2022

 

HUBUNGAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN DENGAN KEBERLANGSUNGAN USAHA

Oleh : Meli Restiana (@V33 – Meli)


ABSTRAK

Pemberian motivasi dengan tepat akan dapat menimbulkan semangat, gairah dan keikhlasan kerja dalam diri seseorang. Meningkatnya kegairahan dan kemauan untuk bekerja dengan sukarela tersebut akan menghasilkan pekerjaan yang lebih baik, sehingga akan meningkatkan produktivitas. Motivasi kerja karyawan dapat ditingkatkan melalui beberapa cara seperti mengubah suasana kerja, memberikan reward, memperhatikan kesejahteraan karyawan.

Kata Kunci : Motivasi kerja, Produktivitas, Kesejahteraan.

PENDAHULUAN

Sumber daya manusia memiliki peranan penting dalam setiap kegiatan dari sebuah usaha, dikarenakan sumber daya manusia dalam suatu usaha memiliki fungsi sebagai pelaksana dan juga memiliki potensi yang besar untuk menjalankan aktivitas usaha tersebut, potensi dari sumber daya manusia yang ada harus dimanfaatkan dengan sebaik- baiknya agar memperoleh hasil yang maksimal, serta bagaimanapun juga kemajuan dan keberhasilan dari suatu usaha tidak lepas dari peran sumber daya manusia yang baik. Kinerja karyawan merupakan suatu hal yang penting bagi perusahaan. Seorang karyawan yang memiliki kinerja tinggi dapat mendorong tercapainya tujuan perusahaan.

Salah Satu faktor yang mempengaruhi kinerja ialah motivasi. Hasibuan (dalam Damayanthi, 2015) menyatakan bahwa motivasi itu sendiri ialah pemberian daya penggerak agar mendorong seseorang untuk bekerja sama, bekerja efektif dan terintegrasi dengan segala daya dan upayanya untuk mencapai kepuasan. Rendahnya motivasi kerja akan menyebabkan timbulnya kinerja yang rendah. Kinerja karyawan yang rendah tidaklah mungkin mencapai hasil yang baik apabila tidak ada motivasi, karena motivasi itu sendiri merupakan suatu kebutuhan dalam usaha untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan bagi karyawan yang memiliki motivisi kerja yang tinggi membuat dirinya merasa senang dan memperoleh kepuasan tersendiri dalam pekerjaannya, seorang karyawan akan lebih berusaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan semangatnya yang tinggi, serta selalu berusaha mengembangkan tugas dan dirinya (Anoraga, 2009).

 

PERMASALAHAN

Motivasi kerja merupakan hal yang sangat penting dalam suatu usaha karena ketika seseorang memiliki motivasi tinggi dalam bekerja maka ia akan lebih produktif dan usaha yang dijalankan pun akan meningkat. Dengan hal tersebut maka sebenarnya :

1.      Apa alasan penting mengapa motivasi kerja sangat diperlukan dalam suatu usaha?

2.      Bagaimana cara meningkatkan motivasi kerja karyawan?


PEMBAHASAN

Alasan Motivasi Kerja Sangat Diperlukan Dalam Keberlangsungan Usaha

Motivasi semangat kerja sangat diperlukan oleh karyawan. Berikut ini, ada beberapa alasan yang perlu Anda ketahui dan pahami mengenai pentingnya motivasi untuk mendorong semangat kerja karyawan di perusahaan, yaitu:

·         Motivasi dapat mendorong karyawan untuk berpikir kreatif dalam memberikan output pekerjaan mereka.

·         Motivasi dapat membuat kinerja karyawan menjadi lebih cepat dan maksimal.

·         Motivasi dapat membuat karyawan untuk selalu memberikan hasil usaha yang terbaik.

·         Motivasi dapat membantu pengembangan diri masing-masing karyawan.

 

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan, kita dapat melakukan beberapa cara berikut ini, yaitu:

1.      Melakukan Outing

Karyawan membutuhkan refreshing atau rekreasi sejenak untuk melepas penat selama bekerja terus menerus di perusahaan Anda. Oleh karena itu, Anda dapat mengadakan kegiatan outing yang dapat meningkatkan semangat karyawan.

Selain kegiatan outing, Anda juga bisa merencanakan acara liburan bersama dengan karyawan seperti menginap 2 hari 1 malam. Acara-acara seperti itu tidak hanya dapat membantu meningkatkan motivasi kerja karyawan, tapi juga mengeratkan hubungan antar karyawan agar mereka dapat lebih kompak dalam menjalankan visi dan misi perusahaan.

2.      Mengubah Suasana Kerja

Suasana kerja yang tidak pernah berubah akan membuat karyawan menjadi lebih cepat jenuh dan bahkan tidak jarang ada karyawan yang dapat merasa lebih cepat stres.

Untuk meningkatkan motivasi mereka kembali, Anda dapat mengubah suasana kerja dengan melakukan beberapa perubahan seperti mengganti susunan meja dan bangku, mengecat warna dinding, menambahkan dekorasi tertentu, atau bahkan memberikan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh karyawan. Dengan demikian, karyawan Anda akan merasa lebih nyaman dan motivasi kerja pun kembali meningkat.

3.      Mengadakan Forum Diskusi

Forum diskusi bisa menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan motivasi karyawan. Diskusi juga diperlukan oleh perusahaan untuk mencari solusi atau ide yang dapat digunakan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.

Melalui forum diskusi, Anda secara tidak langsung juga meminta kepada karyawan agar mereka dapat memberikan pendapat atau menuangkan ide-ide kreatifnya. Hal tersebut dapat membuat karyawan merasa dijadikan sebagai salah satu aset perusahaan yang berharga.

4.      Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, suasana kerja menjadi hal yang sangat penting untuk mendorong motivasi kerja keras. Sama halnya dengan menciptakan lingkungan kerja yang positif, Anda bisa membuat ruang kerja yang nyaman yang dipenuhi dengan semangat serta energi positif.

Anda juga bisa menciptakan lingkungan kerja yang positif dengan menerapkan gaya kepemimpinan yang disegani para karyawan. Dalam kata lain, Anda bisa menciptakan suasana dan hubungan yang baik dengan setiap karyawan di perusahaan agar pekerjaan dapat saling bersinergi dan dapat bekerja dengan baik.

5.      Memberi Apresiasi pada Karyawan

Memberikan apresiasi terhadap karyawan akan membuat karyawan semakin termotivasi untuk kerja keras dalam mencapai tujuan yang ditargetkan perusahaan. Anda bisa memberikan apresiasi atas apa yang telah dikerjakan untuk menunjukkan kepuasan Anda kepada karyawan sehingga memberikan motivasi kerja yang baik pula bagi karyawan.

6.      Memperhatikan Kesejahteraan Karyawan

Kesejahteraan karyawan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Kesejahteraan karyawan dapat dilakukan dengan menetapkan tujuan dan mengukur kesanggupan karyawan yang Anda miliki.

Meningkatkan kesejahteraan karyawan, juga bisa dalam bentuk memberikan pelatihan manajemen, memberi paket kursus pengembangan diri, atau mengadakan webinar yang mendukung peningkatan skill dan kemampuan karyawan. Hal ini dapat berdampak baik untuk meningkatkan motivasi kerja keras karyawan di perusahaan.

7.      Memberikan Reward

Cara terakhir yang dapat kita dapat lakukan untuk mendorong semangat dan motivasi kerja karyawan di perusahaan adalah dengan memberikan reward. Berikanlah reward berupa bonus, hadiah, atau bahkan voucher belanja sebagai rasa terima kasih Anda atas seluruh usaha yang telah dikeluarkan oleh karyawan untuk perusahaan.


KESIMPULAN

Motivasi kerja karyawan merupakan pengaruh yang sangat besar bagi keberlangsungan suatu usaha. Ketika karyawan memiliki motivasi tinggi maka usaha akan lebih meningkatkan, begitu pun sebaliknya. Ketika karyawan memiliki motivasi rendah maka produktivitas menurun dan ushaa pun akan menurun.

 

DAFTAR PUSTAKA

Sedarmayanti. (2011). Membangun dan Mengembangkan Kepemimpinan serta Meningkatkan Kinerja untuk Meraih Keberhasilan. Bandung: Refika Aditama.

Damayanthi, E. L. (2015). Hubungan antara Stress Kerja dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Karyawan. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia , 4(01),  44- 50.

https://www.sodexo.co.id/motivasi-itu-penting-untuk-mendorong-semangat-kerja/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.