November 13, 2022

Ide bisnis dalam kewirausahaan

 


Oleh : Abiel Wira Pramana (@V20-ABIEL)

Pendahuluan

            Penciptaan suatu ide bisnis merupakan salah satu faktor penting dalam memulai sebuah bisnis. Para wirausaha muda dengan adanya berbagai macam bisnis harus mampu bersaing dengan bisnis barunya. Ide dalam konteks kewirausahaan di sini adalah gagasan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (Putri dalam Marvianta dkk, 2013). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penciptaan ide bisnis merupakan penciptaan gagasan yang menciptakan suatu bisnis yang baru dan berbeda. Menurut Zimmerer dalam Marvianta dkk(2013) bahwa kreativitas sering kali muncul dalam bentuk ide untuk menghasilkan barang dan jasa baru. Ide bukanlah peluang dan tidak akan muncul bila wirausaha tidak mengadakan evaluasi dan pengamatan secara terus-menerus. Banyak ide yang benar-benar asli, akan tetapi sebagian besar peluang tercipta ketika wirausaha memiliki cara pandang baru terhadap ide yang lama. Agar ide-ide potensial menjadi peluang bisnis yg riil, maka wirausaha harus bersedia melakukan evaluasi terhadap peluang secara terus menerus.

Permasalahan

·         Apa itu pengertian Ide Bisnis?

·         Apa saja sumber ide bisnis?

·         Bagaimana membangun ide bisnis?

Pembahasan

Pengertian Ide Bisnis

            Suatu ide usaha/bisnis yang bagus adalah penting, atau bahkan merupakan persyaratan untuk usaha/bisnis yang sukses. Namun demikian ide bisnis yang bagus biasanya tidak langsung datang kepada pengusaha, tetapi merupakan hasil dari kerja keras dan upaya dari pengusaha untuk membangkitkan, mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang. Ide usaha (bisnis) adalah respon seseorang, banyak orang, atau suatu organisasi untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi atau untuk memenuhi kebutuhan di suatu lingkungan (pasar, masyarakat). Mencari sebuah ide bisnis yang bagus adalah langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreatifitas pengusaha menjdi peluang usaha/bisnis.

            Menurut Aries Ide bisnis adalah respon dari seseorang, banyak orang atau dari suatu organisasi untuk memecahkan suatu masalah yang telah teridentifikasi atau untuk memenuhi kebutuhan di sebuah lingkungan (masyarakat, pasar). Mencari ide bisnis yang bagus merupakan langkah awal dalam mengubah keinginan dan kreativitas pengusaha menjadi sebuah peluang usaha atau bisnis. Sedangkan Pengertian Ide Bisnis menurut Zimmerer Ide bisnis adalah ide-ide yang berasal dari wirausaha yang bisa menciptakan peluang untuk memenuhi kebutuhan yang riil di pasar. Ide-ide tersebut menciptakan nilai yang potensial di pasar dan juga menjadi peluang usaha.

 

Sumber-sumber Ide Bisnis

1. Hobi/Minat

Hobi adalah aktivitas favorit di waktu luang atau pekejaan. Banyak orang, dalam melakukan hobi atau minat, berhasil mendirikan bisnis. Sebagai contoh, jika anda menyukai bermain dengan komputer, memasak, musik, perjalanan, olahraga, atau pertunjukkan, Anda dapat mengembangkannya menjadi sebuah bisnis. Misalnya, jika Anda menikmati perjalanan, pertunjukkan dan/atau memberikan pelayan, Anda bisa memasuki bidang pariwisata.

2. Keterampilan dan Pengalaman Pribadi

Lebih dari separuh ide bisnis yang sukses berasal dari pengalaman bekerja di kantor/ tempat kerja. Sebagai contoh, seorang mekanik yang mempunyai pengalaman bekerja di bengkel besar yang akhirnya membuka bisnis reparasi mobil atau bisnis berjualan mobil bekas. Jadi, latar belakang pengusaha memainkan peranan penting dalam keputusan untuk memasuki bisnis selain jenis usaha bisnis yang akan mereka ciptakan. Ketrampilan dan pengalaman Anda merupakan sumber yang paling penting, tidak hanya untuk menghasilkan ide tetapi juga untuk mendapat keuntungan.

3. Survei

Inti dari suatu ide bisnis baru seharusnya adalah pelanggan. Kebutuhan dan keinginan dari pelanggan, alasan pemilihan produk atau jasa oleh pelanggan, dapat kita pastikan melalui suatu survey. Survei dapat kita lakukan secara formal atau tidak formal melalui percakapan dengan orang-orang dengan menggunakan kuisioner, wawancara atau melalui observasi.Anda juga bisa memulainya dengan berbicara kepada keluarga dan teman-teman untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan atau yang diinginkan yang belum tersedia. Kemudian Anda bisa melanjutkan dan berbicara dengan orang yang merupakan bagian dari rantai distributor, seperti pabrik, pedagang, distributor, agent grosir atau penjualbretail. Sangat berguna jika anda mempersiapkan pertanyaan terlebih dahulu untuk dicantumkan pada kuisioner atau digunakan dalam wawancara. Dengan kontak yang dekat dengan pelanggan, anggota jaringan memiliki pengertian dari apa yang dibutuhkan dan apa yang tidak dapat dijual. Anda harus banyak bertanya kepada banyak pelanggan, baik pelanggan tetap atau pelanggan tidak tetap. Semakin banyak informasi yang Anda dapatkan akan semakin baik.

4. Brainstorming

Brainstorming adalah suatu teknik pemecahan masalah yang kreatif selain untuk menghasilkan ide. Tujuannya adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin ide. Hal ini biasanya mulai dengan suatu pertanyaan atau pernyataan masalah. Sebagai contoh, Anda dapat bertanya “Produk dan jasa apa sekarang dibutuhkan di rumah tetapi belum tersedia. Setiap ide dapat menghasilkan suatu tambahan ide atau lebih, yang jumlahnya akan lumayan banyak.

 

Membangun Ide Bisnis

            Usaha atau bisnis di masa sekarang ini harus mampu bersaing dengan bisnis atau wirausaha lainnya dalam pasar tertentu menurut standar persaingan dunia dalam segala aktivitas, departeman dan pelayanan. Kriteria persaingan itu mencakup praktik dan kehebatan dari perangkat untuk transformasi perusahaan seperti pekerjaan yang fleksibel, standar penilaian, managemen kualitas dan lain sebagainya. Proses perubahan dalam suatu wirausaha kelas dunia dilakukan dengan cara yang menguntungkan karyawan dan wirausaha.

a. Menyusun Strategi

Strategi merupakan langkah, taktik atau tindakan yang harus ada dalam sebuah wirausaha. Suatu wirausaha yang ingin bersaing dengan kelas dunia, tentunya wirausaha itu harus memiliki sebuah managemen yang bagus, baik, operasi yang lebih baik terutama terhadap pelayanan, kemudian memiliki produk yang berkualitas tinggi dan baik dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat, komunikasi dan informasi yang jelas, cth jika Anda ingin membangun usaha sewa mobil Jakarta sebaiknya Anda harus pintar menyusun strategi pemasaran, promosi, penjualan dan strategi bisnis lainnya.

b. Identifikasi kapabilitas

Dari analisis mengenai lingkungan eksternal anda, berikan kesimpulan kapabilitas utama dari wirausaha anda. Kemudian pertimbangkan pengaruh luar saat mengembangkan strategi untuk bisnis anda Kapabilitas utama itu mencakup: kapasitas penelitian/inovasi, perencanaan dan control financial, kapabilitas sumber daya manusia, keahlian pemasaran dan administrasi, pengetahuan ten tang produk dan keahlian dalam pelayanan.

c. Identifikasi pengaruh eksternal

Hal penting yang harus dilakukan dalam mengidentifikasi pengaruh eksternal yaitu mempertimbangkan pengaruh lingkungan luar, yang menentukan respon yang baik mengenai bisnis anda. Kemudian pengaruh atau faktor yang berbeda, yang berupa faktor ekonomi, faktor teknologi lingkungan, kecenderungan supplier dan demografi dan yang lebih penting adalah menemukan area kelemahan anda.

d. Analisa posisi terhadap competitor

Untuk menganalisa posisi wirausaha anda terhadap competitor, hal yang pertama sekali yang harus anda lakukan adalah mencari informasi yang jelas tentang pasar, kemudian ukurlah posisi wirausaha anda cth nyata jika Anda ingin bangun bisnis sewa mobil Jakarta sebaiknya Anda dari awal harus memperhatikan dan menghitung jumlah kompetitor usaha Anda di daerah tempat Anda mendirikan usaha sewa mobil tersebut. Untuk mengukur dan menganalisa posisi competitor, anda harus mengenal tentang: Keunggulan produk anda, Harganya, Ketersediaan, Pelayanan kepada pelanggan, kebijakan untuk perkembangan berkesinambungan dan kondisi pasar.

e. Lokasi / Tempat Usaha

Pemilihan tempat lokasi atau tempat usaha adalah salah satu elemen penting juga untuk pembangunan usaha Anda, lokasi yang strategis dan aman jauh dari bahaya perampokan adalah tempat usaha yang harus Anda miliki sehingga usaha Anda akan berjalan dengan lancar dan baik.

 

Kesimpulan

            Berdasarkan pembahasan di atas maka dapat kita simpulkan bahwa Ide bisnis adalah respon dari seseorang, banyak orang atau dari suatu organisasi untuk memecahkan suatu masalah yang telah teridentifikasi atau untuk memenuhi kebutuhan di sebuah lingkungan (masyarakat, pasar). Mencari ide bisnis yang bagus merupakan langkah awal dalam mengubah keinginan dan kreativitas pengusaha menjadi sebuah peluang usaha atau bisnis. Terdapat beberapa sumber ide bisnis seperti melalui hobi, pengalaman pribadi, survey, dan brainstorming. Dalam membangun ide bisnis terdapat beberapa cara yaitu menyusun strategi, identifikasi kapabilitas, identifikasi pengaruh external, dan analisa posisi terhadap competitor.

Daftar Pustaka

Ø  Pengertian Ide Bisnis (Sumber dan Contohnya). (2021). Diakses pada 12 november 2022, dari https://www.temukanpengertian.com/2022/06/pengertian-ide-bisnis-sumber-dan-contohnya.html

Ø  Ide Bisnis: Sumbernya dan Kriteria Ide Yang Baik. (2021). Diakses pada 12 november 2022, dari https://cerdasco.com/ide-bisnis/

Ø  Konsep Bisnis: Pengertian, Fungsi, & Cara Membuat Konsep Bisnis. (2021). Diakses pada 12 november 2022, dari https://www.gramedia.com/best-seller/konsep-bisnis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.