November 14, 2022

Integritas Bisnis Itu Penting

Muhammad Fikri Aditya (@VO3-FIKRI)


Integritas bisnis adalah tindakan melakukan praktik bisnis dengan mengikuti kerangka moral dan etika. Seperti halnya integritas pribadi, integritas bisnis mengharuskan Pelaku bisnis untuk bertindak dengan kejujuran dan konsistensi dan untuk meminta pertanggungjawaban diri Pelaku bisnis atas tindakan Pelaku bisnis, bahkan ketika tidak ada yang menonton. Integritas bisnis berarti menutup kesenjangan antara niat dan tindakan Pelaku bisnis, memastikan interaksi Pelaku bisnis dengan pelanggan, karyawan, pemasok, investor, dan regulator selaras dengan tujuan dan sasaran yang Pelaku bisnis nyatakan. Dan akhirnya, memastikan bahwa secara organisasi, Pelaku bisnis selalu berperilaku dengan cara yang berdiri tegak. Ini dapat menunjukkan integritas dalam interaksi profesional Pelaku bisnis dengan memperlakukan orang lain dengan hormat dan bertanggung jawab atas tindakan Pelaku bisnis sendiri. Mengetahui bagaimana bertindak dengan integritas bisnis dapat membantu Pelaku bisnis mendapatkan kepercayaan dari kolega dan supervisor, serta meningkatkan reputasi Pelaku bisnis.

Prinsip Integritas Bisnis

·        Kepercayaan. Kepercayaan memberi makna pada janji perusahaan dan mendorong pelanggan untuk melanjutkan hubungan mereka dengan Pelaku bisnis dan organisasi. Prinsip ini juga penting untuk hubungan Pelaku bisnis dengan manajer atau atasan Pelaku bisnis karena ini menunjukkan bahwa mereka dapat mempercayai Pelaku bisnis untuk menegakkan integritas departemen atau bisnis mereka.

·        Tindak lanjuti. Prinsip ini merupakan bagian penting dari integritas bisnis karena menunjukkan komitmen Pelaku bisnis untuk menjunjung tinggi janji. Ketika Pelaku bisnis menindaklanjuti komitmen, pelanggan percaya bahwa Pelaku bisnis dapat memberi mereka produk atau layanan yang telah Pelaku bisnis janjikan, dan mereka mungkin lebih mungkin untuk melakukan bisnis dengan Pelaku bisnis lagi di masa mendatang.

·        Kualitas. Prinsip integritas bisnis ini melibatkan pengiriman produk dan layanan berkualitas tinggi kepada pelanggan. Konsistensi ini menunjukkan kepada pelanggan bahwa Pelaku bisnis menghargai bisnis mereka dan membantu mereka merasa percaya diri untuk bekerja dengan Pelaku bisnis. Sebagai seorang karyawan, Pelaku bisnis dapat menunjukkan tingkat kualitas yang sama dengan yang diberikan perusahaan Pelaku bisnis dengan melakukan tugas-tugas individu Pelaku bisnis pada tingkat tinggi dengan memperhatikan detail.

·        Kewarganegaraan Perusahaan. Ini mengacu pada tindakan yang diambil perusahaan untuk membuat dampak positif pada komunitas mereka, seperti filantropi atau kesukarelaan. Sebagai karyawan, Pelaku bisnis dapat menunjukkan integritas bisnis dengan terlibat dalam upaya penjangkauan perusahaan. Misalnya, Pelaku bisnis dapat mengambil bagian dalam hari layanan di seluruh perusahaan atau mengusulkan ide kepada atasan Pelaku bisnis tentang cara-cara perusahaan dapat membantu masyarakat.

·        Kesediaan untuk Berubah. Para profesional dengan integritas bisnis mengakui bahwa mereka dapat terus meningkat dengan menunjukkan kesediaan untuk berubah. Pelaku bisnis dapat menunjukkan kepada pelanggan prinsip ini dengan mengakui umpan balik yang mereka tawarkan, yang dapat membuat mereka merasa dihargai. Pelaku bisnis juga dapat menunjukkan kesediaan untuk berubah dengan menerima umpan balik dari manajer atau rekan kerja Pelaku bisnis dan mengidentifikasi area di mana Pelaku bisnis dapat meningkatkan keterampilan Pelaku bisnis.

·        Hormat. Rasa hormat adalah bagian penting dari integritas bisnis karena menunjukkan kepada orang lain bahwa Pelaku bisnis menghargai dan menghargai kontribusi mereka. Pelaku bisnis dapat bertindak dengan integritas bisnis dengan menunjukkan rasa hormat kepada semua orang, termasuk pelanggan dan karyawan dari semua tingkatan. Menunjukkan rasa hormat dapat membantu Pelaku bisnis mempertahankan hubungan positif dan profesional dengan anggota tim dan pelanggan.

·        Akuntabilitas. Profesional dengan integritas bisnis menganggap diri mereka bertanggung jawab atas tindakan mereka, bahkan ketika mereka membuat kesalahan. Tidak ada yang suka membuat kesalahan, tetapi pelanggan menghargainya ketika Pelaku bisnis bertanggung jawab dan bekerja untuk menyelesaikan masalah untuk menemukan solusi positif. Pelaku bisnis juga dapat menunjukkan akuntabilitas atas pekerjaan Pelaku bisnis dengan mengatasi masalah atau tantangan dan menemukan cara untuk mengatasinya dengan sukses.

Pentingnya Integritas Bisnis

Untuk mencapai ini, pertama-tama akan sangat membantu untuk mengidentifikasi integritas apa yang tidak. Integritas bukan tentang 'melakukan hal yang benar secara dangkal karena itu membuat Pelaku bisnis terlihat baik atau karena Pelaku bisnis berada di bawah pengawasan publik.  Terlepas dari posisi, tingkat pengalaman, atau industri Pelaku bisnis, integritas bisnis dapat membantu Pelaku bisnis berperilaku tepat di tempat kerja.

·        Bangun kepercayaan: Ketika Pelaku bisnis bertindak dengan integritas bisnis, Pelaku bisnis menunjukkan kepada orang lain bahwa mereka dapat mempercayai Pelaku bisnis untuk melakukan apa yang benar. Kepercayaan ini dapat membantu Pelaku bisnis membangun hubungan yang berharga dengan orang lain, termasuk rekan kerja, manajer, dan pelanggan Pelaku bisnis.

·        Perkuat reputasi Pelaku bisnis: Integritas bisnis Pelaku bisnis dapat membantu Pelaku bisnis bertindak secara etis dalam tugas dan proses Pelaku bisnis. Orang lain mungkin memperhatikan integritas Pelaku bisnis, yang dapat membantu Pelaku bisnis memperkuat reputasi Pelaku bisnis.

·        Tingkatkan kinerja Pelaku bisnis: Pelaku bisnis dapat menunjukkan integritas bisnis dengan berusaha menyelesaikan tugas Pelaku bisnis di tingkat tinggi. Dengan memberikan hasil yang berkualitas, Pelaku bisnis dapat meningkatkan kinerja Pelaku bisnis.

·        Tingkatkan kepuasan kerja Pelaku bisnis: Saat Pelaku bisnis menunjukkan integritas bisnis, Pelaku bisnis dapat merasa percaya diri tentang pekerjaan yang Pelaku bisnis lakukan dan cara Pelaku bisnis melakukannya. Pengetahuan ini dapat membantu meningkatkan kepuasan kerja Pelaku bisnis.

 


References

Farnham, Kezia. 2021. Business Integration. Diligent

Indeed Team. Business Integrity. Indeed

Esterday, Mike. Seven Principles of Business Integrity. Integrity Solution

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.