November 30, 2022

Kreativitas Terhadap Peluang Bisnis

 


Abstrak

Pesatnya perkembangan IPTEK dan semakin meratanya globalisasi menuntut individu untuk menjadi yang kreatif hingga dapat memanfaatkan peluang bisnis yang ada. Kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang melimpah atau percuma jika tidak dikelola dengan baik. Untuk mengelola banyak SDM di Indonesia perlu distimulasi dan ditumbuhkan kreativitas agar angka pengangguran juga berkurang. Pengembangan ide-ide serta gagasan sangat diperlukan diera digital saat ini, terlebih lagi semenjak pandemic Covid-19 di mana perekonomian seluruh dunia mengalami penurunan.

Kata kunci : Kreativitas, Peluang, Ide, Teknologi


Pendahuluan

Adanya penetapan strategi dalam menggali peluang ide bisnis melalui berbagai media seperti media teknologi akan membantu menciptakan peluang usaha. Kreativitas tidak serta merta muncul dalam diri individu begitu saja, melainkan kreativitas ini dipicu untuk tumbuh melalui keadaan lingkungan disekitar. Peluang bisnis dapat muncul dimana saja dan kapan saja, tergantung bagaiamana perspeksi individu terhadap pemanfaat keadaan dan ide-ide yang dimilikinya. Dewasa ini sangat mudah mendapat pelanggan dengan pemanfaatan teknologi yang ada seperti iklan di media sosial.

Pembahasan

  • Kreativitas Bisnis Serta Pengaruhnya

Kreativitas didefinisikan sebagai kemampuan atau kepiawaian seseorang dalam membuat sesuatu yang baru, baik itu hal yang baru ada ataupun diperoleh melalui cara menggabungkan beberapa komponen yang sudah ada kemudian diperbaikai menjadi lebih baik. Bisnis sudah banyak berkembang sehingga semakin banyak pula perusahaan yang didirikan dengan tujuan memenuhi kebutuhan masyarakat dan meraup profit melimpah. Seiring pesatnya perkembangan Globalisasi dan IPTEK maka seorang pembisnis harus jauh lebih kreatif dan inovatif dalam menjalankan bisnisnya. Tanpa adanya kreativitas serta inovasi maka usaha tersebut akan tetap berpusat disitu dan tidak mengalami kemajuan.

  • Peluang Bisnis

Peluang dapat diartikan sebagai probabilitas, yang bermakna harga angka yang ditunjukkan seberapa besar memperoleh kemungkinan dari suatu peristiwa maupun kejadian yang akan terjadi. Namun dalam bisnis dan ekonomi, jika membicarakan peluang, berarti ada kaitannya dengan peluang bisnis. Peluang bisnis dapat dideskripsikan sebagai momentum terciptanya opportunity atau peluang bagi individu dalam menawarkan barang dan jasa untuk mencapai tujuan yang direncanakannya. Semua kondisi yang ditawarkan sejati nya merupakan kesempatan untuk mengembangkan ide atau gagasan bisnis. Terdapat beberapa indikator yang dapat dikatakan sebagai kriteria dalam berbisnis seperti menentukan bisnis yang akan dirintih bukan didasarkan musimnya dalam artian bisnis tersebut tengah viral, akan tetapi seorang pebisnis harus memikirkan prospek jangka panjang bisnis tersebut. Kriteria selanjutnya adalah bisnis tersebut harus berpotensi untuk dapat tumbuh dan berkembang, bisni stersebut harus memiliki siklus hidup yang panjang. Kriteria ke-3 didasarkan pada aspek finansial, apakah peluang bisnis tersebut mengeluarkan modal yang cukup besar dan bagaimana keuntungan yang akan didapat dengan modal yang telah dikeluarkan. Peluang bisnis dapat dikategorikan menjadi 3 yakni :

1. Peluang bisnis yang didasarkan kebutuhan

2. Peluang bisnis yang didasarkan trend

3. Peluang bisnis yang didasarkan oleh kesenjangan


  • Ide atau Gagasan Dalam Menciptakan Bisnis yang sukses

Secara umum, ide dapat didefinisikan sebagai bentuk konkrit dari pikiran yang berharga, dapat diberikan masukan, perspeksi, dan pikiran hasil merefleksikan wawasan. Ide dalam bisnis dapat dikatakan sama dengan ide bisnis, yang mana hal ini memberikan gambaran singkat dan jelas mengenai sebuah bisnis yang hendak dirintis. Dengan menetapkan ide bisnis yang baik merupakan tahapan awal untuk merubah keinginan serta kreativitas menjadi peluang bisnis. Ide bisnis yang baik dapat diperoleh melalu berbagai cara misalnya hanya dari sekedar hobi kemudian berpeluang menjadi ide bisnis, keterampilan atau kemampuan yang memiliki nilai untuk dijual kembali menjadi bisnis, pengalaman kerja yang ilmunya dapat digunakan untuk membuat bisnis dengan mengevaluasi kekurangan ide bisni stersebut untuk kemudian diperbaiki kea rah yang lebih baik lagi. Setelah mempunyai ide bisnis, seorang wirausahawan harus melakukan analisis SWOT (Strength, weaknes, opportunity, threats) dalam pengembangan ide bisnisnya. Adanya analisis SWOT ini untuk mengetahui kelemahan bisnis yang akan kita dirikan agar ketika sebelum terjadi kemungkinan terburuk seorang wirausahawan dapat menanggulanginya, serta untuk mengetahui kelebihan apa yang membedakan bisnis kita dengan competitor sehingga dapat menjadi nilai jual lebih.


  • Teknologi Terhadap Bisnis

Teknologi secara Etimologi berasal dari bahasa Yunani yakni “techno” yang berarti keahlian dan “logia” yang berarti pengetahuan. Secara umum, teknologi didefinisikan sebagai penerapan ilmu pengetahuan ilmiah dengan tujuan praktis guna kehidupan manusia atau perubahan peradaban serta manipulasi lingkungan manusia. Penggunaan teknologi sangat bermanfaat dalam dunia bisnis, terlebih wirausahawan yang menjalankan bisnisnya secara online. Jenis-jenis teknologi diklasifikasikan menjadi 6 yakni; teknologi informasi dimana penggunaannya membantu individu dalam menyampaikan informasi yang ada secara cepat dan efektif, teknologi komunikasi yang merupakan teknologi yang dalam pemanfaatannya berguna untuk membantu khalayak dalam berkomunikasi secara praktis dan efisien, selanjutnya adalah teknologi pendidikan yang berkaitan dengan dunia pendidikan, teknologi transportasi dimana pengaplikasiannya berguna untuk membantu manusia berpindah tempat menjalankan aktivitasnya, dan yang terakhir adalah teknologi kontruksi yang erat kaitannya dengan struktur dan pondasi bangunan.


Daftar Pustaka

Marvianta, Frederica, Wahyuni. (2013). Arti Penting Kreativitas Terhadap Penciptaan Ide Bisnis Studi Kasus Pada Mahasiswa FE-UKRIDA, Jakarta. Universitas Kristen Krida Wacana (2013). Diaksees dari https://media.neliti.com/media/publications/98357-ID-arti-penting-kreativitas-terhadap-pencip.pdf

Uty, R. Peluang Bisnis Melalui Kreativitas. Universitas Brawijaya. Diakses dari https://www.academia.edu/15960568/Peluang_Bisnis_Melalui_Kreativitas

Crewdible. (2022). Peluang Bisnis : Pengertian dan Cara Tepat Menemukannya. Daikses pada 17 November 2022 Pukul 22.46 dari https://crewdible.com/edukasi/topik/mulai-bisnis-online/peluangbisnis#:~:text=Peluang%20bisnis%20adalah%20momen%20terciptanya,efektif%20untuk%20melancarkan%20kegiatan%20usaha.

Utomo, Matin, S. (2021). Peluang Bisnis. Diakses dari https://bbs.binus.ac.id/businesscreation/2021/03/peluang-bisnis/

Gradianto, Aditya. R (2022). Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli, Ketahui Manfaat dan Jenis-jenisnya. Diakses pada 17 Novemmber 2022 Pukul 23: 35 dari https://www.bola.com/ragam/read/5058501/pengertian-teknologi-menurut-para-ahli-ketahui-manfaat-dan-jenis-jenisnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.