November 30, 2022

Pelayanan Pelanggan Mempengaruhi Prospek Bisnis

 


Abstrak

Pelanggan selalu memiliki ketertarikan serta selera yang berbeda dan cenderung berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Adanya perubahan yang cenderung ekstrem inilah yang membuat perusahaan harus mencari solusi untuk memenuhi tingkat kepuasan konsumen agar loyalitas pelanggan terhadap perusahaan tetap bertahan. Bentuk loyalitas pelanggan terhadap produk perusahaan akan memmengaruhi prospek pendapatan perusahaan, citra perusahaan, serta panjangnya umur siklus produk perusahaan.

Kata Kunci : Pelayanan Pelanggan, Kewirausahaan, Pengelolaan bisnis


Pendahuluan

Semakin ketatnya persaingan barang dan jasa yang berputar antar perusahaan competitor membuat konsumen semakin memiliki banyak pilihan dalam membeli produk, terlebih dengan dihadapkan oleh banyaknya pilihan ini maka konsumen akan memiliki kecenderungan bosan terhadap suatu produk semakin tinggi. Disinilah pentingnya peran perusahaan dalam mengoptimalkan pelayanan terhadap pelanggan, karena menjaga segmentasi pasar itu diperlukan. Pelanggan menjadi penentu kesuksesan dari didirikannya perusahan. Perusahaan harus menerapkan prinsip bahwa kepuasan pelanggan menjadi tujuan utama operasional perusahaan.


Pembahasan

  • Definisi dan Karakteristik Pelanggan

Pelanggan atau konsumen merupakan individu, kelompok, lembaga, instansi, ataupun organisasi yang melakukan kegiatan membeli, mengkonsumsi, menerima, ataupun menggunakan produk perushaan yang diperjualbelikan. Pelanggan erat kaitannya dengan penjual. Tjiptono dan Diana mengidentifikasikan pelanggan sebagai seseorang yang membeli serta mempergunakan produknya. Jika diperuncing lagi, pelanggan dikelompokkan menjadi 3 yakni; pelanggan internal yang mana asalnya dari internal perusahaan itu sendiri yang melakukan pembelian produk untuk kemudia dijual kembali ke individu lain, jenis yang kedua adalah pelanggan ekstrenal yang mana jenis pelanggan ini diasumsikan sebagai tipe pelanggan yang membeli barang dan jasa dari perusahaan untuk dipakai memenuhi kebutuhannya sendiri, jenis pelanggan yang terakhir adalah pelanggan perantara, yang mana jenis pelanggan ini dapat berupa individu maupun organisasi tertentu. Pelanggan perantara hampir mirip dengan pelanggan internal dimana mereka membeli produk untuk kemudian dijual kembali. Terdapat 6 karakteristik pelanggan yakni :

1. Pelanggan baru dimana akarakteristik pelanggan ini ialah sering mengajukan berbagai macam pertanyaan mengenai produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan.

2. Pelanggan potensial, yang memiliki potensial besar untuk membeli produk dan jasa perusahaan

3. Pelanggan impulsive, pelanggan ini tidak membutuhkan ajakan untuk memutuskan membeli barang, biasanya dilakukan dengan spontan.

4. Pelanggan hemat, pelanggan dengan karakteristik ini akan berusaha menekan biaya pengeluaran dalam melakukan transaksi

5. Pelanggan setia

6. Pelanggan yang sedang berkembang, karakteristik pelanggan ini bukan hanya dapat mempromosikan produk perusahaan kepada orang-orang terdekatnya melainkan juga dapat berkembang menjadi reseller.

  • Pelayanan Pelanggan

Secara umum, Pelayanan atau service dapat didefinisikan sebagai aktivitas individu, kelompok ,maupun organisasi untuk dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup. Pelayanan sering dikaitkan dengan pelayanan pelanggan, dimana pelayana pelanggan ini didefinisikan sebagai tindakan yang dilakukan perusahaan untuk memenuhi kepuasan konsumen. Kepuasan pelanggan ditentukan oleh seberapa puas mereka akan pelayanan yang diberikan oleh pihak penyedia barang dan jasa (organisasi). Untuk memenuhi kepuasan pelanggan, perusahaan haru memahami emosional dan kemauan pelanggan. Jika pelayanan pelanggan yang diberikan baik, maka hal ini akan memengaruhi citra perusahaan khusunya pada prospek perusahaan kedepannya. Jenis-jenis pelayanan pelanggan dapat diklasifikasikan menjadi 3 yakni; melalui panggilan telepon untuk mengetahui keinginan konsumen dan melalui panggilan telepon ini konsumen dapat memberikan masukan serta saran bagi perusahaan, jenis yang ke-2 adalah melalui media chat di website yang mana konsep ini tidak jauh berbeda dengan menggunakan panggilan telepon, selanjutnya perusahaan dapat menggunakan media email dalam memenuhi pelayana pelanggan, dan jenis yang terakhir adalah dengan menggunakan respon suara dengan interaktif yang mana hal ini menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) .


  • Kewirausahaan dalaam Dunia Bisnis

Gambaran umum kewirausahaan adalah suatau kegiatan menentukan, mengembangkan, lalu membuat inovasi, peluang, kesempatan, dan berbagai cara lain yang lebih baik untuk mempunyai value lebih dalam kehidupan. Kewirausahaan sangat erat kaitannya dengan wirausaha dan bisnis. Wirausaha merupakan orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan. Dalam bisnis sudah pasti mencakup kewirausahaan dan wirausaha. Terdapat 5 konsep kewirausahaan, diantaranya adalah :

1. Kelincahan (Agility)

Didalam konsep ini terdapat keterampilan seseorang dalam mengubah produk dan jasanya agar berkembang dan laku dipasaran, serta kemampuan wirausaha untuk beradaptasi dalam kondisi persaingan bisnis.

2. Daya tahan (Eundurance)

Didefinisikan sebgai keadaan yang menitikberatkan terhadap kapasitas kerja secara terus menerus. Dalam konsep ini dijelaskan bahwa sebagai wirausaha, harus memiliki kemampuan bertahan dalam persaingan pasar yang ketat.

3. Kecepatan

Didalamnya termasuk keadaan serta seberapa cepat strategi yang telah disediakan dan direncanakan seorang wirausaha.

4. Kelenturan

Wirausahawan diharapkan mampu menyesuaikan dirinya dalam segala keadaan bisnis.

5. Kekuatan

Adanya kekuatan akan menjadi pondasi untuk mencapai ke-4 unsur sebelumnya agar berhasil.


Daftar Pustaka

Kusuma, Benny. Y (2020). Pentingnya Mengelola Pelanggan dalam Bsinis. Diakses pada 18 November 2022 Pukul 12.15 dari https://binus.ac.id/malang/2020/09/pentingnya-mengelola-pelanggan-dalam-bisnis/


Safithri,N. M. (2022). Pelanggan Adalah : Pengertian, Jenis, dan Karakteristiknya. Diakses pada 18 November 13.01 dari https://majoo.id/solusi/detail/pelanggan-adalah


Wahyudi, Z. (2017). Landasan Teori Pelayanan Pelanggan. Universitas Raden Intan (2017). Diakses dari http://repository.radenintan.ac.id/1127/3/BAB_II._OK.pdf


Gramedia. (2021). Pengertian Kewirausahaan : Konsep, Tujuan, Sifat dan Jenis Wirausaha. Diakses pada 19 November 2022 Pukul 01.51 Pada https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-kewirausahaan/amp/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.