November 17, 2022

Mengenal Evaluasi Bisnis Dalam Meningkatkan Kualitas Pada Bisnis Yang Dijalankan

 Oleh : Indah Setyawati (@V10 – Setyawati)



Abstrak

Dalam sebuah bisnis ada yang namanya evaluasi bisnis agar bisnis yang dijalaninya menjadi lebih baik. Tujuan evaluasi bisnis untuk mengetahui sampai sejauh mana tingkat keberhasilan pelaksanaan bisnis, apakah bisnis tersebut sudah berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan memberikan hasil seperti apa yang diharapkan. Mengingat pentingnya hal tersebut, maka pada artikel ini membahas lebih dalam mengenai manfaat evaluasi bisnis, fungsi evaluasi bisnis hingga tahapannya.

Kata kunci : bisnis, usaha, evaluasi

Pendahuluan

Evaluasi bisnis dilakukan untuk menganalisa kinerjanya dalam waktu tertentu. Pada prosesnya, evaluasi dilakukan dengan membandingkan pencapaian bisnis dengan rencana bisnis yang telah dibuat. Sementara itu, hasil evaluasi bisnis biasanya berupa parameter yang digunakan untuk pengambilan kebijakan di masa depan. Misalnya apakah kebijakan yang dijalankan selama ini mendatangkan keuntungan atau kerugian. Bisa juga untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi bisnis.

Pembahasan

Evaluasi bisnis adalah sebuah aktivitas yang bertujuan untuk mengukur kinerja bisnis secara keseluruhan. Penilaian kinerja ini meliputi aspek ekonomi, kesehatan bisnis, dan indikator bisnis lainnya. Evaluasi usaha dimulai dengan memantau setiap proses bisnis yang dijalankan. Kemudian, hasil pemantauan tersebut akan dianalisis untuk mengetahui apakah bisnis mengalami kemajuan atau kemunduran, dan apa saja pencapaian yang telah diraih bisnis.

Manfaat evaluasi bisnis

Evaluasi bisnis memberikan informasi bisnis terkait kondisinya. Dari informasi tersebut, bisnis bisa menindak lanjutinya dengan membuat strategi yang lebih efektif untuk mengembangkan usahanya.

Ada beberapa manfaat yang didapatkan setelah melakukan evaluasi bisnis, diantaranya:

  • Memperbesar peluang untuk mencapai tujuan atau sasaran bisnis
  • Membantu dalam pengambilan keputusan yang baik berdasarkan data akurat
  • Mengidentifikasi elemen apa saja yang berhasil diterapkan dalam bisnis
  • Mengidentifikasi kendala yang terjadi sehingga bisa segera dilakukan perbaikan
  • Meningkatkan kinerja dan pendapatan bisnis

Tujuan Dalam Evaluasi Bisnis

1. Mengetahui Tingkat Keberhasilan

Evaluasi usaha dilakukan dengan tujuan mengetahui sampai sejauh mana tingkat keberhasilan pelaksanaan usaha, apakah usaha sudah berjalan sesuai dengan rencana awal dan membawa hasil yang diharapkan.

2. Memperkecil Risiko Kegagalan

Tidak ada usaha yang pasti berhasil dan tidak mungkin gagal. Setiap pelaku usaha perlu melakukan mitigasi agar usahanya tidak gagal. Nah, evaluasi usaha dilakukan untuk memperkecil risiko kegagalan tersebut dan memperbesar peluang keberhasilan usaha.

3. Mengidentifikasi Kekurangan

Selain itu, tidak ada usaha yang 100 persen sempurna. Pastinya ada hal-hal yang perlu diperbaiki demi meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan. Evaluasi usaha bertujuan untuk mengetahui apa saja kekurangan yang ada dan perlu diperbaiki.

4. Mengidentifikasi Kekuatan

Bukan cuma kekurangan, evaluasi usaha juga memungkinkan pelaku usaha mengetahui kekuatan usahanya yang perlu dipertahankan atau ditingkatkan lagi.

5. Mengukur Usaha Mencapai Target atau Tidak

Evaluasi usaha juga bertujuan untuk mengetahui apakah suatu usaha telah mencapai sasaran target sesuai rencana awal. Apabila belum, maka pelaku usaha bisa memperbaiki aspek-aspek yang perlu perbaikan. Apabila sudah, maka pelaku usaha bisa meningkatkan target demi pengembangan usaha.

6. Mengukur Biaya Operasional

Dalam kegiatan usaha, tentunya ada biaya operasional yang dikeluarkan. Melalui evaluasi usaha, pelaku usaha dapat mengetahui dan mengukur apakah usahanya selama ini sudah berjalan efektif sehingga dapat menutupi biaya operasional. Jika tidak, maka pengusaha tersebut terhitung rugi.

Tahapan dalam evaluasi bisnis

Evaluasi usaha terdiri dari beberapa tahapan berikut ini:

1.   Analisis Aspek Pasar

Tahapan evaluasi bisnis yang pertama adalah analisis pasar. Analisis pasar dilakukan untuk mengetahui situasi permintaan pasar dan target pasar dari produk yang kita jual. Dalam tahapan ini, kita bisa mengukur seberapa tinggi peluang produk yang kita jual akan diterima dan dibeli oleh konsumen. Kita perlu menganalisis pergerakan permintaan pasar dan trend pasar pada saat itu.

2.    Analisis Teknis

Tahapan selanjutnya adalah analisis teknik yang berkaitan dengan teknologi yang paling sesuai dengan kebutuhan usaha atau bisnis yang dijalankan. Teknologi yang dimaksud dalam tahapan analisis ini merupakan perangkat atau mesin yang dibutuhkan dalam proses produksi hingga pemasaran produk. Dalam memilih jenis teknologi yang sesuai, perlu dipertimbangkan dengan modal yang dimiliki, kemampuan SDM, dan standar mutu yang diinginkan konsumen.

3.   Analisis Finansial

Tahapan akhir dari evaluasi adalah analisis finansial. Analisis finansial berkaitan dengan laporan keungan usaha, seperti laporan laba rugi dan neraca keuangan dalam periode waktu tertentu. Analisis finansial dilakukan untuk mengetahui karakteristik dan posisi finansial usaha yang dimiliki, apakah berada pada posisi keuangan yang defisit atau surplus (untung).

Kesimpulan

Evaluasi bisnis adalah bagian penting dalam menjalankan usaha. Dengan melakukan evaluasi secara rutin, bisa menemukan mana saja aspek yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi. Prinsip dasar utama evaluasi usaha yaitu membandingkan rencana usaha yang sudah dibuat sebelum kegiatan dimulai dengan apa yang sudah dicapai pada akhir masa produksi.

Referensi

Danisa, Debora (2022) "Evaluasi Usaha Adalah: Tujuan, Contoh, dan Permasalahannya"  https://finance.detik.com/solusiukm/d-6288676/evaluasi-usaha-adalah-tujuan-contoh-dan-permasalahannya.

Nurmasyah, Firman (2022) “Memahami Evaluasi Usaha, Manfaat dan Tahapannya https://qontak.com/blog/evaluasi-usaha/

Aprilia, Tasya (2021) “ kapan saatnya anda perlu melakukan sebuah evaluasi usaha”

https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/sumber-daya-manusia/kapan-saatnya-anda-perlu-melakukan-sebuah-evaluasi-usaha-




Tidak ada komentar:

Posting Komentar